Pasti anda sudah tidak asing lagi jika mendengar istilah Google? Jika nama itu disebutkan apa yang pertama kali muncul pada benak anda? Namun, yang kali ini di bahas bukan mengenai perusahaan Google, melainkan Fitur Google Drive.

Fitur Google Drive merupakan perangkat penyimpanan online milik perusahaan ternama, yakni Google. Jika anda mengenal perangkat keras atau hardware flashdisk fungsinya hampir sama, yakni untuk menyimpan sebuah file atau data.

Namun, pada Fitur Google Drive lebih canggih dan modern, karena dapat terhubung online dengan layanan lain perusahaan Google seperti: Gmail atau media sosial milik Google seperti Google Plus.

Adanya Fitur Google Drive sebagai suatu hasil atas perkembangan teknologi yang kian maju, sehingga memudahkan orang untuk menyimpan berbagai file atau data penting. Jika menggunakan flashdisk atau perangkat keras penyimpanan lain seperti disket anda harus selalu membawanya kemana-mana bukan?, tetapi berbeda jika anda memanfaatkan fitur dari Google tersebut.

Berikut Fitur Google Drive yang dapat anda ketahui manfaatnya:

fitur google drive

Picture created by IndoBo.com

1. Drag and Drop File

Fitur Google Drive yang satu ini berguna untuk mengimpor data dari komputer menuju Google Drive.

Caranya untuk melakukan aktivitas ini cukup mudah, yakni dengan masuk pada folder, kemudian pilih file yang ingin di masukkan ke dalam layanan Google Drive, kemudian tahan file dengan klik mouse lalu geser file menuju ke halaman Google Drive.

Baca juga: Cara Membuat Gmail Tanpa Verifikasi Handphone

Dengan cara sederhana tersebut file sudah otomatis berada di laman Google Drive. Kebanyakan orang menggunakan cara rumit, yakni dengan menekan option New, lalu memilih Upload File barulah membuka data yang berada pada folder komputer.

Dengan menggunakan cara pertama lebih cepat dan simpel.

2. Mencari File berdasarkan Pengirimnya

Bagi anda pelaku bisnis yang memiliki banyak relasi tentu layanan Google Drive ini sangat mendukung sekali, terutama yang bertukar informasi dengan relasi via email. Tentu saja email yang anda terima berserakan, dan bahkan belum tentu anda tata rapi dengan cara menyortirnya, namun jangan khawatir.

Untuk memudahkan pencarian file anda dapat menulis nama email pada kolom pencarian, maka dengan seketika akan muncul data yang sedang anda cari, tanpa perlu mencarinya satu per satu, apalagi jika anda tidak hafal nama filenya, cara mudah ini akan sangat membantu anda.

3. Fitur Terjemahan
Fitur Google Drive yang berikut ini dapat membantu anda dalam menerjemahkan sebuah file atau dokumen yang berbahasa asing.

Fitur terjemahan ini merupakan fitur yang telah terhubung secara online dengan Google Translate.

Untuk memanfaatkan fitur ini caranya tidak sulit, anda hanya harus mengunggah data atau dokumen yang ingin diterjemahkan, kemudian tekan kanan pada data tersebut lalu pilihlah option open with Google Drive, kemudian klik menu Tools, dan anda dapat memilih akan di terjemahkan ke dalam bahasa apa dokumen tersebut setelah selesai memilih bahasa, pilih option translate.

Dan secara langsung dokumen tersebut akan terubah ke dalam bahasa yang anda kehendaki tadi.

4. Menyelaraskan File PDF menjadi bentuk Teks
Meskipun memiliki manfaat yang sangat membantu, namun Fitur Google Drive yang satu ini jarang di ketahui oleh orang.

Fitur ini berguna untuk mengadaptasi file PDF menjadi bentuk teks. Sehingga lebih memudahkan jika akan di edit.

Tentu, ketika relasi anda mengirimkan sebuah file, ada yang berbentuk PDF bukan? Anda dapat menggunakan fitur tersebut untuk membantu anda.

Caranya mudah, yakni dengan mengupload data PDF tersebut ke dalam akun Google Drive milik anda. Kemudian arahkan mouse pada file tersebut, lalu klik kanan.

Pilih open with Google Docs. Kemudian anda akan diberikan alternatif pilihan, yakni akan membuka data atau dokumen dalam bentuk PDF atau teks.

Apabila anda menginginkan file terbuka ke dalam bentuk teks, anda langsung dapat memilih logo bewarna biru.

Dengan memaksimalkan Fitur Google Drive anda akan terbantu. Selain mempermudah pekerjaan anda, anda juga akan lebih mudah terhubung dengan relasi maupun rekan kerja anda. Nah, semoga informasi ini bermanfaat, dan selamat mencoba.