Ide Konten Sosial Media yang Menarik Sekaligus Menaikkan Engagement Rate

Seperti apa konten sosial media yang menarik? Kebanyakan orang menjawab bahwa konten untuk media sosial yang menarik adalah konten yang berupa tulisan atau caption yang bagus serta gambar desain yang cantik.

Dari sini, kemudian muncul template untuk desain konten sosial media serta software untuk membuat caption menarik.

Apakah itu cukup? Faktanya, tetap saja banyak orang yang tidak tahu harus bagaimana. Mereka masing kebingungan ketika mereka harus membuat konten.

Sebenarnya, konten media sosial yang menarik itu konten yang mampu menaikkan engagement rate.

Secara singkat, konten harus membuat pengguna media sosial lainnya mau berinteraksi, entah sekedar like, komentar, atau bahkan share.

Ini menjadi salah satu parameter bagaimana konten Anda bagus. Lebih dari itu, ini juga menjadi bahan penilaian seberapa efektif konten promosi yang nantinya Anda posting.

Karena ketika engagement rate tinggi, maka ada potensi besar di mana promosi Anda di media sosial berhasil.

Baca Juga: Bagaimana Memaksimalkan Sosial Media Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

4 Ide Konten untuk Sosial Media yang Menarik

konten sosial media yang menarik

Jadi, Anda sudah tahu kan apa tujuan membuat konten sosial yang menarik? Sekarang, Anda perlu tahu ide-ide konten seperti apa yang harus Anda buat.

1. Konten yang Edukatif

Salah satu konten yang viral atau engagement rate tinggi adalah konten edukasi. Apalagi isi kontennya menjawab atas problem yang dihadapi banyak orang. Sudah bisa dipastikan konten semacam ini disenangi banyak orang.

Untuk membuat konten edukatif, Anda perlu memahami topik tertentu. Akan lebih baik jika topik tersebut sesuai dengan produk yang Anda promosikan. Misalnya saja Anda menjual produk kosmetik.

Anda bisa share konten edukatif tentang bagaimana menjaga kesehatan kulit, mengatasi masalah kulit, dan sejenisnya. Usahakan konten edukasi yang Anda buat benar-benar applicable dan bermanfaat.

2. Konten Motivasi

Pernah lihat konten yang berisi kalimat motivasi plus gambar yang didesain di dalam sebuah template? Biasanya konten seperti ini viral di Facebook dan juga Instagram. Anda bisa menirunya.

Cari saja daftar orang hebat yang sering membuat kutipan kalimat motivasi yang luar biasa. Anda siapkan desain template konten Instagram.

Pilih kutipan yang paling memotivasi banyak orang. Konten seperti ini biasanya mudah sekali mendapatkan respons. Tidak hanya like tapi bahkan share.

3. Konten Lucu

Konten lucu juga mudah sekali menjadi viral. Engagement rate nya sangat tinggi jika kelucuan dari konten yang Anda posting itu mewakili kondisi terkini.

Konten yang lucu seperti bisa berupa gambar, karikatur, atau hanya sekedar kalimat.

Memang tidak mudah untuk membuat konten lucu. Anda perlu mencari postingan dari akun IG lain yang sering memposting konten lucu. Tiru lalu desain ulang agar tampilannya beda.

4. Konten Emosional

Apa yang dimaksud dengan konten emosional? Ini artinya konten yang bisa membuat orang menangis? Bukan itu maksudnya.

Konten emosional adalah konten yang mewakili perasaan orang lain. Semakin banyak orang yang terwakili perasaannya melalui tulisan yang Anda buat, semakin mudah sekali konten tersebut viral. Dan tentu saja engagement rate-nya tinggi.

Yang perlu Anda lakukan adalah meraba perasaan dan juga kegelisahan orang banyak. Tangkap perasaan tersebut lalu berikan solusi.

Tuliskan dalam bentuk tulisan yang mudah dipahami oleh orang yang Anda wakili. Konten semacam itu akan sangat relate dengan orang lain sehingga konten akan mendapatkan engagement yang tinggi.

Baca Juga: 
7 Trik Meningkatkan Follower Instagram dalam Waktu yang Relatif Singkat
Strategi Memasarkan Produk Melalui Facebook

Itulah beberapa ide konten sosial media yang menarik yang bisa Anda buat. Memang butuh kejelian dan juga sedikit kreativitas jika Anda ingin memiliki konten yang banyak orang sukai.

Share jika bermanfaat
Default image
Nawi Van
Hanya Seorang Blogger, Internet Marketer, Trader Forex, Online Lovers dan saya senang berbagai informasi melalui media internet sebagai penghubung antar sesama.
Articles: 82

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply