Dijaman yang serba elektronik sekarang ini pastinya sudah tidak asing dengan bisnis online. Bisnis yang sekarang ini sedang booming ini ternyata menjadi sebuah cara yang cepat dan ampuh untuk mendulang kesuksesan. Namun, sebagaimana bisnis lainnya, berbisnis online juga harus dan wajib belajar tips and triknya, khususnya dalam hal promosi.

Nah, promosi disinilah yang kerap membutuhkan banyak dana, apalagi jika anda seorang pemula. Lalu bagaimana cara agar kiranya anda bisa promosi bisnis online anda dengan gratis? Cobalah beberapa cara dibawah ini:

10 Cara Promosi Bisnis Online Dengan Gratis

1. Tingkatkan layanan pelanggan
Sebagai pelaku bisnis online anda harus memaksimalkan pelayanan yang baik, ramah kepada customer dan merasa dilayani dengan istimewa. Cara promosi bisnis online gratis dengan meningkatkan layanan pelanggan antara lain dengan:

a. Merespon pelanggan dengan cepat baik melalui telepon, email, media social, live chat dll.
b. Tulisan ungkapan terimakasih
c. Meminta umpan balik dengan mengirimkan email
d. Buat mekanisme pengembalian atau tukar barang dengan mudah
e. Berikan hadiah khusus untuk paket produk tertentu

2. Optimalkan SEO website perusahaan
Promosi bisnis online selanjutnya dengan memaksimalkan SEO. Bagi pelaku bisnis online SEO bisa menjadi hal yang rumit, anda hanya harus membuat halaman produk perbandingan, memperbarui homepage dengan posting twitter atau blog terbaru, dan membuat ulasan pelanggan dengan tambahan frase dan kata kunci yang banyak digunakan pelanggan.

3. Aplikasikan harga psikologis
Bisa dibuktikan bahwa dengan mengaplikasikan harga psikologis anda bisa mempengaruhi keputusan pelanggan dengan menetapkan promosi dan harga produk. Hal ini akan mendorong customer untuk membelanjakan uang mereka dengan lebih banyak.
Strategi cara promosi bisnis online gratis bisa anda tempuh dengan menetapkan harga misalnya: diskon 30%, buy one get one free, dll.

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Bisnis Online Terbaru 2019

4. Buat sector mobile lebih optimal
Strategi cara promosi bisnis online gratis bisa dilakukan dengan membuat situs e-commerce untuk men-support tampilan mobile. Hal ini bertujuan untuk memberikan pengalaman yang sama kepada customer ketika memakai desktop. Dalam melakukan optimasi e-commerce sector mobile hal yang harus anda perhatikan antara lain tampilan navigasi untuk mobile yang mudah digunakan dan jelas.

5. Tergabung dengan influencer online
Promosi bisnis online bagi anda memiliki produk seperti aksesoris atau produk pakaian yaitu dengan memberikannya kepada blogger fashion untuk menulis produk secara intensif. Umumnya influencer online ini telah mempunyai anggota yang banyak dan menjadi cara yang bagus untuk mempublikasikan produk dengan lebih luas.

Baca Juga: 10 Trend Pemasaran Online di Tahun 2019

6. Pertimbangkan layanan e-commerce dan layanan subscription
Layanan subscription dimana customer bisa mengetahui produk anda yang baru tanpa harus selalu mengunjungi halaman anda. Cara ini mampu meningkatkan penghasilan dengan stabil.

7. Aplikasikan 4 strategi pengiriman
Cara promosi bisnis online gratis dengan 4 strategi pengiriman yang bisa memberikan pengaruh untuk melanjutkan proses pembelian antara lain:

a. Pengiriman gratis yang bisa anda berlakukan berdasarkan wilayah yang gampang dijangkau atau jika belanja dengan batas nominal tertentu
b. Gratis pengiriman kembali untuk membangun kepercayaan customer
c. Pengiriman flat untuk anda yang menjual produk serupa tanpa ukuran dan berat yang bervariasi
d. Pengiriman cepat untuk pelanggan yang membutuhkan produk dalam waktu sangat dekat misalnya dengan pilihan pengiriman cepat mulai dari 1 hingga 3 hari.

8. Pacu pengalaman belanja dengan seni cross selling
Salah satu cara promosi bisnis online gratis dengan memberikan kesempatan untuk pelanggan dalam mendapatkan produk yang diinginkan. Promosi bisnis online dengan cross selling ini bisa anda aplikasikan sehingga dengan membeli produk A beserta produk B, C, atau D hanya dibayar dengan nominal tertentu yang lebih murah yang memungkinkan anda bisa menjual produk lebih banyak.

9. Membangun email marketing
Cara promosi bisnis online gratis dengan merintis email marketing bisa dicontohkan: Email selamat datang untuk customer baru, Email newsletter bulanan dengan produk baru dan promosi, Email produk baru untuk produk sejenis yang dibeli, Email events dll. Hal ini bisa meningkatkan penjualan, membangun hubungan dengan pelanggan yang lebih dekat dan meningkatkan traffic.

10. Bidik target pasar
Setelah menganalisa jangkauan pelanggan bisa membidik target pasar, cara promosi bisnis online gratis selanjutnya bisa anda lakukan dengan memecah target pelanggan untuk pasar tertentu. Setelah target terbentuk dengan anggaran kecilpun anda bisa melakukan banyak hal yang melibatkan pelanggan melalui konten online, guest blogging, jejaring social, dll.

Baca Juga Artikel: Trik Memulai Bisnis Toko Online Melalui Facebook

Dengan cara promosi bisnis online gratis tersebut bisa membuat omset bisnis digital anda semakin meningkat. Nah, dengan beragam cara promosi bisnis online gratis diatas, apa yang anda tunggu? Segera saja optimasi atau promosi bisnis online anda dengan hemat.