Perkembangan dunia bisnis saat ini selalu berjalan seiring dengan perkembangan dunia digital. Sehingga keduanya kini mampu saling melengkapi. Sehingga terbentuklah bisnis online yang kini banyak berkembang dan memberikan peluang besar bagi masyarakat untuk bisa membangun dan menjadi pebisnis yang berhasil.

Namun semua itu perlu juga mengetahui trend pemasaran online yang benar. Dari tahun 2015 perkembangan bisnis online menunjukkan grafik peningkatan yang sangat signifikan.

Lalu menghadapi tahun 2019 pastinya akan banyak pesaing dan kecanggihan digital juga semakin meningkat. Maka perlu suatu trik jitu untuk melakukan pemasaran dalam upaya meningkatkan bisnis online Anda.

Jadi Anda harus perhatikan trend pemasaran online 2019 untuk mengembangkan sayap-sayap bisnis online Anda.

Simak apa saja trend pemasaran online yang akan populer di tahun 2019:

Trend Pemasaran Online Di Tahun 2019

1. Live streaming

Trend pemasaran online 2019 yang harus Anda ketahui adalah live streaming. Perlu Anda ketahui saat ini live streaming sangat populer di masyarakat yaitu periscope.

Dengan adanya fitur live streaming ini dapat digunakan pelaku bisnis untuk lebih dekat dengan pelanggannya. Dekat dalam hal pelayanan dan komunikasinya.

Fitur live streaming ini bahkan telah tersedia pada social media seperti Instagram, Facebook, dan Youtube.

2. Social media
Social media sudah digunakan secara merata di tahun 2019 ini. Namun perlu Anda ketahui di tahun depan, iklan di sosial media akan semakin pintar dan maju.

Jadi trik pemasaran melalui social media harus ditargetkan secara rinci dan lebih terarah.

Pengalaman dari pengguna akun media sosial juga akan diperhitungkan sekali.

Anda harus membuat konten serta berbagi pengalaman kepada para pelanggan Anda sehingga mereka tidak meninggalkan Anda.

3. Digital assistants

Digital assistants ini akan menjadi salah satu trend pemasaran online 2019 nantinya.

Hal ini sebagai suatu bentuk pelayanan atas banyaknya permintaan dari para pelanggan yang menginginkan adanya suatu layanan dalam berbagai hal.

Sehingga dengan adanya asisten digital yang disediakan untuk para pengguna mobile yang aktif tentu kian mendekatkan Anda sebagai pebisnis dengan konsumen Anda.

Baca Juga Artikel:
5 Ide Kreatif Untuk Memulai Bisnis Online Anda
Tips Branding Melalui Fasilitas Fans Page Facebook

4. Instant stories
Perlu Anda ketahui trend pemasaran online 2019 nantinya akan semakin mengarah pada sosial media sebagai penghubung konsumen dengan website Anda.

Sebab dengan media sosial tersebut bisa digunakan sebagai media untuk saling berbagi cerita, pengalaman, atau hal-hal menarik yang sesuai dengan pengikut Anda.

Dengan demikian maka pengikut Anda akan terangsang atau tertarik untuk membagikan konten tersebut kepada teman-teman atau saudara mereka.

5. Digital out of home

Trend pemasaran online 2019 berikut ini perlu memperhatikan pula iklan akan produk atau jasa yang Anda jual.

Selain memasarkan melalui internet, Anda perlu juga mengiklankan bisnis Anda melalui televisi atau radio. Sehingga akan semakin banyak yang mengenal bisnis Anda tersebut.

6. Internet of things

Yang dimaksud internet of things di sini adalah mengenai data para pengguna.

Data merupakan suatu hal yang penting dalam sebuah market bisnis. Pengguna dari sosial media, email, dan juga perangkat mobile tentu saat ini begitu banyak bahkan merata.

Jadi Anda akan mudah mendapat dan mengumpulkan data dari para pengguna-pengguna tersebut.

Trend pemasaran online 2019 melalui data-data inilah yang dapat diaplikasikan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Kata yang Paling Menjual Dalam Copywriting

7. Mobile traffic
Trend pemasaran online 2019 yang akan datang adalah mobile traffic. Masyarakat akan lebih suka dan sering melakukan akses ke website melalui perangkat mobile.

Anda harus mulai menyesuaikan menu serta membuat user interface yang mumpuni bahkan sempurna bagi perangkat mobile.

Di tahun mendatang Anda juga harus perhatikan pelacakan pengunjung yang datang ke web Anda melalui perangkat mobile.

8. Customer service

Terkait dengan pelayanan bagi konsumen memang hal yang sangat penting. Maka trend pemasaran online 2019 nanti adalah dengan adanya sistem balasan instan bagi konsumen.

Dengan layanan balasan instan ini akan memudahkan Anda dalam melayani konsumen setiap saat mereka memerlukan.

9. Custom content
Ketika Anda menjalankan sebuah bisnis harus perhatikan pula konten dalam web. Anda harus membuat konten sesuai dengan permintaan atau harapan netizen.

Sehingga mereka tertarik dan mau membaca hingga tuntas ketika menemukan konten web kita.

Baca Juga Artikel: Peluang Bisnis Yang Menjanjikan 2019

10. Geolocation
Target pemasaran online berikutnya juga harus perhatikan lokasi.

Trend pemasaran online 2019 ini akan banyak digunakan para pelaku bisnis agar iklan dapat tepat sasaran. Anda dapat gunakan aplikasi foursquare atau Facebook check in.

Demikian tadi sepuluh trik pemasaran yang akan menjadi trend di tahun 2019 nanti. Dengan adanya uraian trend pemasaran di atas semoga dapat membuat Anda lebih siap dalam tentukan strategi pemasaran digital di tahun depan.