Dalam melakukan bisnis perdagangan utamanya memanfaatkan fanspage facebook banyak faktor yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah masalah branding merek yang dijual. Merk adalah faktor penting untuk membangun kepercayaan masyarakat pada sebuah produk.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan seorang penjual untuk mengenalkan merk atau yang lazim disebut sebagai istilah branding.

Cara yang paling sering dilakukan oleh para penjual online adalah cara branding melalui fanspage.

Cara branding seperti ini dipilih karena mudah menarik banyak konsumen serta tak memerlukan biaya pemasangan iklan.

Meskipun dikatakan mudah, bukan berarti setiap penjual yang melakukan branding melalui fanspage akan berhasil mengenalkan produknya.

Tak jarang, postingan pedagang pada fanspage hanya dijadikan pemenuh timeline, tanpa komentar ataupun like yang menyertainya.

Karenanya, kali ini saya akan mengenalkan cara branding melalui fanspage facebook agar dapat menggugah minat konsumen terhadap suatu produk. Seperti apa saja triknya?

Tips Branding Melalui Fasilitas Fans Page Facebook

1. Gunakan nama brand sebagai nama fanspage

untuk mempermudah pengguna facebook mengenali brand yang sedang dipromokan, gunakan nama brand sebagai nama akun utama, Jangan gunakan nama samaran, nama pribadi atau nama alay.

Penggunaan nama seperti ini juga sangat berguna untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap keaslian fanspage.

Baca Juga Artikel: 10 Trend Pemasaran Online di Tahun 2019

2. Foto Profile = Foto Brand

Setelah selesai dengan Setelah nama utama, kita juga harus memperhatikan foto profile.

Dalam sosial media Facebook elemen yang juga sering terlihat adalah foto profile, karenanya pilihlah foto profil yang mendukung aktifitas branding melalui fanspage.

Anda bisa menggunakan foto produk (lebih baik jika merk tertera dengan jelas) atau sebagai alternatifnya anda bisa menggunakan logo perusahaan.

Coba bayangkan jika fans page marketing anda menggunakan foto yang tidak berhubungan dengan produk, tentunya apa yang anda iklankan melalui postingan juga tidak akan menjual.

3. Informasi Fans Page (Tentang)

Fans page facebook menyediakan fitur kolom ‘tentang’. Dengan mengisi deskripsi singkat produk atau profil perusahaan akan sangat membantu anda dalam branding melalui fanspage face book.

4. Foto Sampul

Sama seperti haknya foto profile, foto sampul adalah elemen utama yang akan selalu terlihat pada halaman utama.

Dengan memajang foto produk dalam foto sampul konsumen akan merasa lebih yakin dan percaya bahwa anda adalah penjual resmi produk tersebut.

Selain dapat memanfaatkannya sebagai media branding, anda juga bisa memanfaatkan foto sampul sebagai ajang promosi dengan memasang foto katalog diskon atau berbagai even menarik lainnya.

5. Postingan yang menjual

Rajin rajinlah memposting di timeline.

Posting disini adalah posting mengenai produk, jangan sampai ada posting curhatan pribadi dalam time line, meskipun curhatan itu ada hubungannya dengan produk (misal, saya sudah buktikan sendiri khasiatnya dan bla..bla.. blaa).

Kalau ingin memberikan testimoni produk lebih baik gunakan narasumber, karena testi dari diri sendiri terkadang tak dipercaya oleh konsumen.

Selain menuliskan testimoni konsumen, anda juga bisa mngupload foto produk baru atau memposting deskripsi produk, manfaat, dan harga promo sebagai salah satu upaya melakukan branding melalui fanspage.

Baca Juga Artikel: Trik Memulai Bisnis Toko Online Melalui Facebook

6. Watermark Untuk Identitas

Terkadang keberadaan watermark sering disepelekan dan dianggap tak penting. Padahal, hanya dengan meletakkan inisial atau logo pada produk, pelanggan akan lebih mengingat produk anda.

7. Adakan kuis

Kuis yang memicu keingintahuan terhadapa produk adalah cara jitu untuk melakukan branding melalui fans page.

Anda bisa menghadiahkan sesuatau yang kecil seoerti pulsa, tiket konser, atau menggunakan sistem poin yang nantinya dapat ditukar dengan berbagai hadiah menarik saat priode kuis berakhir.

Tapi, alangkah baiknya jika hadiah yang anda sediakan adalah produk yang anda jual, karena selain menarik minat konsumer anda juga dapat mengenalkan produk kepada pemenang kuis.

Kuis yang bisa anda buat antara lain kuis testimoni terbaik, kuis voting produk baru atau kuis uraian singkat produk.

Agar peminat kuis yang anda adakan semakin banyak pengunjung syaratkan pada peserta kuis untuk men-tag minimal 3 nama teman dan follow fanspage yang anda buat.

Agar peserta kuis yang secara tak langsung menjadi konsumen anda merasa dihargai, postinglah nama pemenang pada fans page anda.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Di Internet Terbaru 2019

Demikian 7 tips branding melalui fanspage yang dapat anda coba. Semoga melalui tips branding melalui fans page diatas usaha anda semakin lancar. Salam sukses