Masa Depan Uang Kripto Di Indonesia, Apakah Layak Digunakan?

Memahami prediksi dari masa depan uang kripto sangatlah penting. Hal ini bisa digunakan sebagai bahan rujukan untuk mengambil sebuah keputusan.

Faktanya, kripto menjadi salah satu pilihan investasi di era digital. Kripto telah menarik minat dari masyarakat. Terutama para investor yang ingin memperoleh pendapatan besar dari kegiatan investasinya.

Hanya saja, kepopuleran dari uang kripto ini masih belum cukup untuk membuat penggunanya leluasa dalam memanfaatkannya sebagai pendulang rupiah. Karena kenyataannya, data menunjukkan jika aset dari kripto belakangan ini anjlok ke titik paling rendah.

Lantas, mungkinkah uang kripto ini bisa memberikan jaminan atas keuntungan di masa depan? Mari cari tahu prediksi mengenai masa depan uang kripto di sini. Tetapi sebelumnya, perhatikan prinsip hingga kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

Prinsip dari Cryptocurrency

Pada dasarnya, cryptocurrency merupakan sebuah mata uang digital. Uang digital ini dimanfaatkan untuk transaksi antar pengguna tanpa harus memanfaatkan pihak ketiga.

Transaksi akan tercatat dalam sebuah blockchain. Ini semua tercatat dan dilakukan oleh penambang. Yakni, seseorang yang menjalankan server serta memverifikasi setiap transaksi. Secara umum, prinsip dari uang kripto adalah sebagai berikut:

Bagaimana Masa Depan Uang Kripto Di Indonesia ?
Bagaimana Masa Depan Uang Kripto Di Indonesia?

1.     Digital

Sederhananya, uang kripto adalah uang digital. Uang ini tidak memiliki wujud nyata layaknya uang kertas dan koin.

Meskipun begitu, uang digital ini masih bisa digunakan untuk melakukan transaksi. Contohnya untuk pembelian NFT.

Selain itu, kripto juga bisa dicairkan. Misalnya sewaktu pemiliknya memiliki aset besar dan mendapatkan keuntungan dari kegiatan miningnya, hasil keuntungan ini bisa dicairkan menjadi bentuk uang yang sah digunakan untuk transaksi secara umum.

2.     Peer to Peer

Prinsip lain dari kripto adalah diteruskan dari pengirim ke penerima. Aset tersebut didapatkan dari hasil penambangan melalui perangkat komputer. Yakni, dengan memecahkan sebuah kode matematis yang rumit.

Penambang akan mendapatkan aset tersebut. Nantinya, aset ini akan dicatat dalam sebuah server. Kemudian, dijual pada calon pembeli secara online. Dan transaksi ini akan tercatat dalam blockchain milik penambang.

3.     Global

Berbicara mengenai masa depan uang kripto, masa depannya diprediksi cukup bagus. Alasannya, prinsip dasar dari uang digital ini bisa digunakan di berbagai negara.

Hampir semua negara sudah mulai menggunakannya. Hanya Indonesia yang masih belum yakin tentang penggunaannya. Alasannya, masih ada sedikit kendala atau legalitasnya sebagai pengganti uang konvensional.

Meskipun begitu, Indonesia juga masih cukup longgar. Memungkinkan masyarakat untuk investasi di kripto.

4.     Dienkripsi

Data dari transaksi terlihat lebih transparan. Ini bisa dilihat oleh setiap orang. Data transaksi ini bisa dilihat di blockchain.

Dalam kegiatan transaksinya, pihak ketiga tidak dilibatkan. Tetapi, transaksi akan berjalan secara langsung antar pengguna.

5.     Terdesentralisasi

Prinsip lainya adalah pengelolaan aset tidak  terjadi di server pusat. Artinya, tidak ada bank yang berperan sebagai pusat penyimpanan uang.

Semua transaksi hanya akan terjadi dalam blockchain. Ini akan tercatat di sana. Dan setiap pengguna bisa melihat informasi ini sebagai barang bukti transaksi.

6.     Truthless

Uang kripto bisa dikirim secara online oleh setiap pengguna. Pengiriman uang ini tidak membutuhkan pihak ketiga sebagai pendistribusi. Jadi, pengiriman ini terbilang lebih efektif dan tidak memakan biaya.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis Terbukti Membaya 2023

Kelebihan dan Kekurangan Uang Kripto

Sejauh ini, masa depan uang kripto di Indonesia masih belum cukup bagus. Karena, uang kripto masih belum cukup untuk menjadi alat pembayaran yang diterima secara umum. Khususnya di tanah air.

Meskipun begitu, kripto tetap menjadi pilihan dari sebagian orang. Ini tidak lepas dari kelebihan yang dimilikinya. Tetapi, ada juga kekurangan di baliknya. Berikut ini penjelasannya.

1.     Kelebihan Uang Kripto

Ada beberapa kelebihan dari cryptocurrency. Di antara kelebihan yang membuat orang tertarik menggunakannya sebagai berikut:

·   Bisa digunakan untuk transaksi kapan pun dan di mana pun

·   Dinilai lebih tahan terhadap inflasi moneter lantaran tersedia secara terbatas

·   Uang kripto lebih transparan, cepat dan praktis

·   Uang kripto ini terlindungi dari pencurian identitas

2.     Kekurangan Uang Kripto

Dibalik kelebihannya, ada sederet kekurangan dari uang kripto yang harus dipahami oleh seseorang. Di antara kelemahannya sebagai berikut:

·   Masih belum berlaku untuk transaksi jual beli di Indonesia

·   Volatilitas lebih tinggi yang memungkinkan nilainya turun atau naik dengan tajam secara tiba-tiba

·   Rawan terhadap aktivitas ilegal lantaran tidak menggunakan identitas asli

Masa Depan dari Uang Kripto Menurut Pakar

Beberapa pakar memberikan prediksi mengenai masa depan uang kripto sebagai alat pembayaran. Tentunya, ini bisa memberikan gambaran tentang bagaimana kinerja dari uang kripto itu sendiri.

Baca Juga:
Kenali Lebih Jauh Jenis Jenis Cryptocurrency Sebelum Investasi Crypto
Prospek Investasi Kripto, Cek Dulu Apa Saja Kelebihan dan Kelemahanya
Perbedaan Antara Bitcoin dan Ethereum – Bitcoin Vs Ethereum

Di Indonesia sendiri, sudah ada ketetapan dari Gubernur BI yang memberikan penjelasan terkait aset kripto. Yakni, uang kripto tidak bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang sah di tanah air.

Alat pembayaran yang sah dan diterima di Indonesia hanyalah rupiah. Meskipun begitu, pemerintah tidak melabelinya sebagai uang yang ilegal. Karena, kripto masih bisa disimpan dan diperjualbelikan sebagai aset.

Sementara pendiri kripto FTX, Sam Bankman Fried menjelaskan jika kripto seperti Bitcoin tidak memiliki masa depan sebagai jaringan pembayaran. Tetapi, kripto memiliki masa depan sebagai aset, komoditas hingga penyimpan nilai layaknya emas.

Begitu pula dengan pendiri aset kripto Ethereum, Vitalik Buterin. Buterin menilai jika kripto bisa menggantikan emas sebagai alat untuk melindungi nilai.

Buterin menilai jika masa depannya akan lebih pasti dengan adopsi yang banyak dikerjakan. Adapun gejolak mengenai naik turunnya nilai dipandang seperti emas dan pasar saham.

Itulah kurang lebih informasi mengenai masa depan uang kripto. Meskipun nilainya terus merosot, tetapi nilainya diperkirakan akan melonjak dan bisa menggantikan peran emas sebagai penyimpan nilai di masa depan.

Share jika bermanfaat
Nawi Van
Nawi Van

Hanya Seorang Blogger, Internet Marketer, Trader Forex, Online Lovers dan saya senang berbagai informasi melalui media internet sebagai penghubung antar sesama.

Articles: 96

Berlangganan !!!

Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan informasi update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *