Promosi Lebih Efektif Dengan Strategi Sosial Media Instagram

Ada banyak sekali orang yang membagikan strategi sosial media Instagram. Dan kemungkinan strategi tersebut juga sudah diterapkan oleh banyak yang melakukan promosi menggunakan Instagram.

Jika Anda juga menerapkannya, maka tidak ada bedanya. Padahal, jika bisnis Anda ingin stand out di sosial media, maka harus ada hal yang beda. Ada keunikan tersendiri yang harus muncul di media sosial Anda.Makanya, Anda perlu sedikit kreativitas.

Tujuannya agar strategi promosi sosial media Instagram yang Anda lakukan menjadi beda dan unik. Orang pun akan mudah mengenali bisnis Anda.

Strategi Promosi di Instagram yang Sangat Ampuh

1. Fokus pada Konten

Pada intinya, Instagram itu Anda gunakan untuk membuat bisa Anda dikenal banyak orang. Makanya, yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan follower.

Misalnya saja mereka mendapatkan informasi penting, konten edukasi, atau juga konten yang menyenangkan mereka.

Untuk itu, agar follower Anda bertambah, fokus pada konten. Buatlah konten yang membuat follower yang juga target market Anda senang. Anda bisa share konten edukasi yang ada kaitannya dengan produk yang Anda promosikan.

Contohnya, jika Anda berjualan kosmetik, Anda bisa fokus memproduksi konten edukasi tentang kosmetik yang aman digunakan atau tips makeup.

Baca Juga: Bagaimana Memaksimalkan Sosial Media Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

2. Manfaatkan Semua Fitur Di Instagram

Ada banyak sekali fitur yang sudah disiapkan. Fitur tersebut ditawarkan agar exposure bisnis Anda bagus.

Ada feed, story, IGTV, dan yang terbaru IG Reels. Semua fitur tersebut tidak boleh Anda biarkan begitu saja. Anda harus tahu fitur tersebut ditawarkan berdasarkan data.

Instagram sudah tahu apa yang disukai oleh penggunanya. Fitur apa saja yang paling sering digunakan. Karena itulah fitur semacam itu terus dipertahankan.

Jadi, fitur di IG itu berdasarkan behavior atau perilaku pengguna Instagram.Anda tidak boleh hanya menggunakan postingan di Feed.

Gunakan juga fitur story dan juga IG Reels yang saat ini sangat bagus untuk menjangkau pengguna IG yang bukan follower Anda.

3. Konsisten

Kenapa Anda harus fokus membuat konten yang berkualitas?

Karena strategi sosial media Instagram selanjutnya adalah melakukan posting secara konsisten. Cari tahu kapan waktu yang paling banyak follower Anda habiskan membuat Instagram.

Biasanya, orang membuka IG itu di pagi hari, saat makan siang, atau di malam hari sebelum tidur. Di waktu-waktu itulah Anda bisa posting konten. Lakukan secara konsisten.

Tidak boleh ada satu hari di mana Anda tidak memposting konten. Ini sangat menentukan engagement follower dan juga awareness mereka terhadap bisnis Anda.

4. Bangun Interaksi dengan Follower Jangan hanya posting konten.

Sesekali Anda juga harus berinteraksi dengan follower. Anda bisa like, share, atau komentar di postingan follower Anda lainnya.

Jika ada yang berkomentar di postingan Anda, sesegera mungkin balas dengan komentar yang baik.

5. Sesekali Gunakan Paid Promotion

4 strategi promosi sosial media Instagram sebelumnya itu fokus pada cara melakukan promosi secara gratis di IG. Namun, sesekali Anda juga harus memanfaatkan iklan berbayar.

Ini sebaiknya Anda lakukan ketika Anda ingin menawarkan promo terbatas. Targetkan ke pengguna IG yang tertarik dengan produk Anda, seperti berdasarkan hobi, jenis kelamin, usia, dan juga lokasi.

Nah, itulah beberapa strategi media sosial Instagram yang bisa Anda terapkan. Pada intinya, Anda harus bisa memanfaatkan media sosial berupa Instagram untuk menarik penggunanya sehingga tahu bisnis Anda. Hingga akhirnya mereka suka dan percaya untuk melakukan transaksi.

Share jika bermanfaat
Default image
Nawi Van
Hanya Seorang Blogger, Internet Marketer, Trader Forex, Online Lovers dan saya senang berbagai informasi melalui media internet sebagai penghubung antar sesama.
Articles: 82

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply