Prospek Investasi Kripto, Cek Dulu Apa Saja Kelebihan dan Kelemahanya

    Hingga tahun 2022 berakhir, Cryptocurrency Mining masih menjadi salah satu dari 21 peluang usaha terbaik. Menjelang pergantian tahun yang tinggal hitungan jari saja. Yang menjadi perhatian banyak orang adalah bagaimana peluang bisnis pada 2023. Apakah investasi kripto atau dikenal dengan investasi Cryptocurrency masih menjadi peluang bisnis menjanjikan pada tahun mendatang?

    Sebelumnya, perlu memahami terlebih dahulu apa itu Crytocurrency dan bagaimana cara investasi Cryptocurrency. Secara sederhana Cryptocurrency adalah mata uang digital yang digunakan di dunia maya. Sedangkan nama Cryptocurrency sendiri berasal dari kata Crptography yang artinya kode rahasia dan Currency berarti mata uang. Sebagai mata uang digital Crptocurrency hampir tidak mungkin dapat dipalsukan karena adanya Crptography tersebut. 

    Cryptocurrency atau investasi kripto tidak tersedia dalam bentuk fisik seperti halnya mata uang koin atau uang tunai pada umumnya, melainkan terletak di internet. Dengan menggunakan teknologi blockchain hanya sebagai database yang tidak dapat diubah dan terhubung dengan sidik jari digital. Sehingga memudahkan untuk mendeteksi seseorang yang berusaha untuk menipu dengan mengubah transaksi sebelumnya.

    Bitcoin salah satu uang kripto populer yang diperkenalkan pertama kali oleh Satoshi Nakamoto pada 2009 lalu. Kemudian diikuti oleh uang kripto lainnya, seperti litecon, ethereum, dogecoin, terra, eos, tron dan banyak lagi.

    Yang pada perkembangnya kini investasi kripto bisa digunakan sebagai alat pembayaran berbagai transaksi dan transfer dari odari orang ke orang lain secara online. Bahkan bisa ditukar dalam bentuk dan berbagai mata uang seperti dalam Dolar, Yen, Rupiah, Euro dan lainnya.

    Ada beberapa alasan kripto banyak digunakan sebagai alat pembayaran antara lain karena pengguna kripto dapat melakukan transaksi kapan dan di mana pun tanpa harus melalui perantara. Transaksi berlangsung antar pengirim dan penerima tanpa ada yang mengatur aktivitas tersebut. Kelebihan lain kripto digunakan hampir di seluruh dunia. Transaksi bisa dilakukan dengan cepat, karena tanpa proses verifikasi sehingga sebagai alat pembayaran dapat dikatakan murah karena tanpa harus mengeluarkan biaya dan aman dari penipuan.

    Cara Investasi Uang Kripto

    Prospek Investasi Kripto Kelebihan dan Kelemahanya
    Investasi Kripto Kelebihan dan Kelemahanya

    Kripto seperti halnya mata uang umumnya memiliki fungsi dan manfaat. Diantara manfaat dari kripto antara lain, dapat dimanfaatkan sebagai investasi, trading bahkan menjadikannya sebagai passive income. Investasi kripto kini banyak diminati karena mampu memberi peluang keuntungan yang tinggi. Terlihat dengan semakin melonjaknya nilai aset kripto. 

    Baca Juga: Masa Depan Uang Kripto Di Indonesia, Apakah Layak Digunakan?

    Lahir dari kecanggihan teknologi digital kripto banyak diminati kaum millenial atau generasi Z, notabene sebagai generasi yang lebih menguasai teknologi digital sekarang ini. Menjadikannya kripto sebagai investasi populer sekarang ini. Namun bagaimana cara investasi uang kripto khususnya bagi pemula adalah sebagai berikut.

    1. Menentukan exchanger mana yang akan dipilih untuk membuka rekening kripto. Pastikan memilih exchanger yang sudah terdaftar resmi di Bappebti.
    2. Masukan dana dengan menggunakan uang fiat atau kripto tertentu sebagai deposit yang selanjutnya dapat digunakan untuk membeli aset.
    3. Membeli koin kripto dengan cara memilih koin kripto yang termasuk ke dalam 5 urutan teratas saat itu, seperti bitcoin dan ethereum.
    4. Endapkan dulu aset, kemudian lakukan analisis pergerakan pasar aset yang anda beli. Atau dilakukan di saat anda akan membeli aset pertama. Tapi untuk koin kripto yang termasuk 5 urutan teratas kemungkinan terjadi kerugian sangat minim sekali.
    5. Setelah melakukan analisis, anda bisa mulai bertransaksi, baik beli untuk menambah aset kripto ataupun menjual. Yang perlu diperhatikan jangan membeli aset koin kripto yang murah. Belilah aset yang memiliki kemungkinan peningkatan yang tinggi.
    6. Melakukan penarikan atau withdraw, di saat yang tepat. Kemudian anda dapat mengubahnya aset koin kripto ke dalam bentuk uang fiat lagi baik ke Dolar, Euro, atau Rupiah. Untuk menarik uang tersebut pergunakan dompet digital yang sama digunakan saat melakukan deposit.

    Setiap usaha tentu memiliki resiko termasuk dalam investasi kripto. Oleh sebab itu ada beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dari transaksi kripto, antara lain:

    1. Teliti dalam membeli koin kripto, pilihlah jangan membeli koin kripto murah tapi tidak memiliki potensi peningkatan yang tinggi. dan hindari membeli koin baru yang memiliki potensi keuntungan terlalu tinggi. Hal ini untuk menghindari penipuan.
    2. Jangan melakukan investasi kripto berdasarkan trend, namun pahami terlebih dahulu sesuaikan dengan resiko sebelum menentukan koin mana yang akan dibeli.
    3. Memilih beberapa koin kripto jauh lebih menguntungkan dari pada menanam modal besar pada satu jenis kripto. 
    4. Jika memilih investasi jangka panjang, Jangan mudah terpengaruh dengan fluktuasi harga yang bergerak dalam,hitungan hari dan bulan 
    5. Melakukan pemantauan setiap saat untuk di internet untuk mengetahui pasar dan hati-hati menggunakan robot perdagangan karena hingga saat ini belum ada yang dapat bekerja secara efisien.

    Baca Juga:
    Perbedaan Antara Bitcoin dan Ethereum – Bitcoin Vs Ethereum
    Jenis Jenis Cryptocurrency Sebelum Investasi Crypto
    Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis Terbukti Membayar
    6 Cara Mudah Mendapatkan Dan Menghasilkan Bitcoin

    Kelemahan Investasi Kripto

    Dengan berbagai kelebihannya, investasi kripto memiliki kelemahan dan bagi siapa pun yang tertarik terjun dalam investasi tersebut, perlu dari awal memahami resiko setidaknya menjadi parameter sebelum melakukan investasi. Berikut beberapa kelemahan investasi kripto, antara lain:

    1. Crytocurrency lahir dari teknologi digital, maka sangat rentan terkenan kejahatan cyber. Dan kalau hal ini terjadi investor sangat sulit mendapatkan aset kriptonya yang hilang.
    2. Kenaikan dan penurunan nilai tukar mata uang kripto sangat fluktuatif. Naik turunnya bisa saja cepat bahkan ekstrem maka investasi kripto termasuk memiliki karakteristik High Risk High Return.
    3. Minim regulasi walaupun sudah memiliki peraturan soal Cryptocurrency, namun masih sebatas pemberian legalitas investasi saja.
    4. Aset kripto semuanya diatur oleh sistem Blockchain. Memungkinkan tidak adanya campur tangan manusia yang membuat aturan pembatasan perdagangan. Akibatnya tidak adanya perlindungan kepada investor jika terjadi sesuatu hal atas aset kripto tersebut. 

    Semoga artikel tadi mengenai bagaimana investasi kripto ini bisa bermanfaat.

    Share jika bermanfaat
    Nawi Van
    Nawi Van

    Hanya Seorang Blogger, Internet Marketer, Trader Forex, Online Lovers dan saya senang berbagai informasi melalui media internet sebagai penghubung antar sesama.

    Articles: 96

    Berlangganan !!!

    Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan informasi update dari kami

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *