Ini Dia Yang Perlu Dilakukan Saat Memasarkan Produk Melalui Facebook

Memasarkan produk melalui Facebook bukanlah hal yang sulit. Yang menjadi tantangan adalah bagaimana postingan Anda dilihat banyak orang lalu mereka tertarik dan akhirnya mau membeli.

Yang tidak sering disadari oleh mereka yang memasarkan produk dengan menggunakan Facebook adalah bahwasanya Facebook itu hanya media. 

Yaitu media penghubung bisnis Anda dengan target konsumen. Jadi, fokus utamanya bukan di Facebook tapi di user atau pengguna Facebook. 

Yang harus Anda lakukan adalah bagaimana memaksimalkan Facebook untuk menjangkau user yang jadi target market Anda. Ini memerlukan cara yang baik agar proses memasarkan produk tepat sasaran.

6 Langkah Jitu Memasarkan Produk Melalui Facebook Tanpa Iklan 

Sebenarnya, ada lho cara yang cepat dan mudah untuk bisa mentarget orang-orang yang membutuhkan produk Anda. Yaitu dengan memanfaatkan iklan berbayar dari Facebook. 

Akan tetapi, terkadang tidak semua bisnis itu tepat untuk dipromosikan secara berbayar. Pasalnya, produk yang bisa diiklankan itu biasanya harus memiliki margin keuntungan di atas 50% atau bahkan mencapai 100% dari harga produksi atau harga beli.

Untuk itu, kali ini Anda coba dulu untuk menerapkan strategi memasarkan produk melalui Facebook tanpa menggunakan iklan. Bagaimana caranya?

1. Buat Konten Edukasi

Lupakan dulu konten promosi. Karena semakin sering Anda memposting konten promosi, justru semakin banyak orang yang kurang respect. Anda dianggap spamming.

Akan lebih baik jika Anda buat konten edukasi. Misalnya saja Anda memposting konten edukasi yang terkait dengan produk yang sedang Anda promosikan. 

Jika Anda produsen, Anda bisa posting video atau live video bagaimana proses pembuatan produk. Konten semacam itu bertujuan untuk meningkatkan awareness orang sehingga mereka semakin tahu dan percaya. Hingga akhirnya mereka mau membeli produk Anda.

2. Siapkan Konten Promosi

Karena tujuannya adalah mempromosikan produk, sesekali Anda juga harus melakukan hard selling. Yaitu memposting konten jualan. Sementara itu, konten edukasi itu bisa disebut dengan soft selling, yaitu konten untuk menjual produk secara halus. 

Anda bisa menggunakan pola 4-1. Yaitu 4 kali postingan edukasi dan 1 kali postingan promosi. Lakukan setiap hari secara konsisten.

Baca Juga: Bagaimana Memaksimalkan Sosial Media Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

3. Buat Photo Product yang Paling Bagus

Khusus untuk konten promosi, jangan hanya menjelaskan atau mempromosikan produk melalui kalimat. 

Posting juga photo product yang paling menarik. Jika diperlukan, gunakan jasa photo product yang hasil jebretannya bisa Anda gunakan terus menerus untuk diposting di Facebook Anda.

4. Manfaatkan Fitur Facebook Marketplace

Apakah Anda tahu ada fitur Facebook Marketplace? 

Ini fitur yang mempermudah orang-orang untuk menemukan produk Anda. Ini semacam pasar virtual yang disediakan oleh Facebook.

5. Share Postingan di Story

Selain memposting konten di Beranda atau News Feed Facebook, share juga postingan tersebut di Story. Anda harus tahu ternyata banyak lho orang yang menghabiskan waktu melihat Story. 

6. Arahkan ke Website

Beberapa postingan Anda di Facebook sebaiknya diarahkan ke website bisnis Anda. Tujuannya agar orang-orang lebih tahu tentang produk Anda atau tentang daftar produk apa saja yang Anda jual. Dan itu bisa lebih mudah jika Anda memiliki website. 

Baca Juga: Promosi Lebih Efektif Dengan Strategi Sosial Media Instagram

Itulah beberapa cara memasarkan produk melalui Facebook yang bisa Anda lakukan tanpa harus menggunakan iklan. 

Tentu bukan hal yang salah jika Anda harus iklan berbayar. Namun, jika menggunakan cara gratis sudah cukup, mengapa tidak Anda coba dulu?

Share jika bermanfaat
Default image
Nawi Van
Hanya Seorang Blogger, Internet Marketer, Trader Forex, Online Lovers dan saya senang berbagai informasi melalui media internet sebagai penghubung antar sesama.
Articles: 82

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply