Bagaimana Memaksimalkan Sosial Media Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Sekarang ini, banyak orang yang mulai belajar tentang strategi sosial media marketing. Terutama para pemilik UMKM dan juga bisnis kecil-kecilan. Mereka mungkin tertinggal dari perusahaan besar lainnya yang sudah lama memanfaatkan media sosial untuk marketing. Namun, bukan berarti hal yang salah jika mereka harus memulai sekarang.

Anda pun demikian. Karena peluang untuk bertahan atau bahkan memenangkan kompetisi di dunia bisnis online dengan memanfaatkan media sosial itu masih terbuka lebar. Strategi marketing dengan sosmed selalu dinamis.

Jadi, tepat sekali jika Anda juga mulai mencari tahu tentang social media marketing dan bagaimana cara marketing online dengan media sosial.

Kelebihan Menerapkan Sosial Media Marketing

Rahasia Sosial Media Marketing

Sebelum membahas lebih jauh tentang strategi media sosial marketing, harus dipahami dulu kenapa media sosial masih sangat ampuh untuk berjualan online. Dibandingkan dengan blog atau website, sosmed ini bisa dikatakan terlambat muncul. Namun, popularitasnya sangat tinggi.

Ambil contoh saja Instagram yang merupakan medsos yang relatif digunakan oleh semua kalangan, entah itu tua muda, laki-laki atau perempuan. Jumlah pengguna Instagram di Indonesia pada tahun 2021 ini mencapai 91,77 users. 52 persen berasal dari kalangan perempuan. Makanya, banyak pebisnis yang menerapkan strategi sosial media Instagram.

Ini baru Instagram. Belum lagi Facebook, Twitter, LinkedIn, dan juga medsos yang sedang tren sekarang TikTok. Yang pasti, perilaku masyarakat dalam menggunakan medsos terus berkembang. Tidak ada matinya. Bagi mereka, medsos bukan hanya media untuk berinteraksi tapi juga ekspresi diri.

Dari fakta tersebut, sangat bisa dipahami mengapa sosial media marketing itu masih sangat powerful. Penggunanya semakin banyak. Dan itu artinya peluang untuk marketing di media sosial sangat terbuka lebar.

Ibarat kolam, media sosial ini adalah kolam yang begitu besar. Ada banyak sekali jenis ikan di dalamnya, mulai dari ikan kecil, sedikit besar, hingga ikan yang paling besar sekalipun.

Akan tetapi, ada juga satu kendala. Sekarang ini, semakin banyak pebisnis yangs menerapkan strategi marketing media sosial. Itu artinya kompetisinya sengat ketat. Untuk itu, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui bagaimana tips sosial media marketing yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.

7 Strategi Sosial Media Marketing yang Masih Ampuh

Tips Sosial Media Marketing Paling Ampuh

Memang peluang untuk melakukan marketing dengan media sosial sangat terbuka lebar. Namun, kompetisi antar pebisnis juga ketat. Untuk itu, Anda harus menerapkan strategi social media marketing yang jitu agar Anda bisa menjadi pemenang di tengah kompetisi tersebut.

Setidaknya 7 tips berikut ini bisa Anda terapkan sebagai strategi marketing menggunakan media sosial.

1. Menentukan Platform Media Sosial

Ada banyak sekali platform social media yang bisa Anda pilih saat ini. Sebut saja Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, TitTok, dan Youtube. Mana yang akan Anda pilih?

Semakin banyak medsos yang Anda gunakan semakin potensial untuk mendapatkan customer. Namun, di sisi lain, usaha yang harus Anda lakukan juga semakin berat karena mengoptimasi media sosial butuh effort yang sangat luar biasa.

Sangat disarankan agar Anda memilih satu atau dua media sosial dulu saja. Maksimalkan media sosial tersebut. Pilih media sosial yang paling banyak digunakan oleh target market Anda.

Misalnya saja jika target marketing orang-orang tua, kebanyakan mereka menggunakan Facebook. Untuk bisnis B2B atau Business to business, LinkedIn yang paling tepat untuk digunakan.

Jadi, sesuaikan dengan target market Anda. Cari tahu media sosial apa yang paling banyak mereka gunakan.

Baca Juga:
Promosi Efektif Melalui Sosial Media Instagram
Ide Konten Sosial Media yang Menarik Sekaligus Menaikkan Engagement Rate

2. Buat Konten yang Valuable

Fokus utama strategi sosial media marketing adalah mendapatkan teman atau yang juga disebut dengan follower. Agar akun medsos Anda banyak difollow, berikan konten yang valuable. Yaitu konten yang bermanfaat dan informatif untuk mereka.

Jangan langsung membuat konten jualan atau promosi. Mulailah dengan membagikan konten yang bermanfaat agar mereka suka dan akhirnya follow akun Anda.

3. Bangun Kredibilitas

Salah satu tujuan membuat konten yang valuable adalah membangun trust. Dan ini bagian terpenting dari sosial media marketing.

Orang akan mau bertransaksi atau membeli produk yang Anda tawarkan jika mereka percaya dengan Anda. Dan tidak mudah untuk membuat orang percaya ketika orang tersebut tidak kenal Anda. Ia hanya tahu Anda dari media sosial.

Untuk itu, bangun kredibilitas. Tunjukkan bahwa Anda orang yang ahli terkait dengan produk yang Anda jual. Dan itu bisa Anda lakukan dengan memposting konten-konten yang valuable terkait dengan produk.

Anda harus ingat ini bukan konten promosi produk melainkan konten edukatif dan penting ang berhubungan dengan produk. Misalnya saja Anda menjual laptop.

Buat follower Anda percaya bahwa Anda benar-benar tahu tentang kualitas dan juga spesifikasi laptop. Dari sana, akan terbangun trust dan kredibilitas sehingga orang lebih mudah untuk percaya dan mau membeli produk Anda tersebut.

4. Konten yang Variatif

Konten tidak selalu hal yang kaku. Sesekali Anda juga bisa bagikan konten yang lucu dan ringan. Anda juga bisa buat konten promosi namun jangan terlalu sering. Biasanya, para pebisnis menerapkan strategi sosial media marketing dengan menerapkan 4 : 1. 4 kali posting konten edukatif dan 1 kali posting konten promosi jualan. Dan itu dilakukan rutin setiap hari.

5. Bangun Interaksi dengan Follower

Jangan abaikan follower Anda. Setiap kali mereka komentar apalagi bertanya, jangan tunggu lama-lama. Langsung jawab. Berinteraksi dengan follower juga akan membantu menaikkan kredibilitas Anda di mata mereka.

Apalagi follower Anda sudah menjadi customer Anda. Bangun interaksi sehingga Anda terkesan dekat sekali dan care dengan mereka. Maka customer dan juga follower Anda akan semakin loyal dengan Anda.

Baca Juga: 7 Trik Meningkatkan Follower Instagram dalam Waktu yang Relatif Singkat

6. Partisipasi di Komunitas Online

Media sosial adalah bagian dari dunia online. Mereka yang berinteraksi adalah pengguna media online. Untuk itu, berpartisipasilah dalam komunitas online.

Ikuti grup atau komunitas online yang ada. Akan lebih baik jika itu merupakan komunitas yang terkait dengan bisnis Anda. Interaksi juga harus Anda lakukan dengan cara berkomentar di postingan orang lain.

Tidak hanya berkomentar di grup. Dengan cara ini, semakin banyak orang mengenal Anda dan akhirnya mau mengunjungi akun medsos Anda dan menjadi follower Anda.

7. Tahu Kapan Harus Promosi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Anda bisa menerapkan strategi sosial media marketing dengan memposting konten informatif dan konten promosi dengan perbandingan 4:1. Namun, kapan postingan promosi itu harus dibuat? Apakah di pagi, siang, atau malam hari?

Jawabannya tergantung. Tergantung seberapa tinggi interaksi Anda dengan follower. Lihat kapan postingan Anda dikomentari oleh follower Anda. Jika interaksi sudah mulai tinggi, saat itulah Anda bisa mulai posting konten promosi.

Baca Juga: Ini Dia Yang Perlu Dilakukan Saat Memasarkan Produk Melalui Facebook

Pastikan konten promosi Anda benar-benar menarik. Gunakan gambar atau video produk yang paling memikat. Tambahkan tawaran yang memiliki unsur urgency seperti promo terbatas, dan lain sebagainya.

Sekarang Anda sudah tahu kenapa social media marketing penting serta bagaimana cara menerapkannya.

Share jika bermanfaat
Default image
Nawi Van
Hanya Seorang Blogger, Internet Marketer, Trader Forex, Online Lovers dan saya senang berbagai informasi melalui media internet sebagai penghubung antar sesama.
Articles: 82

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply