Inilah Tren Marketing Yang Bisa Meroketkan Bisnis Anda!

Tren marketing selalu berubah. Perubahannya begitu cepat sehingga mengharuskan pemasar untuk segera menyesuaikannya. Karena, menjadi yang terdepan dengan pemanfaatan strategi pemasaran yang baru memungkinkan bisnis bisa lebih maju.

Betapa tidak, keberhasilan dalam dunia pemasaran amat bergantung pada strategi yang relevan di setiap waktunya. Relevansi inilah yang harus dipertimbangkan oleh setiap tenaga pemasaran.

Sebagai tenaga pemasar, sudah semestinya Anda meneliti sebuah tren pemasaran yang sedang berjalan. Meskipun tidak harus mengikuti trend, tetapi menemukan strategi terbaru yang relevan dan cocok dengan bisnis Anda layak untuk dipertimbangkan.

Jika Anda punya harapan untuk meroketkan bisnis, evaluasilah strategi pemasaran yang Anda gunakan. Misalnya apakah sudah usang ditelan waktu atau masih relevan. Jika sudah usang, menggantinya menjadi pilihan yang bijaksana.

Pada kesempatan kali ini, kami akan menunjukkan beberapa tren marketing yang layak untuk dipertimbangkan. Tentunya, bisa dijadikan strategi untuk meroketkan bisnis.

Inilah Tren Marketing 2023

Tren Marketing 2023 - IndoBo.com
Tren Marketing 2023 – IndoBo.com

Marketing Lewat Video Berdurasi Singkat

Teknik pemasaran melalui video berdurasi pendek ternyata memberikan manfaat yang luar biasa. Bahkan, strategi ini cukup menggemparkan di dunia pemasaran.

Alasannya video berdurasi pendek ini justru menarik perhatian dari audiens. Audiens bisa menyelesaikan nonton video tersebut. Tentunya, audiens akan menyimpan informasi yang dilihat secara sekilas tersebut.

Kunci keberhasilan dari pemasaran video terletak pada bagaimana Anda membuatnya terlihat menonjol. Pastikan bahwa video tersebut bisa menyampaikan pesan/informasi yang mudah diingat oleh pemirsanya.

Ketika video tersebut disukai oleh pemirsa, video tersebut bisa dibagikan berulang ke pemirsa lainnya. Pada akhirnya, brand atau pesan yang Anda sampaikan dalam video akan sampai pada pemirsa yang lebih besar.

Menariknya lagi, video berdurasi pendek ini lebih hemat ruang. Maksudnya, tidak menghabiskan bandwidth.

Pemasaran Melalui Podcast

Podcast menjadi salah satu tren marketing yang baru. Podcast ini mendistribusikan konten apa pun. Bisa mendistribusikan konten bermerek yang memungkinkan pemirsa dapat mengenali informasi tersebut.

Pemasaran melalui podcast sendiri terbilang cukup menjanjikan. Pasalnya, pemirsa sangat dilibatkan dalam podcast.

Keterlibatan pemirsa inilah yang membuat segala bentuk informasi dapat tersampaikan. Terlebih, pemirsa mendengarkan sebuah podcast lantaran butuh sebuah konten orisinil yang berbobot.

Artinya, pendengarnya merupakan orang yang tertarget. Ketika Anda bisa memaksimalkan podcast sebagai media pemasaran, bisnis Anda tentunya akan lebih mudah untuk berkembang.

Jika sebelumnya podcast belum dimaksimalkan oleh sebagian pelaku bisnis, tampaknya media ini bakalan booming untuk tahun depan. Bahkan, berbagai jenis bisnis bisa masuk ke dalamnya.

Setidaknya, pelaku bisnis bisa memberikan value lebih terkait merek yang dimilikinya. Kemudian, membangun kepercayaan melalui interaksi yang lebih intim dengan pelanggan.

Marketing Lewat Influencer

Tren marketing yang terus menunjukkan kemajuan adalah pemasaran influencer. Pemasaran jenis ini nyatanya memberikan kemudahan bagi marketer untuk melakukan tugasnya.

Influencer ini bisa membuka pintu yang lebih luas untuk meningkatkan kesadaran merek dari suatu brand. Di samping itu, pengaruh dari influencer ini pun bisa meningkatkan penjualan di suatu bisnis.

Kolaborasi antara pemasar dan influencer inilah yang dipercaya masih akan bertahan hingga beberapa tahun ke depan. Terlebih, nama besar dari seorang influencer memang cukup untuk mempengaruhi perilaku dari target pasar Anda.

Jika ingin melibatkan seorang influencer, Anda membutuhkan anggaran untuk menyewa jasanya. Besar kecilnya biaya amat bergantung pada jumlah follower hingga kemampuan dari influencer itu sendiri.

Meskipun begitu, Anda perlu lebih selektif dalam memilihnya. Karena, jumlah pengikut bukan satu-satunya parameter untuk menilai sebuah keberhasilan dari influencer.

Parameternya adalah tingkat keterlibatan. Ini bisa berupa klik, langganan hingga pembelian. Anda perlu melihat tingkat ini untuk menilai seberapa jauh influencer dapat membantu pekerjaan Anda.

Baca Juga:
Strategi Marketing Lewat Media Sosial yang Bisa Dicoba
Memaksimalkan Sosial Media Marketing untuk Meningkatkan Penjualan
10 Trend Pemasaran Online di Tahun 2023

Instant Gratification

Salah satu tren marketing yang layak dipertimbangkan adalah instant gratification. Istilah ini mengacu pada kesenangan atau kepuasan secara instan.

Sederhananya, konsumen bisa memperoleh apa yang diinginkannya tanpa delay. Semua yang diharapkan bisa segera terwujud tanpa harus menunggu waktu lebih lama lagi.

Dalam hal ini, marketer tentu harus merumuskan tentang bagaimana strategi untuk membuat pelanggannya tidak menunggu waktu terlalu lama. Caranya bisa dengan mempermudah alur dari berbelanja hingga memberikan pelayanan yang jauh lebih cepat.

Ketika ini bisa dilakukan, pelanggan bisa memperoleh kepuasan. Pada akhirnya, pelanggan akan mempercayakan segala kebutuhannya di tempat bisnis Anda.

Pemasaran Interaktif

Ini merupakan salah satu tren marketing yang paling menjanjikan. Pasalnya, keterlibatan dari pelanggan sangat besar. Memungkinkan konsumen terus dijaga hubungannya sehingga retensi pelanggan semakin nyata.

Pemasaran jenis ini biasanya menggabungkan berbagai elemen interaktif dalam konten pemasarannya. Ini bisa berupa kuis yang bisa dimainkan hingga jajak pendapat.

Kampanye pemasaran ini pun harus dipilih sesuai dengan target pasar. Tepatnya, menentukan jenis konten yang mana bisa digunakan oleh target pasar secara sempurna.

Contohnya adalah membuat sebuah game atau tantangan yang bisa dijalankan oleh pelanggan. Di akhir tantangan, pelanggan yang berhasilkan menuntaskan berhak memperoleh hadiah.

Pemasaran Omnichannel

Pemasaran jenis ini pun masih menjadi andalan dari setiap marketer. Jenis pemasaran ini memanfaatkan semua saluran untuk menjangkau pelanggan utamanya.

Pelanggan bisa menggunakan berbagai jenis saluran untuk mengakses masuk ke sebuah website. Tepatnya, menghubungi pelanggan untuk memenuhi kebutuhannya.

Contohnya adalah dengan penggabungan seperti chatbot, media sosial hingga email marketing. Semuanya digunakan oleh marketer untuk meningkatkan engagement dari pelanggan.

Baca Juga: Pakai Aplikasi Email Marketing agar Penjualan Meningkat

Itulah beberapa tren marketing yang masih worth it. Bahkan bisa menjadi strategi pemasaran untuk menjangkau pelanggan yang masih sangat relevan. Artinya, tingkat keberhasilan untuk memajukan bisnis masih sangat tinggi.

Share jika bermanfaat
Nawi Van
Nawi Van

Hanya Seorang Blogger, Internet Marketer, Trader Forex, Online Lovers dan saya senang berbagai informasi melalui media internet sebagai penghubung antar sesama.

Articles: 96

Berlangganan !!!

Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan informasi update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *