Cara Mendapatkan Uang dari Blog yang Mudah Dijalankan

Banyak sekali orang yang sudah membuktikan sendiri bagaimana cara mendapatkan uang dari blog dengan mudah. Ini bukan tipu-tipu. Bahkan, tak jarang orang yang mampu memenuhi kebutuhan hidup dengan hanya menjadi seorang blogger.

Di sisi lain, ada banyak sekali orang yang percaya namun tidak berhasil membuktikan. Mereka gagal menghasilan uang melului blog. Dalam hal ini, ada banyak faktor yang mempengaruhi. Bisa saja mereka kurang begitu rajin karena apapun bisnis yang Anda jalankan ketekunan menjadi kunci utama.

Namun, kegagalan mereka yang belajar mendapatkan uang melalui blog bisa saja dikarenakan caranya yang salah. Jadi, Anda harus tekun dan belajar cara mendapatkan uang dari blog dari sumber yang bisa kredibel.

Dalam kesempatan kali ini, Anda akan belajar langkah-langkah cara menghasilkan uang dari blog dari nol besar hingga menghasilkan jutaan rupiah.

Langkah-Langkah Menghasilkan Uang dari Blog Dengan Mudah

Langkah-langkah menghasilkan uang dari blog

Ini penting sekali untuk Anda pahami bahwa langkah-langkah berikut ini dibuat secara runtut. Jadi, sebaiknya Anda mulai dari paling awal hingga akhir. Sebaiknya, jangan coba-coba untuk melewati salah satu langkah mendapatkan uang melalui blog berikut ini:

1. Memilih Platform

Sebelum Anda mulai ngeblog, Anda harus ketahui platform blog apa yang akan Anda gunakan. Dulu, orang hanya tahu dua platform blogging, yaitu Blogger dan WordPress. Dan harus diakui dua platfrom ini yang sekarang paling banyak digunakan oleh para blogger.

Namun, sebenarnya ada opsi lain selain dua platform blogging tersebut, seperti Tumblr, Wix, Wattpad, Joomla, Drupal, dan Medium. Lalu, platform mana yang sebaiknya Anda pilih?

Tidak penting platform blogging apa yang akan Anda gunakan. Yang terpenting adalah Anda memahami bagaimana cara menggunakan dan mengoptimalkan platform tersebut untuk menghasilkan uang. Karena itulah kunci utamanya.

Platform hanya menjadi media untuk menuliskan konten blog. Dan setiap platform memiliki kelebihan masing-masing. Untuk itu, pilih salah satu di antara platform yang ada lalu pelajari bagaimana cara mengoptimalkan platform tersebut.

2. Menentukan Nama Domain Blog

Setelah menentukan platform, Anda bisa langsung menentukan nama domain blog. Ibarat kata, blog adalah rumah Anda secara daring. Maka, rumah harus punya alamat. Alamat itulah yang dalam dunia blogging disebut dengan domain.

Nama domain biasanya disesuaikan dengan topik yang akan dibahas di blog. Ini bisa Anda gunakan untuk menentukan nama domain blog Anda. Akan tetapi, ada juga yang membuat nama domain yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan topik yang akan dibahas. Jika Anda menggunakan cara ini, maka Anda harus melakukan branding untuk nama blog Anda tersebut agar lebih mudah diketahui dan dikenal oleh pembaca.

3. Menentukan Pembaca Blog Anda

Banyak blogger yang terlalu terburu-buru menerapkan cara mendapatkan uang dari blog hingga melewatkan yang satu ini. Langkah yang ini memang terdengar sepele. Akan tetapi, ini sangat menentukan keberhasilan blog penghasil uang Anda nantinya.

Mengapa Anda harus menentukan pembaca? Karena dengan cara ini, Anda bisa menentukan konten seperti apa yang harus Anda buat, bahasa seperti apa yang sebaiknya Anda gunakan, serta konten apa yang paling disukai oleh pembaca. Mustahil Anda mentarget semua kalangan pembaca. Anda harus tentukan rentang usia pembaca, lokasi, pekerjaan, hobinya, dan lain sebagainya. Semakin jelas siapa pembaca blog Anda, semakin mudah Anda membangun blog.

4. Mencari Ide Konten Blog

Sudah menentukan target pembaca Anda? Sebenarnya, pada tahap tersebut, Anda sudah bisa mendapatkan ide konten blog Anda. Namun, sempurnakan juga dengan mempelajari bagaimana cara meriset keyword.

Keyword atau kata kunci adalah kata atau kalimat yang diketikkan oleh pembaca di mesin pencarian seperti Google. Dan keyword itulah yang sedang banyak dicari atau dipelajari.

Sebagai blogger, Anda harus tahu keyword apa saja yang banyak pencariannya. Anda bisa melakukan riset keyword dengan berbagai keyword research tool, seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, Keywordtool.io, KWFinder, dan masih banyak lagi.

Pilih tool yang paling mudah untuk Anda gunakan. Pahami cara penggunaan tool tersebut agar Anda mendapatkan keyword yang berpotensi mendapatkan banyak pengunjung blog.

5. Belajar tentang SEO

Sia-sia saja jika Anda punya blog tapi tidak ada pembacanya. Dalam dunia blogging, pembaca ini sering diistilahkan dengan trafik. Trafik ini sangat menentukan berapa penghasilan uang Anda dari blog. Secara umum, semakin banyak trafik blog, maka semakin tinggi potensi Anda mendapatkan uang dari blog.

Untuk itu, Anda harus belajar SEO atau Search Engine Optimization. Tujuan utama belajar SEO adalah agar blog Anda berada di halaman satu mesin pencarian sehingga trafiknya tinggi. Inilah hal yang paling penting mengenai cara mendapatkan uang dari blog untuk Anda benar-benar pelajari.

Anda bisa belajar dari blog-blog yang menyediakan pengetahuan bagiamana cara optimasi blog. Anda juga bisa beli buku SEO dari pakar SEO. Sesekali, sebaiknya Anda ikuti kelas SEO atau webinar SEO yang sering digelar secara online oleh para pakar SEO.

6. Manfaatkan Media Sosial

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penghasilan uang dari blog ditentukan dari trafik yang datang di blog Anda. Dalam hal ini, trafik tidak hanya berasal dari mesin pencarian Google tapi juga dari media sosial.

Untuk itu, pelajari juga bagaimana cara mendapatkan trafik blog dari media sosial. Tentukan media sosial yang tepat untuk Anda jadikan sumber trafik. Jika Anda menggunakan Facebook, tambah terus friendlist Anda dan bangun Fanpage khusus untuk blog Anda. Jika Anda menggunakan Instagram, naikkan terus jumlah follower Anda. Ini sangat membantu agar blog Anda mendapatkan trafik yang tinggi.

Baca Juga: Peluang Usaha Baru yang Menjanjikan Hanya Memanfaatkan Media Sosial

7. Menentukan Sumber Penghasilan

Ini juga bagian yang tak kalah penting dari semua tips mendapatkan uang dari blog. Setelah memiliki blog, Anda harus tentukan sumber penghasilan blog Anda dari mana. Untuk bagian ini, ada penjelasan tersendiri di bagian berikutnya.

Itulah langkah-langkah cara mendapatkan uang dari blog. Jadi, sudah siap untuk mulai ngeblog?

Berbagai Sumber Penghasilan Blog

Seperti pada poin 7 tips menghasilkan uang melalui internet tersebut di atas, Anda harus menetukan sumber penghasilan. Ada banyak sekali orang yang bertanya darimana blogger mendapatkan uang. Berikut ini beberapa sumber penghasilan merek:

1. Google Adsense

Dari sekian banyak sumber penghasilan blog, Google Adsense yang paling banyak digunakan. Banyak orang yang ingin sekali mengetahui bagaimana cara menghasilkan uang dari blog Adsense.

Pada intinya, blog Anda mendapatkan uang dari iklan. Iklan yang muncul berasal dari Google. Pihak Google lah yang menentukan iklan apa yang muncul di blog Anda. Jadi, Anda hanya perlu fokus update konten dan menaikkan trafik.

2. Affiliate atau Affiliasi

Sumber penghasilan blog yang satu ini juga cukup popular. Pada intinya, Anda hanya perlu menyematkan link affiliate produk tertentu di konten blog Anda. Jika ada pembaca yang klik dan membeli produk dari link affiliate Anda tersebut, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Ada banyak sekali program affiliate. Misalnya saja dari marketplace, seperti Lazada dan BliBli.com. Ada juga program affiliate produk digital seperti Ratakan. Anda hanya perlu memilih produk affiliate sesuai dengan topik yang Anda bahas di blog Anda. Dengan asumsi pembaca yang suka membaca blog Anda mungkin juga tertarik untuk membeli produk affiliate yang Anda tawarkan tersebut.

3. Menjual Produk

Jika Anda punya produk sendiri, Anda bisa juga memasarkan produk Anda sendiri melalui blog. Jadi, selain blogging untuk memberikan informasi yang bermanfaat untuk pembaca, Anda juga bisa sekaligus menawarkan produk.

Anda juga bisa memanfaatkan produk-produk yang bisa di dropshipkan dari Marketplace seperti Shoope, Tokopedia, Bukalapak atau dari vendor langsung dengan membuat blog atau web eccomerce dan memposting produk jualan tersebut jika Anda minim modal.

4. Menjual Layanan atau Jasa

Tidak hanya produk fisik yang bisa Anda tawarkan di blog, tapi juga produk layanan. Anda bisa lihat sendiri banyak blogger yang sekaligus menawarkan layanan. Sesuaikan saja dengan keahlian Anda.

Baca Juga: Inilah Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Tanpa Modal!

Anda sudah tahu tentang cara mendapatkan uang dari blog. Yang harus Anda lakukan sekarang adalah action. Mulailah mengeksekusi tips dari yang paling awal. Nikmati prosesnya hingga akhirnya Anda benar-benar mendapatkan penghasilan melalui blog.

Jika Anda ingin memaksimalkan penghasilan lewat internet, Anda juga bisa mencoba mempelajari cara mendapatkan uang dari YouTube dari artikel kami yang lain.

Default image
Nawi Van
Hanya Seorang Blogger, Internet Marketer, Trader Forex, Online Lovers dan saya senang berbagai informasi melalui media internet sebagai penghubung antar sesama.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

One comment

  1. Terima kasih kak sudah kasih informasi bagaimana menghasilkan uang dari blog. Kebenaran saya lagi bangun eccomerce dan ternyata benar salah satunya adalah menjual produk meskipun hanya produk reseller atau dropship.

Leave a Reply