Cara Monetisasi Youtube Supaya Penghasilan Semakin Meningkat

Raih penghasilan tinggi dengan menerapkan cara monetisasi Youtube dengan benar. Pasalnya, peluangnya masih terbuka sehingga tidak salah jika Anda ikut memaksimalkan kesempatan tersebut.

Youtube sendiri menjadi salah satu media sosial yang fokus dalam membagikan konten video. Konten ini banyak dicari oleh pengguna internet. Mulai dari yang sekedar mencari hiburan, sampai mencari informasi penting terkait sebuah produk atau layanan.

Pangsa pasar yang sangat besar menjadikan Youtube sebagai lahan basah bagi siapa saja yang ingin mendapatkan penghasilan dari YouTube. Salah satu pilihan terpopulernya ialah mengaitkan video dengan media periklanan yang disebut dengan iklan adsense. Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara membuat channel YouTube sebaiknya lihat postingan sebelumnya cara membuat channel YouTube dengan mudah.

Syarat Mengikuti Program Adsense Youtube

bagaimana cara monetasi YouTube

Adsense merupakan salah satu cara monetisasi Youtube paling populer di dunia. Pemilik kanal bisa menempatkan iklan di dalamnya. Iklan inilah yang nantinya akan mendulang rupiah, dan bisa dicairkan setiap bulannya.

Untuk berpartisipasi di dalam program ini, syarat utamanya ialah memiliki kanal khusus. Kemudian, syarat lain diperlukan sebagai bagian dari persyaratan untuk diterima oleh pihak google. Diantara syaratnya adalah sebagai berikut ini.

1. Memiliki Minimal 1000 Subscriber
Anda baru bisa memoniteze channel Youtube, dengan catatan telah memiliki minimal 1000 subsriber. Jumlah ini menjadi batasan awal dalam sebuah persyaratan. Besarnya jumlah subscriber ini diharapkan bisa terpenuhi selama 12 bulan pertama.

Meskipun dikatakan demikian, Anda dikatakan telah memenuhi syarat awal jika sudah memilikinya meskipun tergolong baru. Misalnya dalam waktu 2 bulanan, Anda sudah mempunyai subscriber ribuan.

2. Video Ditonton Minimal 4000 Menit
Syarat keduanya ialah konten video yang terunggah sudah ditonton oleh pengguna internet. Jumlah jam tayang paling minim sekitar 4000 menitan.

Ketika Anda belum memenuhi syarat ini, pengajuan Anda akan ditolak oleh pihak Youtube. Sebagai gantinya, Anda harus meningkatkan kemampuan dalam memunculkan konten di halaman depan. Tujuannya supaya bisa ditonton oleh ribuan viwers sampai akhirnya batasan jam tayang terlampaui.

3. Konten Video Bebas Copyright
Anda tidak bisa menerapkan cara monetisasi Youtube jika konten terunggah terkena copyright. Istilah ini mengacu pada konten hak cipta yang dimiliki oleh perusahaan atau youtuber lainnya.

Manakala Anda mengambil sebuah video dari Youtube langsung dan mengunggahnya di channel Anda, ini akan terkena copyright. Dan ini tentunya menjadi konten larangan. Akibatnya, pengajuan akan tertolak, dan terkena banned jika telah memiliki akun adsense.

Tips Meningkatkan Penghasilan Adsense Youtube

Ketika persyaratan di atas terpenuhi, saatnya Anda mengaitkannya dengan google adsense. Caranya ialah mencari menu monetize Youtube. Kemudian, menekannya sebagai langkah untuk mendapatkan persetujuan.

Ketika sudah disetujui, saatnya Anda menempatkan iklan di konten yang telah Anda unggah. Cukup edit video di creator studio, kemudian aktifkan iklan untuk video tersebut.

Perlu diingat bahwa iklan yang terpasang di satu video akan lambat untuk menghasilkan uang. Solusinya ialah mengaktifkannya pada sejumlah video yang telah diupload.

Sebagai bagian dari cara untuk meningkatkan penghasilan, yang perlu Anda lakukan ialah konsisten untuk membuat konten video. Buatlah Video yang memang mewakili channel.

Misalnya channel membahas tentang gaming, maka konten yang dibuat harusnya berkaitan dengan game secara keseluruhan.

Selain itu, disiplinlah dalam mengunggah video. Di sini, Anda bisa membuat jadwal penguploadan video di tiap harinya. Kemudian, pastikan untuk diunggah pada jam yang sama agar para subscriber terbiasa, atau mengenali konten baru Anda.

Setelah mencapai ratusan atau ribuan konten, Anda akan segera menikmati hasilnya. Anda dimungkinkan untuk mengantongi penghasilan di tiap bulannya. Itulah sekilas tentang cara monetisasi Youtube serta cara meningkatkan penghasilannya.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply