Tips Mendapatkan Uang Dari Membuat Aplikasi Android

Faktanya, Anda bisa mendapatkan uang dari membuat aplikasi android yang telah dibuat. Pendapatannya bergantung pada sumber penghasilan yang Anda ikuti. Salah satunya ialah mengikuti program admob.

Admob sendiri merupakan program periklanan yang ditujukan untuk perangkat seluler. Orang-orang yang bisa menciptakan sebuah aplikasi bisa berpartisipasi ke dalam program tersebut. Dan penghasilan yang didapatkan akan sangat menjanjikan.

Pertanyaannya ialah bagaimana cara Anda mendaftar dan mengikuti program admob tersebut? Berikut, kami rangkum panduannya secara sederhana.

Langkah Langkah Mendapatkan Uang Dari Aplikasi Android

Mendapatkan uang di android

1. Buat Aplikasi Android

Karena Anda ingin mendapatkan uang dari membuat aplikasi android, langkah pertamanya ialah membuat aplikasi terlebih dahulu. Untuk pembuatannya, Anda memang perlu memahami bahasa pemograman.

Bekalan bahasa pemograman yang baik, Anda bisa merilis sebuah aplikasi yang menarik dan bisa dioperasikan di perangkat android. Jenisnya juga beragam. Mulai dari aplikasi game, terjemah bahasa dan lain sebagainya.

Alternatif lain jika Anda tidak mengerti program, bisa juga dengan memanfaatkan web pembuat aplikasi online seperti appsmakers, appypie atau sudah punya website dan ingin mengkonversi ke webview.

Baca Juga: Inilah Cara Mendapatkan Uang Dari Aplikasi Android Yang Kita Buat!

2. Buat Akun Admob

Langkah selanjutnya ialah mendaftarkan diri ke akun admob. Ini penting dilakukan. Pasalnya, admob inilah yang nantinya dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Untuk melakukannya, penuhi persyaratan yang ditetapkan. Kemudian, daftarkan aplikasi yang telah dibuat ke dalam akun tersebut.

Jika aplikasi Anda bagus, Anda lebih mudah untuk melakukan monetize. Bahkan, Anda juga bisa memperoleh penghasilan yang luar biasa.

3. Kaitkan Aplikasi Dengan Firebase

Menghubungkan aplikasi dengan firebase juga menjadi tahapan yang harus dilewati oleh setiap pengembang. Pengaitanya diharapkan bisa memancing iklan. Lebih tepatnya untuk mempermudah sistem pengoperasiannya.

Pada tahapan ini, Anda akan diminta untuk melakukan konfigurasi. Lantas, Anda disarankan untuk melakukan pendownloadan Firebase SDK. Langkahnya akan terlihat jelas pada proses ini.

4. Mengimpor Mobile Ads DSK

Tahapan mendapatkan uang dari membuat aplikasi android selanjutnya ialah menyematkan dependensi ke dalam android mobile ads library. Lanjutkan dengan pengimporan ke file Gradle module.

Selesai mengimpor data, simpanlah dan sinkronkan dengan Gradle. Biasanya, Anda akan menemukan pesan yang menjelaskan tentang permintaan pemasangan. Kali ini, Anda tinggal menyetujui saja.

5. Memperbarui Android Manifest.xml

Langkah selanjutnya ialah memasukkan ID Aplikasi Admob ke dalam Android Manifest.xml. Caranya dengan menambahkan tag . ID sendiri dimasukkan ke dalam tanda kutip.

Pastikan untuk memasukkan datanya dengan benar. Jika pemasangannya benar, file tersebut akan berhasil. Sebaliknya jika salah memasukkan, ada pesan error yang menjelaskan tentang hal tersebut. Segera perbaiki dengan memeriksa ID tersebut.

6. Menginstal SDK

Tahapan ini sangat penting untuk pemanggilan iklan. Aplikasi tidak bisa memuat iklan jika Anda belum menginstall SDK. Untuk itulah, pastikan Anda melakukan inisialisasi mobile ADS SDK.

Untuk pemanggilannya, cukup panggil dengan mobileads.initialize ( ). Tentunya dengan menambahkan ID Aplikasi yang dimiliki dalam admob.

7. Memilih Jenis Iklan

Inisialisasi SDK biasanya hanya dilakukan sekali. Ini sebagai langkah awal untuk menyiapkan iklan. Jika sudah dilakukan, Anda akan dihadapkan pada berbagai format iklan yang bisa dipilih.

Salah satunya ialah iklan banner. Iklan ini berisi dengan gambar dan teks. Biasanya akan tayang ketika pengguna aplikasi mulai membukanya. Bahkan, iklan ini akan diperbarui setiap beberapa menit.

Anda hanya perlu memilih jenis iklan yang dinilai cocok. Iklan inilah yang nantinya akan menjadi sumber penghasilan.

Agar penghasilan lebih maksimal, usahakan agar aplikasi Anda bisa ditemukan dengan mudah oleh pengguna android. Salah satunya ialah rajin untuk membagikannya ke berbagai platform media sosial.

Baca Juga: Tutorial Terbaru Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Kesimpulannya, mendapatkan uang dari aplikasi android bisa diwujudkan dengan mendaftarkan pada program admob. Kuncinya ialah memiliki aplikasi yang banyak dibutuhkan, lantas dimonetize dengan iklan admob.

Default image
Nawi Van
Hanya Seorang Blogger, Internet Marketer, Trader Forex, Online Lovers dan saya senang berbagai informasi melalui media internet sebagai penghubung antar sesama.

Newsletter Updates

Enter your email address below to subscribe to our newsletter

Leave a Reply