Tips Menghasilkan Uang Dari Membuat Aplikasi Android

Menghasilkan uang dari membuat aplikasi Android tidak semudah yang dibayangkan. Meskipun kenyataannya bisa dimonetize dengan berbagai cara, namun hasilnya akan berbeda.

Hasil ini bergantung pada ketekunan dan ketelitian seorang pengembang dalam menciptakan sebuah aplikasi. Untuk itulah, seorang pengembang baru perlu memiliki beberapa hal supaya bisa menghasilkan uang dengan cepat. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

tips mendapatkan uang dari aplikasi android terbaru

Kejelian Memanfaatkan Peluang

Perlu digarisbawahi jika tidak semua pengguna smartphone akan tertarik untuk menggunakan aplikasi tambahan. Kalaupun ada, penggunanya akan memilah mana yang dianggapnya lebih baik.

Ini tentunya menjadi warning bagi calon pengembang baru. Jangan sampai asal buat yang memeras otak. Tapi hasilnya tidak memperoleh respon baik dari pengguna smartphone.

Supaya kejadian ini tidak menimpa pengembang aplikasi baru, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu. Riset ini penting untuk mengetahui kebutuhan pasar. Informasi inilah yang nantinya akan dimaksimalkan.

Cara riset paling sederhana ialah mencermati aplikasi apa yang paling banyak diunduh di google play store. Dari sini, Anda bisa mengintip idenya. Baru, Anda mulai bereksperimen untuk menciptakan sebuah aplikasi yang kategorinya banyak dicari, namun memiliki keunikan tersendiri.

Mampu Menyediakan Update Aplikasi

Anda dinilai kurang sukses untuk menghasilkan uang dari membuat aplikasi Android jika hanya sebatas merilis aplikasi saja. Kemudian, Anda membiarkannya begitu saja tanpa pembaharuan.

Alasannya ialah aplikasi yang tidak diperbarui tentu akan membuat pengguna cepat bosan. Sebaliknya jika terus diperbarui, pengalaman pengguna akan semakin tinggi. Buahnya, pengguna akan semakin loyal untuk menggunakannya.

Untuk memperbaruinya, Anda sebaiknya membuat rencana yang matang. Modul pembuatan aplikasinya dibuat dalam versi standar. Kemudian, ini bisa ditingkatkan lagi menurut jamannya.

Peningkatan yang terus-menerus inilah yang akan membuat penggunanya semakin penasaran. Jika sudah seperti ini, monetisasi aplikasi akan berjalan lebih maksimal. Dan Anda bisa menggunakan metode monetize apapun yang dikehendaki.

Menggunakan Strategi Pemasaran Yang Bagus

Kunci selanjutnya untuk menghasilkan uang dari membuat aplikasi Android ialah strategi pemasaran. Marketing sangat diperlukan oleh siapapun yang ingin mendapatkan penghasilan. Baik itu di toko konvensional maupun di toko online.

Strategi marketing ini tak ubahnya sebagai jembatan awal untuk memperkenalkan sebuah aplikasi ke pasaran. Sebagus apapun aplikasi akan percuma jika tidak dikenal oleh masyarakat. Akibatnya, Anda akan lelah dan berhenti di tengah jalan.

Mengenai strateginya, Anda memang butuh untuk mengeluarkan modal. Modal ini digunakan untuk mempromosikan aplikasi secara tertarget. Dengan modal, Anda akan segera menemukan calon penggunanya.

Kemudian yang tidak kalah penting, usahakan untuk menciptakan versi gratisannya. Versi gratisan biasanya akan mengundang banyak pengguna. Misalnya pengguna akan mulai mencobanya.

Ketika dirasa cocok, Anda bisa mengkonversinya sebagai pengguna yang loyal. Update ke versi premium/berbayar bisa Anda lakukan. Dan penggunanya biasanya tidak akan masalah untuk mengeluarkan biaya lantaran aplikasi tersebut memang cocok baginya.

Baca Juga: Tips Mendapatkan Uang Dari Membuat Aplikasi Android

Meningkatkan Reputasi Aplikasi

Syarat selanjutnya untuk membuat aplikasi buatan berbuah manis ialah reputasinya semakin baik di mata pengguna. Reputasi dari siapa pengembangnya menjadi tolok ukur yang dipandang oleh calon pengguna.

Memang di awal, nama Anda tidak dikenal. Tapi setelah menciptakan sebuah aplikasi yang menarik dan lebih bagus dari aplikasi lain, nama Anda juga akan semakin naik. Ini menjadi bagian dari branding yang bakalan berguna untuk kelangsungan karir Anda.

Untuk mengetahuinya, biasakan untuk rajin melihat ulasan dari pengguna. Jika ditemukan ada keluhan, segera berikan solusinya. Misalnya dengan memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam aplikasi. Setelah itu, jelaskan tentang perbaikannya agar penggunanya segera menggunakan yang terbaru.

Baca Juga: Inilah Cara Mendapatkan Uang Dari Aplikasi Android Yang Kita Buat!

Kesimpulannya, tingkatkan pengalaman pengguna agar reputasi Anda semakin baik. Dari sini, Anda akan lebih mudah untuk menghasilkan uang dari membuat aplikasi Android yang berkelanjutan.

Default image
Nawi Van
Hanya Seorang Blogger, Internet Marketer, Trader Forex, Online Lovers dan saya senang berbagai informasi melalui media internet sebagai penghubung antar sesama.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

2 Comments

  1. Assalamuakaikum met siyang.
    Saya mau tanya bleh gk yaa boss soal cara membuwat amplikasi itu gimana yaa

    • Waalaikum salam, banyak cara membuat aplikasi android tergantung mau buat versi full app atau hanya sebatas webview aja.

Leave a Reply