Anda ingin menjadi seorang dropshipper? Atau mungkin sedang mencari info tentang cara menjadi dropship di marketplace, jika benar demikian.

Kabar baiknya peluang menjadi dropshipper masih terbuka, dan Anda sedang membaca artikel yang tepat, karena dalam artikel ini saya akan beberkan tips bisnis dropship online, jadi jangan lewatkan, baca artikel ini sampai selesai ya.

Salah satu kelebihan dari seorang dropshipper adalah, ia tak menanggung resiko stok barang, barang yang distok selalu saja punya resiko, entah karena tempat penyimpanannya kurang kondusif atau karena faktor lainnya.

Disisi yang lain seorang dropshipper bisa berjualan dengan lancar.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Cara Bisnis Dropship Untuk Pemula

Tips menjadi seorang dropshipper 

Apila Anda ingin menjadi seorang dropshipper yang handal, ada baiknya menyimak tips-tips ini :

sukses bisnis dropship online

  1. Pilih produk 

Tips yang pertama adalah memilih produk yang akan Anda jadikan barang jualan. Pastikan saat Anda sudah memeperoleh produk yang bagus untuk dijual, Anda sudah mendapatkan ijin daahulu dari pemilik produk tersebut untuk menjualkannya secara dropship.

Namun, sebelum itu. Sebelum mendapatkan produk yang Anda ingin jual.

Yang harus Anda lakukan adalah meriset produk tersebut, apakah produk tersebut dicari atau punya market yang bagus. Jika jawabannya ia, jangan lepaskan produk tersebut, karena produk itu berpeluang lebih besar untuk dapat dijual. 

  1. Pilih supplier 

Supplier adalah kunci bagi dropshiper. Kasus yang banyak terjadi adalah, penjualan berhasil dilakukan oleh dropshipper, namun barang yang dijual kosong, sudah habis, tidak ada lagi di supplier. Mau tidak mau, dropshipper harus merefund dana yang telah disetor.

Bisnis dropshipper pun terganggung. Jadi pilihlah supplier yang bagus. Berikut beberapa kriteria suppier yang bagus.

Pertama, supplier tersebut gampang dihubungi, entah itu via chat, email ataupun telepon. Selain mudah dihubungi, supplier juga helpfull.

Kedua, supplier mampu menyediakan produk yang cukup saat dropshipper memebrikan order, ini untuk menghindari batalnya transaksi dengan customer.

  1. Rencanakan promosi produk

Setelah Anda mendapatkan produk dan supplier yang oke, langkah selanjutnya adalah menyiapkan  rencana promosi produk.

Rencana penjualan ini harus jelas, karena sebagus apapun produk dan supplier Anda, kalau Anda tak bisa menjual satupun produk itu berarti tak ada gunanya, sia-sia saja.

Jadi bikinlah rencana penjualan, atau strategi sales yang bagus. Strategi sales yang bagus adalah strategi yang bisa menjual produk tersebut.

  1. Tetapkan target 

Tips ke empat adalah, tetapkan target penjualan produk Anda. Misalnya dalam waktu 1 bulan harus terjual 90 produk dengan nilai 9 juta rupiah, dan seterusnya.

Target penjualan ini akan membantu Anda untuk mengukur seberapa efektif strategi penjualan yang Anda lakukan. Disisi yang lain Anda dan tim Anda dipaksa oleh target tersebut untuk memenuhinya.

  1. Bangun toko online 

Karena setiap barang yang dikirimkan kepada customer diatasnamakan dengan nama brand Anda, maka tak ada salahnya Anda merintis sebuah brand untuk toko online.

Jika Anda ingin bertahan lama dalam bisnis jualan online ini, maka bangunlah toko online ini. Buatlah sebuah akun instagram, buatlah sebuah website toko online, atau jika itu terlalu berat, mulailah dengan membuat sebuah blog.

  1. Berusaha agar sustainable 

Tips keenam, dropship bukanlah tujuan utama, tujuan utama Anda adalah berbisnis online dengan mapan. Lebih mandiri dengan brand Anda.

Maka jika jualan Anda sudah ramai dan permintaan akan produk Anda meningkat pesat, silahkan kuatkan brand Anda, beli stok produk lebih banyak, kalau perlu pelajari cara produksinya.

Jaga pengeluaran dan pembelian Anda, agar tak terlalu boros dan menggerus keuangan bisnis Anda. Perlahan saja, namun pasti, maka bisnis Anda akan berubah lebih baik, lebih sustainable dan besar pada saatnya nanti.

Baca Juga: Cara Bisnis Dropship Tanpa Modal, Yang Belajar Dropship Wajib Baca!

Nah itu tips-tips bisnis dropship online, semoga dengan membaca artikel diatas, informasi yang Anda cari untuk memulai sebuah bisnis online semakin lengkap dan jelas. Oke, sepertinya artikel ini sudah cukup panjang, rasanya sampai sini dulu ya, salam sukses dan sampai jumpa pada artikel yang lain.