Bisnis reseller online shop bisa menjadi pilihan utama bagi pebisnis online pemula. Tapi sama seperti ide bisnis online lainnya, bisnis reseller membutuhkan banyak kesabaran dan komitmen.

Di artikel ini, anda akan mengetahui apa itu bisnis reseller, mengapa anda harus menjadi reseller, cara menjadi reseller online shop, ide bisnis reseller dropship online shop, dan bagaimana mendapatkan uang dari bisnis reseller online shop.

Apa itu Bisnis Reseller?

Bisnis reseller memungkinkan anda menjual kembali produk yang dibeli dari produsen ke pelanggan. Model bisnis reseller dropship online shop terjangkau, menjadikan pilihan bagus bagi pebisnis online pemula.

Sebagai reseller, anda pada dasarnya adalah perantara antara produsen dan pelanggan. Anda tidak perlu membuat produk sendiri, tetapi anda masih memiliki pilihan produk yang luas untuk dipilih.

Baik anda ingin jualan seperti jualan pakaian, jualan baju, jualan celana atau jualan kosmetik, anda akan memiliki keuntungan karna dapat menjual apa saja.

Bisnis reseller online shop anda dapat diperluas pemilihan produknya tanpa modal, tanpa stok produk yang mahal, biaya tambahan, atau biaya pengiriman.

Apa Perbedaan Antara Bisnis Reseller dan Distributor?

Perbedaan reseller dan distributor

Perbedaan reseller dan distributor

Distributor membeli produk dari produsen, dan menjualnya ke konsumen akhir, atau mengelola beberapa reseller secara bersamaan.

Umumnya, distributor membeli stok produk dagangan, dan cenderung mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan pabrikan dibandingkan dengan reseller.

Distributor juga dapat memberikan bantuan kepada pabrik dengan kegiatan seperti pemasaran, pelabelan, dan branding.

Karena distributor secara fisik memiliki stok, mereka mungkin merasa lebih bertanggung jawab dan terdorong untuk menjual produk dari produsen.

Namun, kelemahan menjadi distributor adalah distributor sering membutuhkan margin (modal) yang lebih besar.

Hal Ini berarti bahwa jika produsen memiliki margin yang rendah, mungkin tidak menguntungkan bagi mereka untuk bekerja sama dengan distributor.

Bisnis reseller tidak harus memiliki stok barang atau produk dagangan untuk dijual kembali. Reseller hanya bertindak sebagai perantara antara produsen dan pelanggan.

Antara distributor vs reseller, mereka yang menjual produk reseller biasanya tidak memiliki hubungan dekat dengan produsen.

Baca Juga: 10 Hal Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis Online

Mengapa Anda Harus Menjadi Reseller Online Shop

mengapa memilih bisnis reseller

Ada beberapa alasan menjadi reseller online shop. Beberapa alasan umumnya adalah beragam pilihan produk hingga biaya bisnis tanpa modal atau modal yang lebih rendah.

Perlu diketahui memulai bisnis reseller online shop gampang-gampang susah, anda akan mendapatkan hasil dari memulai bisnis reseller baik keuntungan finansial hingga mewujudkan impian anda sebagai pebisnis online. Berikut adalah beberapa alasan mengapa anda harus menjadi reseller online.

Alasan Memulai Bisnis Online Reseller – Alasan Menjadi Reseller Online Shop

1. Beragam Produk Jualan.

Jika menjadi reseller, anda akan dapat menjual beragam produk. Jika anda reseller pakaian, seiring pertumbuhan bisnis jualan anda, anda dapat juga menjual sepatu, perhiasan, aksesoris, tas jam tangan, pakaian dalam, atau produk terkait lainnya.

Menambahkan produk lain ke toko online reseller anda tidak akan memerlukan biaya karena hanya membayar barang saat pelanggan membeli dari toko online anda.

2. Memulai Bisnis Lebih Cepat.

Anda harus menjadi reseller karena memungkinkan anda untuk mulai menjual pada hari yang sama dimana anda baru memulai bisnis reseller.

Setelah menambahkan beberapa produk jualan dan beberapa konten produk ke toko online, anda dapat mulai memasarkan produk bisnis reseller anda.

Anda dapat meluncurkan bisnis reseller hanya dalam lima menit. Anda tidak perlu menunggu stok tiba atau menunggu apa pun dalam hal produk jualan. Anda dapat mengatur dan menjual pada waktu dan hari yang sama.

3. Tanpa Harus Menyiapkan Stok Produk Yang Banyak.

Bagian terbaik ketika anda menjadi reseller adalah anda tidak perlu membawa atau menyiapkan stok yang banyak.

Anda dapat menggunakan Marketplace gratis reseller dropship online shop seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya yang memungkinkan anda untuk menjual kembali barang tanpa harus membeli persediaan produk yang banyak sebelumnya.

Anda hanya membayar barang saat pelanggan memesannya dari situs web, toko online shop anda, hal itu menjadikan pilihan yang tepat bagi pebisnis online pemula.

Sekalipun anda menjual produk khusus atau seperti pakaian butik, produk merek model limited edition, anda masih bisa mendapat untung tanpa memiliki stok produk jualan.

4. Menambahkan Kategori dan Jenis Produk Lain dengan Mudah.

Jika anda memutuskan untuk menjadi reseller online shop, anda tidak akan dibatasi oleh jenis dan kategori produk anda.

Ketika pengusaha grosir produk, bisa mengelaurkan biaya mahal untuk membeli persediaan produk yang banyak, membayar biaya pengiriman dan memiliki pilihan produk yang terbatas.

Namun, reseller dapat menguji kategori produk lain tanpa harus membeli stok produk tambahan. Anda dapat menambahkan pilihan produk jualan untuk di resellerkan hanya dalam waktu singkat.

5. Waktu Lebih Luang.

Mereka yang menjadi reseller online shop akan menikmati waktu karena mereka dapat menjalankan bisnis reseller tanpa harus menghabiskan seluruh waktu mereka untuk jualan.

Sebagian besar proses jual beli dilakukan secara otomatis, dan memungkinkan anda untuk mengelola bisnis online shop dengan mudah.

Anda juga menghemat waktu karena anda tidak perlu mengemas atau mengirimkan produk ke pelanggan anda.

6. Risiko Kerugian Yang Rendah.

Salah satu manfaat memulai bisnis reseller adalah biayanya rendah bahkan tanpa modal. Ini adalah bisnis yang sempurna untuk pebisnis online yang mengerti anggaran, pebisnis online pemula atau yang enggan mengambil risiko.

Anda tidak perlu membeli produk secara massal. Biaya pengiriman tidak terlalu tinggi dalam bisnis reseller. Anda hanya membayar barang saat pelanggan memesannya melalui toko online reseller anda. Dengan demikian, biaya keuangan untuk pengaturan rendah.

Mampu Mengatur Margin Anda Sendiri:
Ketika anda menjadi reseller, anda bebas untuk mengatur margin anda sendiri. Anda dapat memilih untuk menentukan harga produk anda sesuai keinginan anda.

Karena biaya barang rendah, anda dapat memberi harga produk anda untuk memastikan bisnis reseller anda menguntungkan. Semakin tinggi anda menetapkan harga, semakin banyak yang dapat anda hasilkan. Pastikan untuk melihat standar industri untuk penentuan harga produk.

Ide Bisnis Reseller Online Shop

Di bisnis reseller, anda bisa menjual apa saja. anda akan dapat menemukan berbagai produk laris. Anda akan dapat menjual kembali produk tersebut seperti pakaian atau menjual kembali sepatu atau bahkan jenis produk limited lainnya. Baik anda mencari produk reseller dari yang lagi trend, atau produk yang selalu laku dipasaran, anda pasti akan menemukan produk luar biasa yang dapat dijual kembali secara online.

Baca Juga: 5 Peluang Usaha Dari Rumah Modal Kecil Keuntungan Besar

1. Bisnis Reseller Pakaian

Pakaian adalah produk yang memiliki peluang besar yang mencakup wanita, pria, dan anak-anak dari segala usia. Saat menjalankan bisnis pakaian reseller, anda dapat meriset beberapa jenis pakaian yang berbeda sekaligus dan memutuskan mana yang paling cocok untuk anda jual.

Anda dapat memilih dan menghapus jenis produk yang kurang laku tanpa biaya apa pun untuk bisnis anda, dan menambahkan item baru saat ada mode trend baru muncul. Ketika membuat ide bisnis reseller seperti pakaian, penting untuk membuat perencanaan ke depan karena produk pakaian bersifat semu tergantung pada trend, merek, dan model populer.

2. Bisnis Reseller Kosmetik Online Shop.

Kosmetik adalah produk laris untuk diresellerkan atau dropship. Mulai dari makeup hingga peralatan makeup, makeup beserta peralatannya ini adalah area yang meningkat penjualannya bagi kebanyakan wanita muda dan tua.

Sebagai ide bisnis reseller yang menjual kosmetik online dapat menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan uang karena produk yang ringan dengan biaya pengiriman relatif rendah dan volume pesanan biasanya lebih besar dari rata-rata.

Kosmetik tidak hanya berarti riasan, bisa saja berarti krim perawatan kulit, perawatan badan dan juga produk perawatan rambut. Hal Ini berarti anda dapat memulai bisnis reseller online shop yang melayani pria dan wanita dari segala usia di satu toko online.

Anda bisa mencoba salah satu bisnis kosmetik dengan konsep reseller sistem seperti Bisnis Jazeera Kosmetik

3. Bisnis Reseller Sepatu.

Anda mungkin sudah tahu jika sepatu merupakan kebutuhan selain pakaian seperti baju dan celana. Ditambah dengan tren sepatu yang makin meningkat seiring perkembangan waktu.

Sudah jelas banyak yang mencari produk sepatu yang bagus, branded dan tahan lama bukan? Hal ini bisa anda jadikan peluang untuk memulai bisnis reseller sepatu.

Dengan mamanfaatkan populernya sebuah brand sepatu atau model sepatu tertentu dapat dijadikan ide produk di toko online shop anda.

Anda dapat mencari supplier sepatu branded dan model update untuk diresellerkan. Produk luar negeri dan dalam negeri seperti Bandung boleh juga dijadikan produk jualan.

4. Bisnis Reseller Handphone dan Aksesoris Handphone.

Handphone beserta aksesorisnya adalah produk yang paling laris. Memulai bisnis reseller atau dropship online shop handphone dan aksesoris ini adalah hal tepat. Anda bisa melihat besarnya permintaan produk-produk handphone dan aksesoris terbaru dipasaran.

Produk handphone dan aksesorisnya adalah produk up-to-date yang semakin hari semakin diperbarui. Peminatnya pun luarbiasa, anda bisa menjual kembali mulai dari jenis handphone yang murah hingga aksesoris tambahannya seperti casing, anti gores, gantungan handphone dan lainnya.

5. Bisnis Reseller Obat Herbal.

Kesadaran masyarakat untuk penggunaan obat-obatan herbal saat ini meningkat. Seiring peningkatannya dan beragamnya jenis, manfaat dan kualitasnya menjadi produk yang laku dipasaraan.

Anda dapat melihat beberapa contoh di Marketplace banyaknya penjualan obat herbal ini sebagai ide bisnis reseller yang dapat anda mulai.

Keuntungan baik secara kesehatan dan finansial pun menjadi alasan tepat memulai bisnis reseller online shop obat herbal.

Obat herbal tidaklah memberikan efek samping seperti obat generik pada umumnya, disamping itu harga yang terjangkau dapat anda manfaatkan untuk dijual kembali atau di resellerkan.

6. Bisnis Reseller Pulsa Online Dan Paket Data Kuota.

Pulsa dan kuota data saat ini tidak lagi hanya sebatas keinginan melainkan telah meningkat menjadi sebuah kebutuhan.

Kenapa tidak, untuk menghubungi keluarga, sahabat atau rekan melalui handphone kan butuh pulsa, so sudah bisa dipastikan pulsa bisa dijadikan ide bisnis reseller yang menguntungkan untuk anda seiring kebutuhan masyarakat untuk pulsa.

Pulsa kuota data pun begitu, untuk mengakses internet sangat dibutuhkan kuota, dan tidak hanya itu kuota data ini banyak di gunakan untuk berjualan online, video call, online chatting, nonton dan lain sebagainya. Oleh karena itu kebutuhan kuota data juga penting menjadi ide bisnis reseller online anda.

Anda juga dapat mencari lebih banyak inspirasi dan ide tentang bisnis online reseller lainnya.

Baca Juga: Bisnis Dropship Tanpa Modal Kelebihan Dan Kekurangan Dropship

Bagaimana Mendapatkan Uang Dari Reseller Online Shop?

Tujuan toko online reseller anda adalah mendapatkan uang dan menghasilkan uang dengan cepat. Ada beberapa strategi penting agar bisnis reseller toko online yang anda mulai dipastikan bertahan, tumbuh dan tetap menguntungkan.

Anda juga dapat melakukan beberapa strategi pemasaran yang berbeda seperti periklanan, pembuatan konten, dan lainnya untuk meningkatkan penjualan bisnis reseller anda.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal

1. Buat Harga Produk Terjangkau.

Sementara anda memasarkan produk, menentukan harga produk yang sesuai dan terjangkau dapat membantu memastikan bahwa bisnis reseller anda tetap menguntungkan.

Upayakan harga produk anda seharusnya tidak hanya menutupi biaya produk. Hal penting juga mencakup biaya pemasaran, karyawan (ketika anda mulai merekrut), pengeluaran seperti biaya data internet, dan banyak lagi.

Selama harga produk anda masuk akal untuk pasar, anda tidak perlu khawatir. Justru dengan menurunkan harga anda agar terlihat kompetitif, bisnis toko online anda semakin dekat dengan kegagalan dan kebangkrutan.

Dengan harga produk yang terjangkau, tidak membebani modal dan banyaknya pelanggan memesan produk anda, sudah dipastikan anda bisa mendapatkan uang dari bisnis reseller online shop ini.

2. Buat Iklan – Promosi Iklan

Secara umum, iklan Facebook cenderung menjadi pilihan paling populer untuk reseller dan dropshippers. Produk reseller dan dropship banyak ditawarkan di Facebook iklan.

Kelebihan Facebook iklan juga cenderung lebih baik daripada jasa iklan lainnya karena calon pelanggan tidak melihat produk pesaing lainnya dalam iklan anda.

Dengan iklan Facebook, pelanggan hanya melihat iklan produk anda saat mereka menelusuri feed dari history pencariannya. Anda harus bereksperimen dengan berbagai produk untuk membuat iklan agar mendatangkan pelanggan dan menghasilkan uang melalui iklan anda.

Hal diatas dapat dikatakan optimasi iklan anda benar-benar berjalan sesuai dengan keinginan karena hanya produk andalah yang ditampilkan bagi calon pelanggan.

Iklan Google Ads dan Google AdWords, sudah jelas beriklan di google sudah pasti sangat menguntungkan. Mengapa tidak anda dapat tampil di semua pencarian pelanggan yang menggunakan google sebagai browser mesin pencari.

Anda hanya membutuhkan optimasi dengan membidik kata kunci tertentu sesuai produk dari toko online anda.

Dengan iklan Google Adwords atau Google Ads, terdapat fitur bid yang dapat digunakan untuk mengatur berapa nilai anggaran harian, klik dari iklan anda.

Contoh ketika anda menggunakan Google Adwords atau Google Ads dengan fitur traffic, maka selama iklan anda muncul di mesin pencari dan tidak terjadi klik atau kunjungan anggaran anda tidak akan keluar. Anda juga dapat memanfaatkan fitur Google Adwords lainnya guna mengoptimalkan pemasaran bisnis reseller online shop anda, hingga menghasilkan uang.

Baca Juga: 10 Trend Pemasaran Online di Tahun 2019

3. Buat Konten – Promosi Lewat Konten

Dari promosi video hingga blogging, pembuatan konten dapat membantu meningkatkan branding anda. Dengan secara konsisten membuat konten untuk merek anda, anda akan menemukan bahwa seiring waktu penjualan anda akan meningkat.

Anda dapat mendatangkan pelanggan dan menghasilkan uang melalui video dengan menyisipkan promosi iklan di video tersebut. Anda juga dapat menghasilkan uang dari konten blog dengan memanfaatkan lalu lintas (trafik) blog anda.

Semakin banyak konten berkualitas dengan trafik tinggi yang anda buat, semakin besar kemungkinan anda mengarahkan trafik pengunjung tersebut ke bisnis reseller online shop anda lewat review atau rekomendasi sebuah bisnis atau produk anda.

InsyaAllah dengan menggunakan kiat-kiat dalam artikel diatas, akan lebih memungkinkan mendapatkan beberapa penjualan anda di bisnis reseller online shop yang anda mulai. Hingga mendapatkan uang dari bisnis reseller online shop pun menjadi nyata.

Sekian artikel dari saya tentang bisnis online reseller dan semoga bermanfaat, jika berkenan silahkan di share sebanyak-banyaknya agar lebih bermanfaat bagi orang lain.