Kejelian dalam mengambil peluang dari cara mendapatkan uang dari blog sendiri akan membawa Anda lebih semangat dalam kegiatan blogging. Meskipun dilakukan dari rumah, penghasilan akan mengalir dengan derasnya.

Kegiatan blogging bisa dilakukan oleh setiap orang. Setelah cukup lama menekuni blogging, tentunya ada keinginan untuk mendapatkan hasil dari aktifitas tersebut. Bagi Anda yang telah terjun di dalamnya, kami akan tunjukkan beberapa pilihan yang bisa diputuskan untuk memperoleh pendapatan.

Jenis Monetize Blog

Ada banyak cara mendapatkan uang dari blog sendiri yang bisa Anda praktekkan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda hanya perlu memutuskan salah satu yang dianggap bisa dikuasai dalam waktu singkat.

1. Endorsement

Endorsement merupakan kegiatan untuk mereview produk ataupun layanan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Perusahaan yang telah mengontak Anda akan meminta produknya diulas di dalam blog. Komisinya bisa berupa uang ataupun produk.

Semakin tinggi kredibilitas Anda di dunia blogging, sistem ini akan mengundang pemilik perusahaan untuk menggunakan jasa Anda. Dari sinilah penghasilan akan didapatkan.

2. Menjual Jasa

Orang membuat blog memiliki tujuan yang berbeda. Salah satunya ialah memperkenalkan layanan jasanya pada orang lain. Layanan ini diperkenalkan untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas.

Layanan jasa yang ditawarkan bisa beragam. Salah satunya ialah jasa penulisan konten, pembuatan logo, desain grafis dan lain sebagainya.

Jika Anda memiliki keterampilan khusus, Anda bisa membagikan hasil karya di dalam sebuah postingan. Sembari itu, Anda bisa membuka penawaran pada orang lain agar mau memanfaatkan jasa. Dengan begitu, pendapatan akan terus mengalir selama orang lain percaya dengan kualitas layanan Anda.

3. Menjual Produk

Selain jasa, cara mendapatkan uang dari blog sendiri yang paling bagus ialah menjual produk. Penjualan produk ini akan memberikan keuntungan yang sangat besar. Terlebih jika produk tersebut banyak dicari oleh konsumen.

Andapun bisa menunjukkan produk daerah ke seluruh pelosok negeri. Ini bisa menjadi media branding yang sekaligus menaikkan produk unggulan di daerah Anda.

4. Mengikuti Program Affiliasi

Pilihan selanjutnya ialah menyediakan link referral menuju e-commerce ataupun perusahaan besar di dunia jual beli. Link ini dibagikan supaya bisa diakses oleh konsumen yang sedang mencari produk.

Ketika konsumen membeli produk/layanan melalui link yang dibagikan, Anda akan mengantongi penghasilan sesuai kesepakatan affiliasi. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh blogger. Bahkan, link ini bisa dibagikan ke berbagai platform media sosial untuk menjangkau lebih banyak pembeli.

Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Blogger

Harapan seorang blogger ialah segera mendapatkan penghasilan dari kegiatannya. Untuk merealisasikannya, Anda perlu melakukan beberapa hal.

Pertama, risetlah kata kunci yang ditargetkan. Misalnya ingin menjual item fashion, usahakan untuk mencari keyword tersebut. Kemudian, pastikan agar kata kuncinya memiliki volume pencarian yang besar dengan kompetisi kecil/sedang.

Kedua, usahakan untuk menaikkan kata kunci tersebut. Khusus untuk situasi ini, Anda memang memerlukan keterampilan SEO yang mumpuni. Selalu belajar dan aplikasikan, maka kata kunci ini akan segera naik dan bisa muncul di halaman depan google.

Ketiga, buatlah postingan yang bisa dikonversi. Misalnya Anda ingin mengkonversinya menjadi pembeli, usahakan postingan ini memberikan nilai lebih. Kemudian, sisipkan copy writing yang nantinya membuat orang percaya dan tertarik untuk melakukan pembelian.

Ketika kesemuanya telah dilakukan, Anda akan segera menikmati hasil dari blogging. Itulah beberapa cara mendapatkan uang dari blog dengan mudah yang bisa Anda maksimalkan.

Baca Juga: