Ada banyak sekali peluang usaha dari internet. Sayangnya, peluang tersebut sudah dilihat oleh banyak orang. Itu artinya kompetisinya semakin sulit.

Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada celah agar Anda bisa sukses menekuni dunia bisnis di internet. Asalkan Anda tahu siapa target market Anda dan Anda serius menggarapnya, maka Anda akan sukses.

Target market di dunia internet itu luas. Namun, Anda perlu kerucutkan. Misalnya saja Anda ingin menyasar para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Dalam hal ini, ada usaha dari internet yang bisa Anda garap untuk target pelaku UMKM. 

Kenapa Target Konsumen UMKM? 

Usaha internet dengan umkm

Mungkin Anda bertanya mengapa targetnya begitu sempit, yaitu hanya UMKM. Jawabannya satu. Karena UMKM lah yang sekarang ini butuh tenaga di bidang online.

Sekarang ini, UMKM menjamur di mana-mana. Bahkan, pemerintah menggelontorkan dana pinjaman disertai denga kebijakan tertentu untuk mendorong sektor UMKM. Tujuannya agar ekonomi bawah bergerak. Ekonomi negara tidak hanya mengandalkan pabrik dan perusahaan besar saja.

Sayangnya, seringkali UMKM berdiri lalu langsung ambruk. Pasalnya, mereka mampu memproduksi barang namun tidak bisa melakukan pemasaran. Di sinilah mengapa sebagaiknya Anda menjalankan usaha dari internet dengan target UMKM. Ada masalah yang mereka hadapi. Dan itu artinya ada peluang bagi Anda untuk memberikan solusi sehingga Anda mendapatkan keuntungan.

Apa yang UMKM Butuhkan?

Dari penjelasan singkat tersebut, Anda bisa memahami apa yang dibutuhkan UMKM. Mereka punya masalah di bidang pemasaran. Sekarang ini bukan eranya di mana produk dipasarkan secara door to door. Ini eranya online. Untuk itu, Anda bisa tawarkan beberapa jasa kepada pelaku UMKM, di antaranya:

1. Digital Marketing

Ini yang paling krusial. Banyak UMKM yang mengeluh mengenai cash flow. Mereka sudah detraining untuk mampu membuat produk. Namun, mereka tidak bisa menjualkan produk tersebut.

Jika pelaku UMKM adalah orang dewasa yang notabene sudah cukup tua, mereka akan sulit untuk belajar digital marketing. Mereka lebih senang jika urusan digital marketing diserahkan kepada yang muda.

Untuk itu, Anda bisa tawarkan jasa digital marketing. Anda bisa buat kontrak tertentu. Misalnya saja Anda bisa meminta harga barang yang jauh dari harga pasar dan Anda yakinkan bisa menjualkan secara online. Atau kontrak berupa sharing profit. Anda memperoleh uang dari setiap penjualan. Silakan Anda bernegosiasi dengan pelaku UMKM.

2. Pembuatan Website 

Ada beberapa UMKM yang kini sudah melek internet. Mereka biasanya mempekerjakan anak muda. Lalu, mereka kirimkan tenaga muda tersebut untuk mendapatkan pelatihan digital marketing.

Namun, seringkali mereka tidak bisa membuat website sesuai dengan kebutuhan zaman sekarang. Untuk itu, Anda bisa membuka usaha dari internet dengan cara menawarkan jasa pembuatan website untuk UMKM.

Website ini bukan sekedar website untuk display poroduk. Website harus bisa digunakan untuk transaksi. Ada fitur payment gateway dan lain sebagainya.

3. Konten Media Sosial

Memasarkan produk tidak harus dilakukan dengan menggunakan website. Media sosial memiliki kekuatan yang luar biasa untuk pemasaran.

Namun, promosi di media sosial tidak semudah dengan cara memposting foto produk. Harus dipastikan foto produk harus bagus. Selain itu, harus ada juga konten edukasi. Di sinilah Anda bisa memainkan peran. Anda bisa menawarkan jasa pembuatan konten media sosial, entah itu berupa foto, infografis, video, ataupun desain grafis. 

Baca Juga: Peluang Usaha Makanan dengan Target Konsumen Generasi Milenial

Tentu tidak itu saja yang dibutuhkan oleh UMKM. Lihat saja di sekitar Anda. Apa yang UMKM sekarang butuhkan, di sanalah Anda akan melihat ada peluang. Jika Anda punya keahlian untuk membuka usaha dari internet, Anda harus optimalkan. Selain sebagai ladang penghasilan, Anda juga bisa menjadi solusi bagi para pelaku usaha kecil lainnya.