Google Web Mail Service adalah kepanjangan dari Gmail. Gmail adalah layanan surat elektronik (email) dengan fitur lengkap dan gratis. Google memberikan kemudahan bagi siapapun yang ingin memiliki email dan dapat mendaftar untuk membuat akun email baru di Gmail. Gmail bisa menjadi pilihan fleksibel karena dapat diakses dari komputer/Laptop, Smartphone, Handphone manapun yang memiliki akses internet.

Beberapa Fitur Gratis dari Gmail adalah:

  • Penyimpanan hingga 15 GB gratis: Gmail memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup banyak sekitar 15 (GB) Giga Byte termasuk Google Drive dan Google Plus, jadi bagi pengguna Gmail tidak perlu khawatir untuk over kapasitas apalagi hanya digunakan untuk keperluan menerima email, mengirim pesan bahkan menyimpan file.
  • POP dan IMAP gratis: Gmail memiliki fitur Post Office Protocol (POP) dan Internet Message Access Protocol (IMAP) yang memungkinkan dapat digunakan dengan menghubungkan email software klien seperti Microsoft Outlook, Apple Mail, Mozilla Thunderbird atau Eudora dan email software klien lainnya.
  • Mail Search: dengan fitur search (pencarian) Gmail memudahkan mencari email yang anda inginkan, baik yang berada pada folder inbox email, receive, draft, trash (sampah), spam/junk bahkan pada folder label email.
  • Label: fungsi fitur label Gmail dapat mengelompokkan pesan dalam berbagai kategori, misalnya Teman, Keluarga, Bisnis, dan lain sebagainya sesuai keinginan anda.
  • Spam Filter: fitur spam filter memungkinkan email aman dari serangan yang membahayakan seperti email phising, malware document dan lain-lain.
  • Email Preview: Fitur email preview dapat diaktifkan melalui Gmail labs, memungkinkan anda melihat pratinjau hal-hal seperti video, dokumen , pesan suara , dan gambar dalam email jika dikirim dari layanan tertentu. Misalnya , jika salah satu dari kontak anda mengirim pesan dengan alamat di dalamnya, maka Google Maps Preview Lab akan secara otomatis menunjukkan alamat pada peta tersebut.
  • Undo Send: fitur undo send memungkinkan anda membatalkan email yang hendak dikirim yang disebabkan kesalahan penulisan, tujuan pengiriman, dan lain-lain.

Fitur Gmail diatas adalah sebahagian dari beberapa fitur gratis yang diberikan oleh Gmail. Anda dapat mengaktifkan fitur tersebut melalui Gmail Labs. Baik, sesuai judul postingan artikel ini maka saya akan melanjutkan dengan menjelaskan bagaimana membuat akun Gmail dengan mudah.

Baca Juga:
Cara Mudah Mendapatkan Bitcoin Gratis
4 Fungsi Fitur Google Drive Yang Perlu Anda Ketahui

NB: Sebelum membuat email baru sebaiknya bersihkan data browser yang anda gunakan, hal ini untuk menghindari verifikasi no handphone (Hp) dari google. Anda dapat melihat tutorial video berikut untuk jelasnya.

Langkah-Langkah Mendaftar dan Membuat Akun Email di Gmail Tanpa Verifikasi Handphone:

1. Buka browser (Chrome/Mozilla/Internet Explorer) anda kemudian masuk ke http://mail.google.com/mail/.

Tutorial Gmail - Cara Membuat Email Google Gratis
Gambar diambil dari Screenshoot Gmail

2. Klik pada Gmail di bagian bawah halaman form “Buat Akun“.

Tutorial Gmail - Cara Mendaftar Email Google Gratis
Gambar diambil dari Screenshoot Gmail

3. Untuk membuat akun baru, Google membutuhkan beberapa informasi tentang anda seperti:

  • Nama (Nama Depan dan Nama Belakang).
  • Pilih nama email yang anda inginkan, misal indobotutorial tanpa menuliskan “@gmail.com” dibelakang nama email yang anda inginkan.
  • Tuliskan kata sandi sesuai keinginan (sebaiknya menggunakan huruf besar/kecil, angka, karakter spesial ataupun simbol agar lebih aman).
  • Ulangi kata sandi anda sama seperti kata sandi sebelumnya.
  • Masukkan tanggal lahir, bulan dan tahun kelahiran anda.
  • Pilih jenis kelamin (Gender) anda “Pria atau Wanita”.
  • Masukkan no handphone/ponsel (aktif) anda.
  • Masukkan alamat email yang telah anda miliki (jika pernah membuat sebelumnya) atau dapat mengosongkan form tersebut.
  • Centang verifikasi capcha (anti bot) lalu tuliskan sesuai yang tertera di gambar/teks.
  • Pilih lokasi (negara) anda misal, Indonesia.
  • Centang Agreement atau Persyaratan Persetujuan.
  • Klik tulisan “Langkah Berikutnya“.
Tutorial Gmail - Cara Membuat Email di Gmail Gratis
Gambar diambil dari Screenshoot Gmail

4. Klik “Lanjutkan Ke Gmail” untuk masuk ke kotak pesan Gmail anda.

Tutorial Gmail - Cara Membuat Email Baru di Gmail Gratis
Gambar diambil dari Screenshoot Gmail

5. Sekarang email anda siap digunakan. Ikuti tour dari Google Mail (Gmail) untuk mengetahui penggunaan lebih jauh atau langkahi bagian tersebut.

Selamat anda telah memiliki akun email baru dan siap digunakan, demikian tutorial mendaftar dan membuat akun email gmail baru tanpa verifikasi handphone, Terima Kasih.

Baca Juga: 5 Ide Kreatif Untuk Memulai Bisnis Online Yang Menguntungkan