Bukan hanya ibu-ibu muda saja yang berburu ide usaha rumahan. Sekarang, tidak sedikit juga anak-anak muda yang ingin membuka usaha sendiri di rumah. Hanya saja, jenis usaha yang mereka buat sedikit berbeda dengan yang dijalani oleh para ibu.

Cukup menyenangkan ketika semakin banyak anak muda yang berani terjun menjadi seorang entrepreneur. Bahkan, ada juga yang tidak ingin menggunakan ijasah mereka untuk melamar kerja karena mereka ingin punya usaha sendiri.

Alasan Anak Muda Bikin Usaha Sendiri

Banyak fenomena ibu-ibu muda yang menjalankan peluang usaha rumahan. Biasanya, alasannya adalah keadaan. Mereka harus menjaga rumah dan mengurus anak. Otomatis, mereka tidak bisa bekerja di luar rumah. Mereka menjalankan usaha sendiri di rumah.

Lain hal dengan anak muda. Mereka mencari ide usaha rumahan lantaran mereka tidak ingin menjadi karyawan. Anak-anak milenial sekarang ini lebih suka hidup bebas. Dan itu artinya mereka harus menjadi pengusaha. Karena ketika menjadi karyawan, mereka harus tunduk pada aturan.

Selain itu, banyak anak muda yang ingin menjalankan hidup sesuai dengan passion. Dan dengan cara menjalankan usaha sendiri lah mereka bisa bekerja sesuai dengan passion yang mereka miliki.

Nah, wajar kan jika kini semakin banyak anak muda yang jadi entrepreneur?

Memilih Usaha Rumahan untuk Anak Muda

Meskipun demikian, tidak semua usaha dijalani oleh anak-anak muda zaman sekarang. Mereka tidak asal dalam memilih usaha rumahan yang ingin mereka tekuni. Berikut ini ide usaha rumahan yang biasanya sesuai dengan karakter anak milenial:

1. Bikin Kafe

ide usaha rumahan buat cafe

Salah satu kebiasaan anak milenial adalah nongkrong. Setelah beraktivitas selama sehari penuh, banyak dari mereka yang tidak langsung pulang ke rumah. Mereka berkumpul dengan teman-teman di kafe.

Inilah yang menjadikan terbukanya peluang usaha bikin kafe. Anda bisa lihat banyak sekali kafe sekarang ini. Kafe tidak lagi hanya ditemukan di kota besar tapi juga kota kecil. Kafe didesain se-cozy mungkin agar anak-anak muda betah berlama-lama di kafe tersebut.

Dan jangan salah. Kafe tidak harus dibuat di tempat khusus. Halaman depan rumah bisa diubah sehingga menjadi kafe yang nyaman. Yang terpenting, tentukan konsep kafe. Ini terkait juga dengan menu yang dihidangkan.

Baca Juga: Peluang Bisnis Online Shop Dropship Yang Tahan Lama

2. Jasa Fotografi

ide usaha rumahan jasa fotografi

Usaha rumahan anak-anak muda lainnya adalah fotografi. Kenapa? Karena sekarang ini banyak orang yang butuh eksistensi. Mereka ingin memiliki foto yang bagus yang bisa dipamerkan di media sosial.

Pelanggan para fotografer sekarang ini adalah anak-anak muda yang mungkin ingin menikah. Mereka akan menghire jasa fotografer untuk foto prewedding.

Selain itu, para pengusaha juga mencari fotografer. Mereka mencari orang yang bisa membuat foto produk yang bagus untuk konten iklan mereka. Pantas saja kan jika banyak anak muda yang tertarik dengan ide usaha rumahan yang satu ini?

3. Vlogger

ide bisnis menjadi vlogger

Harus diakui jika sekarang ini lebih banyak orang yang suka nonton video di Youtube daripada baca tulisan di blog. Apalagi anak-anak muda. Hal itulah yang membuat media sosial Youtube jauh lebih banyak penggunanya daripada yang lain.

Kondisi ini dimanfaatkan oleh anak milenial yang suka vlogging. Mereka membuat vlog lalu di monetize dengan iklan. Dari sinilah mereka mendapatkan uang.

Selain itu, ada juga opsi lain. Mereka menjadikan channel Youtube mereka sebagai portfolio. Mereka menawarkan jasa pembuatan video produk kepada perusahaan yang ingin memiliki konten iklan berupa video yang menarik.

Baca Juga: Banyak Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Mana yang paling menguntungkan dari beberapa ide usaha rumahan tersebut di atas? Tidak ada jawaban yang pasti. Asal Anda serius dan profesional, profesi apapun bisa mendatangkan uang dalam jumlah yang banyak.

Baca Juga: Peluang Usaha Makanan dengan Target Konsumen Generasi Milenial