Pernah memikirkan tentang bisnis dropship online shop tanpa modal? Jika memang pernah, maka apa yang anda pikirkan tersebut bukanlah sesuatu yang tidak mungkin atau mustahil untuk diwujudkan.

Memang terdengar agak menggelikan bagi sebagian orang akan usaha bisnis online shop tanpa modal, tapi hal ini memang ada dan salah satu kiat yang dapat anda lakukan untuk memulai bisnis online shop tanpa modal adalah dengan mencoba bisnis sistem dropship.

Apa itu Dropship?

Anda mungkin pernah mendengar tentang istilah bisnis online sistem dropship, entah dari situs di internet ataupun dari orang lain.

Sistem dropship sendiri merupakan sebuah sistem dari penjualan produk yang dilakukan baik secara online maupun offline, namun disini si penjual tidak harus memiliki modal yang besar dan yang pasti dengan sistem ini adalah salah satu alternative bisnis online shop tanpa modal besar yang menarik.

Memang jika dilihat sekilas, sistem ini mirip dengan sistem usaha reseller, akan tetapi yang sangat jelas menjadi pembeda disini yakni penjual tidak diharuskan untuk membeli produk yang akan dijual terlebih dahulu dari supplier (dengan perhitungan laba yang didapat dari selisih harga beli dari supplier dengan harga jual).

Sistem penjualan ini pada dasarnya cukup sederhana, penjual akan memilih barang yang sekiranya menarik dan laku untuk dijual, lalu penjual akan mengambil beberapa sample foto dari barang tersebut yang nantinya akan menjadi contoh barang yang akan ditawarkan pada konsumen.

Baca Juga Artikel :
Hal Wajib Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis Online
Trik Memulai Bisnis Toko Online Melalui Facebook

Bila konsumen tertarik ingin membeli barang tersebut, maka konsumen akan membeli dengan cara mengirimkan sejumlah uang sesuai dengan harga barang tersebut.

Penjual akan melanjutkan proses pembayaran kepada supplier dan supplier akan melanjutkan proses hingga barang diterima oleh konsumen.

Yang perlu dilakukan anda (penjual) hanya memasarkan barang tersebut dengan media offline ataupun lewat online shop.
Kelebihan sistem dropship.

1. Modal yang terjangkau

Selaras dengan semua penjelasan diatas, sistem ini merupakan sistem dalam bisnis online shop tanpa modal yang besar. Penjual hanya perlu memasarkan produk lewat sosial media, aplikasi messenger, blog ataupun forum/situs jual beli yang notabene hanya membutuhkan modal untuk terkoneksi ke internet.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Tanpa Modal

2. Tidak terlalu rumit dan bisa di-manage dimana saja

Segala urusan yang berhubungan tentang pengadaan barang, pemesanan dan pengiriman barang akan menjadi tanggung jawab supplier, jadi sebagai seorang penjual kita hanya focus pada pemasaran barang yang mana bisa dikerjakan dengan praktis dan dimana saja dengan dukungan konektivitas internet.

Baca Juga: Bisnis Dropship Tanpa Modal Kelebihan Dan Kekurangan Dropship

3. Tidak butuh biaya untuk operasional

Sebagai hanya pemasar barang maka segala hal yang berhubungan dengan operasional sebuah usaha seperti gaji pegawai, sewa tempat, dan gaji para pegawai merupakan hal yang tidak akan kita hadapi dalam sistem dropship bisnis online shop tanpa modal besar ini.

Selain kelebihan yang telah disebutkan diatas, bisnis online shop tanpa modal besar ini juga memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan yang akan dihadapi.

4. Keuntungan yang relatif kecil

Keuntungan yang akan didapatkan dengan sistem semacam ini akan relatif kecil, karena jika penjual menaikkan harga terlalu tinggi maka otomatis sangat berisiko terhadap minat konsumen yang ingin membeli produk yang ditawarkan.

5. Info stok barang dari supplier yang tidak secara langsung update

Sebagai dropshipper, anda tidak akan langsung mengetahui stok suatu barang apakah masih tersedia ataupun kosong secara langsung atau update tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada supplier.ondropship

6. Masih banyaknya konsumen yang kurang percaya akan kredibilitas jual beli online

Tidak diragukan jika masih banyak orang yang paranoid dengan jual beli online karena maraknya pemberitaan media tentang penipuan yang terjadi lewat jual beli online ini, serta barang yang anda tawarkan tidak ada bentuk konkretnya alias masih dalam bentuk gambar saja. Kesulitan inilah yang akan banyak anda hadapi dalam memulai bisnis online shop tanpa modal yang besar.

7. Komplain dari konsumen

Ketidaksesuaian foto dengan barang yang diterima serta proses pengiriman yang agak molor dari waktu yang seharusnya maka penjual lah yang akan mendapat complain bukannya supplier.

Baca Juga Artikel: 10 Alasan Mengapa Memilih Bisnis Online

Tidak heran jika bisnis online shop dengan sistem dropship ini merupakan salah satu bisnis online shop tanpa modal besar, mudah dijalankan darimana saja asal didukung dengan koneksi internet. Akan tetapi yang namanya bisnis pasti ada kelebihan dan kekurangannya, begitu pula sistem dropship