Kenali Lebih Jauh Jenis Jenis Cryptocurrency Sebelum Investasi Crypto

Cryptocurrency telah membuat banyak perubahan di dunia seperti yang kita kenal. Tahun-tahun sebelumnya yang lalu, ide tentang mata uang digital tampaknya tidak masuk akal sebagai alat pembayaran legal yang tidak ada dalam bentuk nyata apa pun. Kebayang gak itu?

Namun, alhasil kenyataannya saat ini tentu saja jauh lebih dari dibayangkan sebelumnya.

Saat ini Cryptocurrency macam Bitcoin telah menjadi lebih dari sekadar bentuk mata uang digital yang digunakan oleh individu yang digunakan untuk trading dan berbelanja di website dengan mudah.

Sebaliknya, Bitcoin dan jenis jenis cryptocurrency lainnya telah menarik bagi kami untuk menganalisa kembali hubungannya dengan uang.

Tidak seperti mata uang fiat (currency) yang memperoleh nilainya dari aset dasar yaitu emas, sedangkan kripto sepenuhnya digital dan tidak ada dalam bentuk fisik.

Karena sifatnya yang terdesentralisasi, cryptocurrency sebagian besar tidak terpengaruh oleh faktor eksternal seperti politik dan ketidakstabilan pemerintah dan sejenisnya.

Karena itu melalui mekanisme ini, penilaian cryptocurrency diatur sepenuhnya oleh pasar bebas.

Akibatnya, kita telah melihat bagaimana Bitcoin dan koin krypto lainnya yang harganya meledak seperti kejadian tahun sebelumnya dan tahun ini.

Sebagian besar investor yang ingin melindungi nilai asset mereka terhadap nilai asset investasi lainnya, mereka telah beralih ke cryptocurrency sebagai penyimpan asset masa depan terbaik.

Ada apa dengan mata uang digital misterius ini yang membuat semua orang bingung tetapi menarik? Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini:

Ada Berapa Jenis Cryptocurrency?

Sebelum kita menganalisa lebih dalam tentang cryptocurrency, pertama-tama kita harus tahu dulu tentang berapa banyak jenis cryptocurrency yang ada di pasar.

Pada 2021 per September, ditentukan total kurang lebih 6.500 jenis cryptocurrency koin yang beredar.

Untuk investor baru, ini bisa menjadi peluang luar biasa pada. Karena sifat cryptocurrency yang tidak diatur berarti bahwa hampir semua orang bebas mengeluarkan cryptocurrency mereka sendiri.

Bahkan Facebook dan seluruh negara telah mengikuti ritme kripto untuk memanfaatkan perkembangan baru ini.

Namun, mengingat sifat industri kripto yang sangat fluktuatif, tidak semua berhasil bahkan banyak proyek crypto baru ini hancur sebelum berhasil diluncurkan dipasaran.

Jadi, jika Anda berpikir ingin berinvestasi di crypto, sebaiknya Anda pertimbangkan dan tetap berpegang pada konsep dasar-dasarnya.

Misal, Cryptocurrency mapan seperti Bitcoin dan Ethereum telah teruji oleh waktu dan merupakan investasi yang cukup solid dan dapat jadi bahan pertimbangan saat ingin berinvestasi di crypto.

Jika kita mengingat kembali dimana tahun 2017 market Crypto harganya meroket (Bubble). Banyak investor amatir membuat kesalahan dengan mencoba memanfaatkan pasar yang bergejolak.

Akibatnya, sebagian besar mereka yang pemula biasanya berakhir dengan kerugian besar dan tidak bisa berasap dapurnya alias bangkrut 7 turunan.

Baca Juga: Perbedaan Antara Bitcoin Dengan Ethereum

Apa Saja Jenis Jenis Mata Uang Kripto?

Jenis jenis koin kripto

Sekarang setelah Anda memiliki sedikit gambaran tentang cara kerja mata uang kripto, mari kita lihat jenis mata uang kripto yang tersedia di pasar.

Mengingat banyaknya cryptocurrency baru yang sedang dikembangkan, kami telah memilih untuk menyertakan contoh yang paling relevan di sini.

1. Bitcoin

Dianggap oleh banyak orang sebagai induk crypto yang memulai dunia perkriptoan, Bitcoin dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto yang misterius pada tahun 2009 setelah krisis subprime mortgage.

Dalam makalahnya, Nakamoto berpendapat bahwa sifat cryptocurrency yang tidak diatur dan persediaan terbatas yang tersedia memastikan bahwa Bitcoin akan menjadi bukti inflasi.

Dalam beberapa tahun terakhir, Bitcoin telah menjadi primadona dengan meningkatnya penerimaan Bitcoin di seluruh dunia.

Kemampuan Bitcoin untuk memfasilitasi transfer dana dengan cepat ke bagian dunia mana pun telah menjadi pengubah permainan dipasar Cryptocurrency.

Baca Juga:
Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis Dan Terbukti Membayar Di Tahun 2021
5 Cara Menghasilkan Bitcoin Dengan Mudah

2. Ethereum

Ethereum adalah salah satu cryptocurrency populer yang menjadi terkenal bersama Bitcoin.

Crypto paling populer kedua di belakang Bitcoin, Ethereum digambarkan sebagai platform open-source untuk aplikasi dan projek terdesentralisasi.

Tidak seperti Bitcoin yang terutama digunakan sebagai alat tukar, Ethereum dibangun di atas teknologi Bitcoin dengan menawarkan fungsionalitas yang ditingkatkan.

Selain memfasilitasi pembayaran, Ethereum juga dapat digunakan untuk mengembangkan transaksi yang dapat diprogram.

Hal ini telah digunakan dan berdampak efek luar biasa untuk pembuatan kontrak cerdas (smart contract) yang didukung oleh Ethereum.

Kontrak ini dapat berfungsi secara mandiri dan membuat keputusan berdasarkan parameter yang telah ditentukan sebelumnya.

Misalnya, kontrak cerdas dapat diprogram untuk memulai shorting saham atau mata uang ketika harga naik dalam jumlah tertentu.

Ini juga dapat digunakan untuk mengambil posisi long term (jangka panjang) secara otomatis ketika harga aset tertentu jatuh.

3. Tether

Ketidakstabilan yang melekat pada pasar kripto telah membuat investor enggan mengambil mata uang seperti Bitcoin.

Mengingat bagaimana kondisi pasar dapat berubah dalam sekejap, jutaan dapat diperoleh atau hilang hanya dalam beberapa detik.

Karena berdasarkan hal inilah telah memunculkan pengenalan apa yang disebut stablecoin.

Jenis cryptocurrency berbeda yang mematok nilainya dengan mata uang dunia nyata atau aset lainnya.

Tether dirancang untuk secara khusus menjembatani kesenjangan antara mata uang fiat (currency) dan cryptocurrency.

Dengan mengelompokkan nilainya dengan USD, Tether mampu mempertahankan valuasi yang cukup stabil selama bertahun-tahun.

4. Bitcoin Cash

Dikenal sebagai altcoin atau mata uang kripto alternatif, Bitcoin Cash sangat dekat dengan Bitcoin tradisional. Inilah yang menjadikan perbedaan antara Bitcoin dan Bitcoin Cash.

Bitcoin Cash memegang perbedaan historis karena telah berhasil menyelesaikan hard fork Bitcoin relatif lebih awal. Hard fork terjadi ketika perubahan radikal dilakukan pada jaringan blockchain.

Dalam kasus Bitcoin Cash, ukuran blok ditingkatkan yang memungkinkan lebih banyak transaksi diproses dalam periode waktu yang lebih singkat.

5. Bitcoin SV

Cabang lain dari Bitcoin, Bitcoin Satoshi Vision atau SV membawa Bitcoin kembali ke akarnya dengan memulihkan protokol Bitcoin asli.

Hal ini dilakukan dengan maksud agar tetap stabil setiap saat. Semuanya akan memungkinkan para penambang untuk merencanakan kegiatan penambangan mereka dengan lebih baik.

6. Koin Binance

Tidak seperti mata uang kripto lainnya, koin Binance digunakan untuk membeli dan menjual kripto murni di bursa mata uang kripto Binance.

Akan tetapi seiring perkembangannya, Binance Coin saat ini dapat dijumpai dibanyak market krypto di dunia untuk diperdagangkan dan dijadikan asset investasi.

7. Litecoin

Salah satu pesaing utama Bitcoin adalah Litecoin. Menambang Litecoin cukup menarik, karena penambang pertama yang berhasil memverifikasi satu blok diberi hadiah 50 litecoin.

Perbedaannya dengan pesaingnya adalah Litecoin menghasilkan lebih banyak koin dan memiliki kecepatan transaksi yang lebih cepat.

8. Monero

Daya tarik utama Bitcoin dan cryptocurrency lainnya terletak pada sifatnya yang terdesentralisasi dan tidak diatur yang memungkinkan transaksi anonim.

Namun tindakan keras pemerintah dan kemajuan teknologi berarti bahwa cryptocurrency tidak lagi menawarkan perlindungan seperti itu.

Monero bertujuan untuk menyelesaikan masalah itu karena fokusnya pada enkripsi aman dan langkah-langkah keamanan lainnya.

9. Libra

Awalnya dimaksudkan untuk menjadi kontribusi pertama Facebook ke pasar kripto, analis mengantisipasi bahwa Libra akan mengubah dunia seperti yang dilakukan Bitcoin.

Didukung oleh jutaan pengguna dan dengan jangkauan yang benar-benar global, Libra mewakili masa depan cryptocurrency.

Namun, pengawasan pemerintah dan persyaratan peraturan telah menghambat rencana untuk rilis 2020.

Kesimpulan Jenis Jenis Coin Crypto

Cryptocurrency memiliki banyak jenis sebenarnya yang kami gak bisa jelaskan semuanya., tergantung penggunaannya untuk apa dan bagaimana.

Jenis-jenis kripto diatas hanya sebagian kecil dari banyaknya jenis cryptocurrency yang beredar di dunia.

Akan tetapi, penjelasan diatas bisa membuka sedikit wawasan kita tentang beragamnya jenis-jenis koin kripto. Semoga bermanfaat.

Share jika bermanfaat
Default image
Nawi Van
Hanya Seorang Blogger, Internet Marketer, Trader Forex, Online Lovers dan saya senang berbagai informasi melalui media internet sebagai penghubung antar sesama.
Articles: 82

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply