Peluang Bisnis Online Shop Dropship Yang Tahan Lama

Ada sekian banyak peluang bisnis online shop dropship yang bisa dijalankan. Namun, mana yang bisa bertahan lama? Jangan-jangan bisnis dropship yang Anda pilih hanya bersifat sementara saja.

Dropship sebenarnya hanya sistem. Ini sistem perdagangan online di mana Anda tidak perlu membeli barang. Anda hanya perlu memasarkan sebuah produk tanpa Anda punya stock.

Sistem ini biasanya diterapkan produsen atau pihak tertentu yang ingin meningkatkan penjualan.

Mereka tahu ada banyak orang yang ingin berbisnis online tapi tidak punya banyak modal untuk stock. Akhirnya, mereka membuka peluang bisnis online shop dropship.

Seorang dropshiper (orang yang menjalankan bisnis dropship) hanya perlu bergabung dengan membayar uang yang relatif kecil tanpa harus beli barang dalam jumlah yang banyak.

Masih Adakah Peluang Bisnis Dropship?

Ada yang bilang bisnis dropship itu sudah mati. Banyak sekali alasannya. Misalnya saja kompetisi yang terlalu banyak. Memang ini sangat masuk akal. Karena modal jadi dropshiper itu relatif kecil bahkan ada yang gratis, maka banyak orang yang terjun di dunia bisnis dropship.

Karena kompetisi yang begitu ketat, peluang untuk mendapatkan untung dari bisnis ini seolah kecil sekali. Maka orang menganggap dropship itu sudah mati.

Di sisi lain, ada juga yang merasakan peluang bisnis online shop dropship itu sudah tidak ada. Pasalnya, produsen sekarang sudah bisa melakukan penjualan sendiri. Memang ada yang melakukan hal tersebut. Namun, ada juga produsen yang punya jiwa social responsibility.

Artinya, mereka menjalankan usaha dengan sistem yang bisa membuat banyak orang terlibat dan mendapatkan income. Rata-rata mereka ingin sekali membantu orang-orang agar tidak menjadi pengangguran.

Jadi, masihkan ada peluang bisnis dropship? Masih sekali. Asalkan Anda bisa menjalankan bisnis dropship Anda dengan tepat, Anda tepat sekali memulai bisnis ini.

Hal yang Perlu Dilakukan Sebagai Dropshiper.

Bisnis dropship online shop

Memang kompetisi menjadi dropshiper itu sangat ketat. Sekarang, setiap orang yang punya sosial media mungkin bisa jualan produk secara dropship.

Dan jika Anda juga melakukan hal yang sama, mungkin Anda akan bilang bahwa benar dropship sudah tidak lagi menjanjikan. Karena Anda akan bertempur dengan kompetitor yang melakukan hal yang sama.

Ini sama saja seperti ada konter yang jual pulsa di sepanjang jalan lalu Anda juga buka konter yang sama. Apa itu yang Anda akan lakukan? Semoga saja tidak.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Cara Bisnis Dropship Untuk Pemula

Harus ada hal yang baru. Berikut ini cara yang sebaiknya Anda lakukan untuk memulai bisnis online dropship agar beda dengan yang lain:

1. Membangun Brand Pertama.

Anda harus bangun sebuah brand. Terserah apakah Anda ingin membangun personal branding Anda atau membangun usaha dengan nama brand tertentu. Ini penting agar apapun produk yang Anda jual sekalipun berbeda-beda, Anda akan tetap berada di top of mind para customer.

2. Buat situs website toko online dan Manfaatkan website toko online.

Memang Anda bisa gunakan media sosial. Tapi, setiap orang sekarang sudah punya media sosial. Dan tidak semua orang punya situs yang profesional. Tetap manfaatkan media sosial dan tunjukkan sisi profesional brand Anda dengan membuat situs.

3. Temukan produk sesuai dengan Brand sebagai dropshiper.

Anda tidak harus jualan produk yang sama. Produk itu ada masanya. Jika masanya sudah habis, maka Anda harus siap menjual produk lainnya.

Oleh sebab itu, temukan produk yang sesuai dengan brand. Misalnya saja Anda membangun brand Anda sebagai beauty enthusiast, maka Anda bisa jadi drophipper produk-produk beauty yang lagi trending.

4. Kuasai market yang spesifik jangan mencoba menguasai semua market.

Kuasai satu market yang spesifik lalu olah sehingga mereka menjadi fans Anda.

Contohnya, jika Anda jualan produk kecantikan, pilih segmen pasar Anda yang spesifik, misalnya saja khusus untuk remaja, wanita karir, emak-emak, dan lain sebagainya.

5. Riset Produk dan Jangan asal memilih produk.

Anda harus riset dulu bagaimana produk tersebut berpotensi bisa mudah dijual. Lihat isu atau masalah calon customer Anda. Jika Anda memahami isu atau masalah, maka Anda bisa mencarikan solusi dari produk yang bisa Anda tawarkan.

Jadi, peluang bisnis online shop dropship itu masih terbuka lebar. Yang dibutuhkan adalah orang-orang kreatif yang mampu memanfaatkan peluang ini.

Baca Juga: 6 Tips Sukses Bisnis Dropship Online

Apakah Anda termasuk orang yang kreatif tersebut? Sampaikan di kolom komentar.

Default image
Nawi Van
Hanya Seorang Blogger, Internet Marketer, Trader Forex, Online Lovers dan saya senang berbagai informasi melalui media internet sebagai penghubung antar sesama.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply