Hal yang mempengaruhi kesuksesan bisnis antara lain: produk yang berkualitas, media pemasaran yang tepat dan cara pemasaran yang kreatif dan berkesinambungan.

Bagi anda yang memutuskan untuk merintis bisnis online anda bisa memanfaatkan social media salah satunya Facebook.

Facebook dengan jutaan pengguna bisa menjadi ajang dan media pemasaran yang cocok untuk bisnis anda. Untuk memulai bisnis online dengan Facebook anda bisa melakukannya dengan trik berikut:

1. Sering menulis status produk yang terkait

Facebook merupakan satu dari banyak jejaring social dengan anggota terbanyak dari seluruh dunia.

Hampir setiap orang memiliki 1 akun Facebook hal ini bisa anda jadikan media promosi bagi anda untuk memulai bisnis online melalui Facebook.

Bisnis anda berpotensi dikenal dan digunakan oleh seluruh pengguna Facebook yang memiliki anggota jutaan bahkan milyaran orang dari seluruh pelosok dunia.

Untuk memulai bisnis online melalui Facebook anda bisa lakukan dengan sering update status yang berisi kata-kata yang unik, mengandung unsur iklan, dan bersifat informatif.

Status yang menarik dan bisa mengedukasi calon customer bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk melirik produk anda melalui akun Facebook yang anda miliki.

2. Jangan lupa cantumkan alamat dan nomor telepon anda
Ketika anda hendak memulai bisnis online melalui Facebook dan menjadikannya sebagai media pemikat para konsumen maka jangan lupa untuk mencantumkan alamat dan nomor telepon anda yang bisa dihubungi. Sehingga ketika calon customer yang ingin berinteraksi seputar informasi produk lebih lanjut tidak mengalami kesulitan.
Selain untuk kepentingan konsumen dengan mencantumkan nomor telepon dan alamat yang tepat bisa memudahkan patner dalam menghubungi anda dan ingin menjadi mitra anda seperti: reseller, dropship, dan lainnya.

Baca Juga: Bisnis Online Shop Tanpa Modal Besar Dengan Sistem Dropship

3. Tambahkan tampilan foto dan video yang menarik
Sebenarnya seseorang lebih menyukai tampilan produk melalui foto atau video ketimbang kata-kata promosi yang berderet-deret panjangnya. Hal ini karena terkadang karena seseorang tidak punya waktu untuk membaca tulisan yang panjang, tidak tertarik dan merasa lebih simple ketika menyaksikan gambar secara langsung. Misalnya anda menjadikan banner produk sebagai background Facebook anda.
Untuk memulai bisnis online melalui Facebook anda bisa melakukan promosi dan menerapkan teknik pemasaran dengan rajin mengupload video dan foto terkait produk di Facebook. Jangan lupa untuk memisahkan produk yang telah sold out dan ready stock dengan fitur album untuk video dan foto produk. Hal ini supaya calon customer bisa mengetahui produk yang telah habis terjual dan yang masih bisa dipesan.
Tidak jarang dan kadang tidak disangka bahwa datangnya orderan berpeluang dari gambar produk yang ditawarkan.

Baca Juga: Tips Branding Melalui Fasilitas Fans Page Facebook

4. Buat tautan pada Facebook anda
Ketika anda memutuskan memulai bisnis online melalui Facebook anda bisa membuat tautan yang menuju website atau blog yang anda miliki. Tentunya ketika memutuskan untuk membuat tautan melalui Facebook anda terlebih dahulu harus membuat blog atau website dengan desain yang professional, unik dan menarik perhatian customer untuk melakukan pemesanan.
Social media ini bisa dijadikan ajang pertama dalam memulai bisnis online melalui Facebook yang menguntungkan dan mudah dijalankan. Facebook dengan jutaan pengguna menjadi target market yang hijau untuk dijadikan ladang bisnis.

5. Manfaatkan aplikasi tag
Supaya bisa menawarkan dan mempromosikan produk anda kepada pengguna Facebook lain baik berupa video maupun foto anda bisa lakukan dengan menggunakan aplikasi tag. Cara memulai bisnis online melalui Facebook dengan memanfaatkan aplikasi tag ini selain bermanfaat untuk memasarkan produk juga bertujuan untuk membuat alamat toko online anda menjadi terkenal.
Dengan tampilan produk pada Facebook yang menarik bisa dipastikan akan banyak pengguna Facebook yang tertarik untuk melihat tampila produk secara keseluruhan. Anda bisa tag pada halaman teman-teman yang anda miliki, pelanggan yang pernah order dan grup jejualan yang banyak terdapat di Facebook.

Baca Juga: 10 Trend Pemasaran Online di Tahun 2019

Kini tidak ada alasan untuk tidak merintis bisnis online dengan berbagai produk yang anda miliki karena pasar bisa dijangkau dengan semua hal termasuk social media. Dengan memulai bisnis online melalui Facebook kesempatan memperoleh banyak customer dan laba yang melimpah bisa anda raih dengan lebih mudah.