Tutorial Terbaru Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Sudah banyak sekali orang yang mengetahui bahwa Youtube bisa memberikan pundi-pundi uang. Namun, tidak banyak dari mereka yang tahu persis bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube. Yang kebanyakan orang ketahui hanyalah membuat vlog atau video di Youtube lalu mendapatkan uang. Mereka tidak mengerti betapa panjangnya proses yang harus dilalui.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube, ada baiknya Anda pelajari dari hal yang kecil hingga yang besar. Jangan asal membuat Youtube karena Anda bisa saja tersesat dan menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk hal yang sia-sia belaka.

Benarkah Ada Potensi Mendapatkan Uang Melalui Youtube?

Apakah trend mendapatkan uang dari Youtube ini hanya bersifat trend saja? Artinya ini hanya berlaku untuk beberapa saat dan akan hilang begitu saja?

Jika dilihat dari faktanya, pengguna Youtube semakin banyak. Bahkan, generasi milenial dan generasi Z sudah jarang menonton TV. Mereka lebih tertarik menonton konten di Youtube. Mereka bebas memilih konten seperti apa yang mereka sukai. Fakta ini dikonfirmasi dengan data bahwasannya adanya kenaikan pengguna Youtube kurang lebih 69 persen. Ini survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia atau APJII.

Ketika generasi sekarang sudah tidak lagi suka nonton TV dan beralih ke Youtube, bisa diprediksi bagaimana ke depannya. Jadi, masih ragu untuk segera belajar tentang cara mendapatkan uang dari Youtube?

Agar Anda lebih yakin lagi, Anda juga harus tahu satu hal lagi. Hampir semua tayangan TV ditayangkan ulang di Youtube. Ada juga yang ditayangkan secara streaming online di channel Youtube masing-masing.

Anda bisa lihat sendiri perusahaan besar saja menggunakan Youtube untuk menampilkan konten mereka. Ini disebabkan mereka tahu banyak penonton Youtube dan mereka bisa mendapatkan uang dari Youtube.

Sampai sekarang, belum ada platform video yang mampu menyaingi Youtube. Di ranah media sosial, ada Instagram yang sekarang menggusur Facebook. Bagaimana dengan Youtube? Sebenarnya, banyak platform berbagi video yang bermunculan. Akan tetapi, mereka seolah-olah sudah kalah perang karena Youtube sudah menjadi raja yang berkuasa.

Jadi, sudah yakin untuk belajar bagaimana tips mendapatkan uang melalui Youtube?

Tutorial Cara Menghasilkan Uang Melalui Youtube

Cara mendapatkan uang dari YouTube

Nah, sekarang Anda bisa langsung ke inti pembahasan, yaitu tutorial cara menghasilkan uang dari Youtube.

1. Buat Channel Youtube

Hal pertama dan yang paling utama adalah membuat channel. Ini akan menjadi kanal di mana Anda bisa mengupload video yang sudah Anda produksi. Berikut ini langkah-langkah membuat channel Youtube.

– Kunjungi situs Youtube
– Klik fitur Channel pada bagian atas sebelah kiri
– Klik buat channel baru atau add new channel
– Isi dashboard channel dengan informasi yang lengkap mengenai channel Youtube Anda.

2. Isi dengan Konten Menarik

Setelah Anda sudah siapkan channel Youtube, sekarang Anda pikirkan konten video apa yang Anda ingin upload. Ada beberapa ide konten video Youtube yang disukai oleh penonton Youtube di Indonesia, seperti tayangan list, tutorial, cover lagu, dan unboxing.

Mana yang harus Anda pilih? Sebaiknya Anda pilih sesuai dengan passion Anda. Ini penting agar Anda bisa lebih mudah dan ringan ketika Anda mulai memproduksi video.

3. Belajar Memproduksi Video

Anda tidak harus belajar semua hal tentang cara membuat video Youtube. Sesuaikan saja dengan kebutuhan. Ini tergantung pada jenis video yang ingin Anda upload.

Misalnya saja Anda ingin membuat channel tentang tayangan list, Anda hanya perlu belajar teknik editing video biasa. Namun, jika Anda ingin membuat video tutorial makeup, otomatis Anda harus siapkan kamera dan belajar bagaimana cara penggunaan kamera. Dan tentu saja Anda juga perlu belajar teknik editing video karena ini adalah pelajaran utama dalam hal pembuatan konten video.

4. Pahami Tentang Keyword Research

Biasanya, content creator pemula bingung apa video yang bagus dan menarik untuk penonton. Agar Anda tahu apa yang disukai penonton channel Youtube Anda, Anda harus belajar tentang riset keyword. Dengan mengetahui keyword atau kata kunci yang banyak orang cari, itulah topik yang banyak dicari.

Anda beberapa tool atau alat yang Anda bisa manfaatkan untuk riset keyword. Contohnya saja Google Trends, VidIQ, Keywordtool.io, Ubersuggest dan Keyword Everywhere. Dengan menggunakan salah satu tool tersebut, Anda akan mendapatkan ide konten dan juga keyword lengkap dengan volume pencariannya.

5. Melakukan Optimasi Channel Youtube

Jangan terburu-buru upload ketika video Anda sudah jadi. Percuma kan jika video Anda tidak ada penontonnya? Karena kunci dari cara mendapatkan uang dari Youtube adalah bagaimana channel Anda ditonton banyak orang.

Agar penontonnya banyak, optimasi dengan tepat. Setidaknya ada dua bagian yang harus benar-benar dioptimasi dengan baik. Yang pertama adalah judul. Dan yang kedua adalah bagian deskripsi. Judul dan juga deskispi setiap konten harus memuat keyword. Dan pastikan judul serta deskripsi membuat orang tertarik untuk mengklik dan menonton video dari awal hingga akhir.

Tidak ada yang perlu Anda pikirkan. Yang penting, take action. Karena itulah hal pertama yang harus Anda lakukan. Buat channel Youtube dan mulailah memproduksi konten yang menarik bagi penonton.

Tips Menaikkan Jumlah Penonton Channel Youtube

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, channel Youtube akan menjadi sumber pendapatan Anda jika penontonnya banyak. Lalu, bagaimana cara mendapatkan dan menaikkan jumlah penonton?

Anda bisa ingat satu kunci utama. Buatlah konten yang paling bagus. Apa kriterianya? Kualitas gambar dan juga audio juga harus benar-benar diperhatikan. Namun, yang paling penting adalah isi konten itu sendiri. Pastikan konten video yang Anda buat itu bermanfaat bagi penonton video Anda.

Dengan membuat video yang paling bagus, maka itu akan mengundang orang untuk menonton, men share ke media sosial mereka masing-masing, memberikan like, dan bahkan komentar.

Anda bisa cek channel yang menjadi kompetitor Anda. Lihat konten yang mereka buat. Lalu pastikan Anda membuat konten yang lebih bagus dari konten video kompetitor Anda.

Jika ada konten yang Anda produksi membuat penonton like, komentar, share, atau bahkan subscribe, maka konten Anda akan dirangking oleh Youtube. Konten Anda yang lainnya pun akan ikut naik dan banyak penontonnya.

Maka dari itu, fokuslah membuat konten yang paling bagus. Jika kompetitor Anda mendapatkan satu juta penonton, maka konten video Anda harus mendapatkan lebih dari satu juta penonton.

3 Sumber Utama Pendapatan Uang dari Youtube

Ini bagian yang paling penting dari tips tentang cara mendapatkan uang dari Youtube. Ada tiga sumber pendapatan uang yang bisa Anda pilih.

1. Adsense

Yang paling ngetrend adalah dari Youtube. Hanya saja, channel Anda harus sudah memenuhi kriteria, seperti video sudah mencapai 4000 jam tayang dan 1000 subscriber. Jika syarat itu sudah terpenuhi, Anda bisa daftar Adsense Youtube. Ketika iklan sudah keluar di konten video yang Anda upload, saat itulah Anda sudah mulai mendapatkan penghasilan dari Youtube.

2. Ikut Program Afiliasi

Banyak yang akhirnya tidak mendapatkan persetujuan dari Youtube. Karena memang syarat yang harus dipenuhi cukup berat. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada cara monetisasi Youtube lainnya, yaitu dengan mengikuti program afiliasi.

Ada banyak sekali perusahaan yang melakukan pemasaran dengan cara ini. Jadi, sebagai Youtube, Anda hanya perlu membuat video dan mengarahkan penonton untuk membeli produk afiliasi tertentu. Tuliskan link di bagian deskripsi. Setiap kali ada pembelian dari link afiliasi Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis Terbukti Membayar

3. Kerjasama dengan Brand

Perusahaan dan juga product owner ingin menaikkan awareness dan juga branding mereka. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan bekerjasama dengan Youtuber yang channelnya ramai. Mereka akan memilih channel Youtube yang sesuai dengan produk mereka.

Jadi, Anda hanya perlu memproduksi video konten yang bagus. Anda ekspos atau menunjukkan produk dari sebuah brand tertentu. Dari pembuatan video yang kemudian Anda upload, Anda langsung mendapatkan uang.

Baca Juga: Tips Mendapatkan Uang dari Blog Dengan Mudah

Jadi, selain belajar bagaimana cara mendapatkan uang dari Youtube mulai dari bagaimana membuat channel, editing, dan juga optimasi SEO, Anda juga harus pikirkan dari mana sumber pendapatan Anda nanti. Apakan Anda pilih Adsense, afiliasi, atau bekerjasama dengan brand? Bisa juga Anda gunakan semua sumber tersebut asalkan channel Youtube Anda memang benar-benar ramai penontonnya.

Default image
Nawi Van
Hanya Seorang Blogger, Internet Marketer, Trader Forex, Online Lovers dan saya senang berbagai informasi melalui media internet sebagai penghubung antar sesama.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply