Strategi pemasaran bisnis online – Sejak berkembangnya teknologi internet semua hal yang berkaitan dengan bisnis menjadi lebih mudah dan efektif, para pembisnis mulai berpindah haluan yang mulainya offline kini mulai beralih pada bidang online, hal ini dilakukan agar pasar-pasar yang dikuasai masih berada dalam kontrol atau cenderung lebih besar.

Dunia teknologi khususnya dibidang internet memang mengalami peningkatan yang sangat pesat, ilmu-ilmu dibidang marketing digital juga terus bertambah menjadi atau bahkan berkembang menjadi lebih kompleks, setidaknya ada 5 strategi pemasaran bisnis online terbaru yang sering digunakan oleh para pebisnis saat ini, apa saja strategi atau teknik pemasaran bisnis online tersebut? berikut kami hadirkan ulasannya untuk anda.

1. Content marketing
Orang-orang menggunakan internet tidak lain untuk mendapatkan informasi dan juga hiburan yang sedang mereka inginkan. Nah, strategi pemasaran bisnis online ini salah satunya adalah strategi content marketing. Teknik pemasaran bisnis online ini fokus kepada penyediaan berbagai informasi yang dibutuhkan oleh orang-orang yang membutuhkan. Informasi-informasi dalam content marketing ini juga sangat beragam dimulai dari artikel, hasil riset, vidio, cerita menarik, dan masih banyak lagi lainnya.

Namun bagi anda yang ingin memaksimalkan strategi pemasaran bisnis online ini menggunakan content marketing, isi materi harus sesuai dengan apa yang ingin anda kembangkan. Misalnya anda memiliki toko online dibidang penjualan sepatu, jadi content marketing yang harus anda maksimalkan juga harus berkaitan dengan sepatu, seperti cara perawatan atau tips-tips lainya.

2. Mobile market
Data saat ini menyebutkan bahwa banyaknya konsumen yang menggunakan seluler untuk pembelian barang memiliki prosentase yang cukup besar yaitu sekitar 30% sampai 40%. Lalu apa kaitanya 5 strategi pemasaran bisnis online terbaru dengan data tersebut?

Baca Juga Artikel: 10 Trend Pemasaran Online di Tahun 2018

Jika anda jeli tentu anda sudah bisa menebak kemana arah pembahasan kali ini. Seperti yang kita tahu, tampilan sebuah website versi dekstop dan mobile sangatlah berbeda, dan salah satu faktor yang menyebabkan pembeli betah berkunjung pada website kita karena tampilan website yang kita miliki sangat menarik, maka dari itu kita harus membuat tampilan website versi dekstop dan mobile sama menariknya, biasanya orang menyebut hal ini dengan tampilan mobile frendly. Teknik pemasaran bisnis online ini termasuk lagu lama namun teknik ini tetap menjadi salah satu strategi yang ampuh menarik konsumen.

3. Continuous marketing
Dari 5 strategi pemasaran bisnis online terbaru yang kami sebutkan, para pebisnis online bisanya lebih memaksimalkan pada strategi continuous marketing. Teknik pemasaran bisnis online ini maksudnya adalah teknik pemasaran yang terus berkelanjutan dengan menggunakan media promosi jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan juga Instagram.

Untuk mensukseskan strategi pemasaran bisnis online terbaru dengan continus marketing ini anda bisa melakukan analisa berbagai data yang telah anda miliki seperti opini, feedback konsumen, demografi atau data lainnya.

Baca Juga Artikel: 10 Cara Promosi Bisnis Online Dengan Gratis

4. Integrasi digital marketing
5 strategi pemasaran bisnis online terbaru yang keempat berkaitan dengan menyatukan serta memanfaatkan semua komponen sumber daya digital yang ada dengan baik agar efektivitas dalam pemasaran bisnis anda menjadi lebih baik.

Ada beberapa komponen sumber daya yang sering digunakan untuk memperkuat dan menyatukan pemasaran bisnis online seperti blog, promosi atau kampanye produk, penggunaan media sosial, atau komponen-komponen lainnya. Dalam penggunaan sumber daya ini anda harus mampu menggunakanya secara real time, agar konsumen yang masuk kedalam jangkauan anda lebih variatif lagi.

5. Visual marketing
Dari 5 strategi pemasaran bisnis online terbaru yang terakhir adalah berkaitan dengan visual atau media yang digunakan untuk memberikan gambaran produk yang akan kita jual. Salah satu media visual ini adalah foto, tentu anda sudah pernah mendengar mengenai satu foto bisa mewakili seribu kata, artinya satu foto yang baik akan mampu menciptakan objek visual yang enak dipandang mata dan mampu memberikan gambaran kepada pembeli dengan baik.

Baca Juga Artikel: Trik Memulai Bisnis Toko Online Melalui Facebook

Saat ini sudah banyak media yang bisa anda gunakan sebagai salah satu pendukung pemasaran bisnis online secara visual marketing seperti facebook, instagram, youtube, vine, pirattes dan lain sebagainya.

Itulah 5 strategi pemasaran bisnis online terbaru yang kami hadirkan untuk anda. Ada satu lagi jenis strategi pemasaran bisnis online yang biasa digunakan yaitu personal marketing atau orang biasa menyebutnya dengan one to one marketing. Inti dari strategi ini adalah setiap pembeli itu unik, sehingga kita harus memperlakukan konsumen satu dan lainnya berbeda-beda sesuai dengan apa yang mereka inginkan.