Strategi Marketing Lewat Media Sosial yang Bisa Dicoba

Digital marketing merupakan salah satu solusi yang perlu Anda lakukan di zaman sekarang yang serba digital ini. Dengan banyaknya penggunaan teknologi tentunya menjadi pemikiran para pelaku marketing dalam mengembangkan usahanya di tengah pesatnya penggunaan media digital yang semakin canggih.

Salah satu yang dilakukan dalam memasarkan produk adalah dengan gencar mempromosikannya lewat media sosial. Strategi marketing lewat media sosial ini banyak dipakai oleh pengusaha-pengusaha.

Pasca pandemi masyarakat lebih meluangkan waktu untuk melakukan segala kegiatannya secara online. Dengan digital marketing pun, penilaian masyarakat terhadap marketing yang dilakukan akan terlihat dengan jelas.

Ya, dengan adanya digital marketing masyarakat akan mudah mencari informasi tentang pesat atau lambatnya suatu perusahan. Dari apa saja terlihatnya?

Salah satunya melalui platform digital yang tersedia. Misalnya website, media sosial dan lain-lain. Dari website masyarakat dapat menilai apakah kontennya menarik atau tidak. Apakah jumlah pengunjungnya sedikit atau tidak.

Apakah review terhadap produk yang dipasarkan bagus atau tidak. Sebuah pelayanan dari marketing yang tanpa disadari memberi penilaian dari masyarakat terhadap produk yang dipasarkan.

Memulai Strategi Marketing Lewat Media Sosial: Tiktok & Instagram

Strategi Marketing Lewat Media Sosial
Strategi Marketing Dengan Media Sosial

Untuk melakukan digital marketing, pertama-tama yang harus dilakukan adalah menentukan target pasar serta melakuan pemilihan produk yang selektif. Analisislah di lingkungan sekitar apakah produk yang kita pasarkan sudah ada atau belum?

Jikalau ada, tentunya harus mempersiapkan diri untuk menerima kemungkinan terburuk. Persiapkan konten agar bisa melakukan penawaran melalui sarana digital.

Kelebihan digital marketing salah satunya adalah cepatnya dalam hal penyebaran informasi, jangkauan pemasaran lebih luas, efektif dan efisien serta sangat membantu pihak pengelola dalam menyebarkan produk dan keunggulan lainnya adalah tingkat keterlibatan pelanggan lebih besar.

Baca Juga: Tren Marketing Yang Bisa Meroketkan Bisnis Anda

Strategi Marketing Lewat Media Sosial Tiktok

Tiktok merupakan layanan media yang kini digemari dan banyak pengguna, beragam konten dibagikan lewat media ini dengan harapan penonton tertarik serta dapat membeli produk yang ditawarkan.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan marketing di media ini adalah:

Hashtag

Gunakan hastag atau tagar yang menarik dan unik untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Hal ini untuk memudahkan penemuan dan pencarian terhadap produk Anda. Ketika diperlukan lain waktu maka penemuannya akan dapat mudah dicari. Hashtag dapat dipergunakan pada caption. Pilihlah hashtag yang spesifik dan menjadi ciri unik di Tiktok Anda

Video Unik

Buat video unik yang nyeleneh namun tetap dalam koridor norma, agar masyarakat menyukai video Anda. selama ini banyak orang yang hanya memikirkan viralnya saja terhadap konten yang dibuat. Namun imbas atau akibat dari penyebaran konten tersebut juga perlu dipikirkan agar tidak berimbas buruk produk Anda. Jangan hanya berpikir konten viral, namun ujung-ujungnya malah merugikan produk Anda.

Influencer

Berkolaborasi dengan influencer yang andal serta memiliki banyak folower di Tiktoknya. Hal ini sebagai ajang promosi produk Anda. Analisis pula dengan betul apakah audiensi dari sang influencer telah sesuai dengan target pasar produk Anda ataukah belum.

Deskripsi

Buat deskripsi yang jelas, deskripsi yang tentu saja ada kesesuaian dengan hashtag yang sudah dibuat. Dengan hashtag diharap dapat mendatangkan viewer yang banyak sementara kejelasan dari produk yang ditawarkan akan terbaca dari deskripsi yang dibuat.

Rutin Berkonten

Rutinlah membagikan konten. Konten yang unik dan menarik pasti akan selalu ditunggu para penonton

Strategi Marketing Lewat Media Sosial Instagram

Instagram tak kalah keren dengan Tiktok dalam melakukan strategi marketing. Hal yang bisa dilakukan di Instagram untuk mendongkrak penjualan Anda, selain dengan hastag adalah:

Feeds

Menjadikan feed atau halaman muka di Instagram Anda sebagai ajang untuk marketing dan membangun profil usaha Anda. Buatlah feeds yang menarik dan estetik sehingga orang akan selalu terkenang dengan akun Anda

Konten Berkualitas

Konten yang dibuat tidak hanya foto produk saja namun perhatikan pula kualitas konten. Agar konten yang dibuat menarik maka selain produk yang diperkenalkan tiap harinya.

Maka dari itu, dalam memperkenalkan produk, kiranya dapat dilakukan di hari-hari penting misalnya penawaran khusus di hari besar dengan melakukan discount besar, promo dan lainnya yang membuat orang tertarik.

Memanfaatkan fitur

Fitur yang ada hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendongkrak penjualan agar lebih maksimal:

  • Highlight

Tampilan yang ada pada highlight dapat terlihat secara permanen di profil. Hal ini bisa jadi semacam update atau perkembangan produk Anda dari hari ke hari. Perkembangan profil Anda dapat terlihat di sini. Untuk update, Anda juga bisa melakukan penghapusan atau menambahnya.

  • Instastory

Meski konten di instastory tampil hanya dalam 24 jam, namun kiranya fitur ini harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Gunakan instastory secara rutin, dan ketika tayangan berakhir, alihkan tayangannya ke highlight sesuai dengan indikator yang sudah dibuat.

  • Direct Purchase

Fitur yang terhubung langsung dengan platform lain, misalnya website atau Facebook. Fitur yang dapat dimanfaatkan secara langsung antara pihak penjual dan pembeli, karena dari sini pula kadang terjadi sebuah kesepakatan baik harga, teknis, dll.

Baca Juga:
Pasang Iklan di Google Ads untuk Bantu Kembangkan Bisnis Anda
Bisnis Dropship, Bisnis Online dengan Modal Kecil
Pakai Aplikasi Email Marketing agar Penjualan Meningkat
Ide Usaha Yang Belum Banyak Pesaing Namun Menguntungkan

Selalu Kelola dengan Baik Digital Marketing Media Sosial Anda

Media sosial dapat membantu Anda dalam melakukan digital marketing. Intinya harus ada pengelolaan yang baik dari ownernya karena ketika pengelolaan tidak dilakukan secara profesional maka penilaian negatif masyarakat terhadap produk yang dibuat pun akan cepat pula menyebar.

Pengguna yang kecewa akan dengan cepat meluapkan emosinya di media sosial, di kolom komentar, dan sebagainya. Komentar yang akan dibaca ribuan orang hingga imbasnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk akan menurun.

Itu sebab setiap ada permintaan pelayanan dari konsumen datang, jangan diam begitu saja ketika produk terkirim. Langsung tanyakan bagaimana pendapat atau keluhan apa yang ada.

Jangan sampai keluhan mereka ditulis dan dishare ke banyak orang. Lebih baik ditangani langsung oleh pihak intern perusahaan daripada menyebar luas ke ranah publik tanpa bisa dipertanggungjawabkan.

Semoga ulasan mengenai strategi marketing dengan media sosial tadi bisa bermanfaat. Selamat mencobanya.

Share jika bermanfaat
Nawi Van
Nawi Van

Hanya Seorang Blogger, Internet Marketer, Trader Forex, Online Lovers dan saya senang berbagai informasi melalui media internet sebagai penghubung antar sesama.

Articles: 96

Berlangganan !!!

Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan informasi update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *