Affiliate Marketing adalah sebuah cara bagi pebisnis online perseorangan ataupun perusahaan (merchant) menjual produknya dengan bantuan orang lain melalui website, blog, media sosial dan lain – lain untuk dipasarkan dengan ketentuan mendapatkan komisi dari hasil penjualan, impression, dan bahkan hanya sekedar memberikan traffik ke sebuah website bisnis online.

Banyak perusahaan bisnis online yang menjual produknya seperti produk fisik dan jasa dengan menawarkan program affiliate marketing.

Anda dapat mendaftar dan mendapatkan url khusus sebagai link identitas unik, gunanya sebagai link affiliate untuk merekomendasikan produk situs bisnis online yang anda ikuti sehingga ketika seseorang tertarik dengan membeli produk atau hanya memberikan traffik ke situs bisnis tersebut maka anda berhak mendapatkan komisi.

Ada dua cara untuk pendekatan affiliate marketing:

  • Anda dapat menawarkan program affiliate untuk orang lain,
  • Anda dapat mendaftar untuk menjadi affiliate bisnis online orang lain.

Istilah umum terkait dengan affiliate marketing:

1. Advertiser adalah seseorang, organisasi dan perusahaan yang mengiklan produknya biasanya melalui blog, media social dan website.

2.  Publisher dikenal sebagai affiliate (reseller) adalah seseorang yang mempromosikan produk dan jasa dari pengiklan (advertiser) dengan syarat mendapatkan komisi melalui promosi, tampilan iklan di blog, website, media sosial, penjualan dan rujukan lalu lintas ke situs bisnis.

Publisher menampilkan iklan, link teks, atau link produk di situs webnya, promosi melalui e-mail, dan dibayar berupa komisi oleh advertiser yang bersangkutan jika pengunjung mengambil tindakan seperti mengisi formulir, membuat pembelian atau berlangganan ke layanan tertentu.

3. Affiliate ID mirip dengan link afiliasi, tapi banyak program affiliate menawarkan ID unik yang dapat ditambahkan ke setiap halaman produk yang anda pasarkan.

4. Affiliate Software adalah memasarkan berupa perangkat lunak berupa penjualan produk, komisi didapatkan melalui produk yang digunakan dan terjual.

5. Affiliate Marketplace adalah situs e-commerce online dimana produk atau layanan jasa disediakan oleh pihak ketiga sementara transaksi diproses oleh admin situs e-commerce tersebut.

Beberapa marketpleace terkenal di Indonesia antara lain; Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Blanja dll. Anda dapat menjual produk langsung atau menjadi reseller dropshipping dengan sistem affiliate melalui situs marketplace tersebut.

6. Affiliate link adalah link pelacakan khusus yang diberikan oleh program afiliasi untuk melacak kemajuan promosi afiliasi anda.

7. Tipe Pembayaran; beberapa program afiliasi menawarkan metode pembayaran yang berbeda-beda. Sebagai contoh: cek, bank transfer, payment processor seperti Paypal, Bitcoin, Payza, Perfect Money dan lain sebagainya.

8. Affiliate Manajer: Banyak merchant affiliate memiliki manajer affiliate yang tugaskan membantu penerbit (publisher) untuk mendapatkan keuntungan lebih dari hasil pemasaran dan penjualan dengan memberikan tips dan tirk optimasi.

9. Persentase Jumlah Komisi; Jumlah atau persentase yang anda dapatkan dari setiap hasil penjualan afiliasi.

10. Landing Pages merupakan halaman produk atau halaman khusus untuk mempromosikan produk yang hendak anda jual.

11. Link Clocking merupakan link yang diberikan oleh merchant affiliate berupa url panjang atau link tidak beraturan. Biasanya affiliate marketer menggunakan jasa link shortener untuk membuat link affiliate tampak pendek dan mudah diingat.

12. Kupon kustom lebih dikenal dengan kode kupon; banyak program affiliate memungkinkan untuk membuat kupon kustom juga digunakan untuk melacak penjualan.

Kupon kode diskon membantu Anda untuk meningkatkan penjualan affiliate dengan memberikan diskon-diskon tertentu.

Baca Juga: Tips Sukses Berbisnis Toko Online

Sebuah Merchant yang menjual barang atau jasa secara online biasanya menggunakan beberapa model program affiliate seperti:

  • Cost Per Sale – Cost Per Action (CPA)

Cost per sale atau biasa disebut cost per action adalah mendapatkan komisi berupa pembayaran untuk setiap penjualan yang dihasilkan oleh publisher.

  • Cost Per Lead (CPL)

Mendapatkan komisi dari hasil pengunjung yang melengkapi formulir berupa pendaftaran atau langganan (subscribe).

  • Cost Per Click (CPC)

Mendapatkan komisi dari nilai setiap iklan yang mendapatkan klik dari pengunjung dengan menampilkan banner baik berupa gambar, text atau link pada blog/website.

Baca Juga: Peluang Bisnis Online Rumahan 2019 Yang Menarik Untuk Dicoba

Dengan mengikuti program affiliate marketing memungkinkan anda mendapatkan penghasilan tambahan disamping kerjaan pasti anda.

Anda dapat memulai mendapatkan uang dari blog atau website dengan bergabung di salah satu program affiliasi.

Banyak merchant bisnis online menawarkan program affiliate sebagai cara mendapatkan pengunjung dan pembeli bagi produk-produk yang mereka miliki.

Bisnis online tersebut akan memberikan komisi kepada anda berdasarkan hasil pemasaran yang anda lakukan.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Affiliate Marketing

Demikian artikel Mengenal Affiliate Marketing dan istilah dalam affiliate marketing, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Di Internet 2019