Wajib Tahu! Ini Cara Bisnis Dropship Untuk Pemula

Apabila Anda sedang mencari cara kerja dropship atau cara menjadi dropship di marketplace, maka Anda telah menemukan artikel yang tepat, karena dalam artikel ini saya akan bagikan cara bisnis dropship secara gamblang, jadi silahkan simak baik-baik artikel ini sampai selesai.

Cara bisnis dropship tanpa modal

Cara kerja dropship

Sebelum lebih jauh, membahas tentang car bisnis dropship, baiknya perlu tahu dulu cara kerjanya, bagi Anda yang sudah tahu, tak ada salahnya juga mereivew lagi.

Dropship adalah sebuah teknik dimana penjual tidak menyimpan stok produk, lalau dimana stoknya?

Stok barangnya masih ada di supplier. Begitau si penjual mendpatkan sebuah order, maka oerder tersebut diteruskan kepada supplier, dimana supplier akan memproses produk dan pengirimannya kepada customer.

Barang yang dikirimkan sudah dilabel dengan nama atau identitas lainnya milik penjual.

Nah begitu cara kerja dropship. Sudah pahamkan, sekarang kita lanjut ke yang lebih teknis.

Baca Juga: Bisnis Dropship Tanpa Modal Kelebihan Dan Kekurangan Dropship

Cari produk untuk dropship 

Sebelum memulai berjualan dengan cara dropship, pertama yang harus dilakukan adalah mencari produk untuk dijual.


Jika proses mencari produk itu mudah, mungkin artikel tak perlu dibuat, namun kenyataannya mencari produk untuk dropship hal unik.

Untuk itu simak tips ini memilih supplier yang tepat untuk dropship :

  1. Cari produk yang sudah terjual

Kenapa harus produk yang pernah terjual? Karena paling tidak, penjualnya sudah mempunyai pengalaman mengirimkan dan membuat produk, ini akan membuat Anda lebih tenang selama berjualan.

  1. Cari supplier dengan pelayanan yang oke

Carilah supplier dengan pelayanan yang oke, ketika Anda telfon, email atau chatting, pesan Anda selalu dibalas. Dengan begitu ketika ada problem atau transaksi, permasalahan Anda dapat terselesaikan dengan cepat.

  1. Cari tahu lokasi pengiriman supplier

Lokasi pengiriman produk sangat penting, misal lokasi pengiriman dari Jakarta, maka jangan jual barang dropship itu di Surabaya tanpa membebankan biaya pengiriman.

Jadi harus cermat, jika tidak bukannya untung, malah untung yang Anda dapat, karena harus menanggung biaya pengiriman.

Nah apabila Anda sudah mengetahui informasi yang spesifik tentang produk yang akan dijual. Saatnya sekarang membuat sebuah penjualan.

Baca Juga: Cara Bisnis Dropship Tanpa Modal, Yang Belajar Dropship Wajib Baca!

Cara menjual produk dropship

Sebelum melounching bisnis Anda ke market, pastikan dulu bahwa Anda siap dengan pelayanannya. Ketika orang tanya tentang produk tersebut Anda sudah siapkan jawabannya, semacam FAQ.


Saya sadar betul bahwa susah menggunakan metode pelayan yang tepat ketika pertama kali mendapatkan seorang calon buyer, tapi ini penting, karena memang awal tak begitu sempurna, metode-metode pelayanan tersebut nantinya akan disempurnakan oleh pengalaman yang Anda dapatkan seiring berjalannya waktu.

Jika Anda sudah menyiapkan treatment untuk customer, mari kita jual produk tersebut. Untuk menjualnya ke market, Anda bisa menggunakan salah satu atau ketiga cari ini :

  1. Promosikan pada teman dan kerabat 

Anda punya banyak kawan dan teman di media sosial, mungkin juga grup Watsapp, ini bisa jadi langkah pembuka untuk menjual barang dagangan Anda.

Promosikan jualan Anda di beranda Facebook atau grup WhatsApp tersebut . Tapi ingat, jangan spam, spam hanya akan menurunkan reputasi Anda sebagai seorang penjual yang kredibel, terutama apabila Anda ingin berbisnis dalam bidang ini pada waktu yang lama.

  1. Iklankan produk dengan Facebook Ads

Facebook ads punya kelebihan untuk berjualan dan menarget calon pembeli. Sayang biayanya cukup mahal, namun apabila targetnya pas, biaya iklan akan turun dengan sendirinya, jadi intinya semakin bagus iklan yang Anda buat, harga iklannyapun cenderung lebih murah.

Jangan lupa untuk memanfaatkan Facebook pixel saat beriklan menggunakan Facebook Ads, hal ini akan membantu Anda untuk menarget ulang calon pembeli potensial.

  1. Iklankan produk dengan Google Ads

Jika Facebook Ads menarget calon pembeli pada orang yang belum tentu membutuhkan barang tersebut, berbeda dengan Google Ads.

Google Ads menampilkan iklan pada orang yang mencari informasi tentang hal tersebut, entah itu informasi cara membeli atau berita mengenai produk tersebut. Intinya, kalau orang tersebut tidak mencari sesuatu yang berhubungan dengan produk yang Anda iklankan, maka user tidak akan menemukan iklan Anda.

Baca Juga: Mengapa Harus Memulai Bisnis Reseller Online Shop

Bagaimana, sekarang Anda sudah siap membuka bisnis online dengan cara dropship? Kasih tau dikomentar ya. Nah, itu tadi artikel tentang cara memulai bisnis dropship. Demikian artikle ini, Salam sukses dan sampai jumpa di artikel yang lainnya.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply