Salah satu persyaratan atau cara untuk memulai mendapatkan bitcoin adalah membuat bitcoin wallet (dompet bitcoin) atau biasa juga disebut elektronik wallet (dompet elektronik). Pada artikel ini saya akan mencoba memberikan tutorial bagaimana membuat bitcoin wallet gratis. Bitcoin wallet merupakan persyaratan utama karena jika di ibaratkan sebuah tabungan, wallet inilah yang menjadi bank atau tempat penyimpanan bitcoin tersebut dan melakukan transaksi secara online. Ada beberapa penyedia wallet bitcoin sebenarnya salah satunya yang paling banyak di gunakan adalah blokchain dan coinbase. Tetapi penyedia bitcoin wallet  tidak hanya itu anda juga dapat menyimpannya di komputer atau perangkat anda sendiri dengan mendownload dan instal wallet untuk komputer atau laptop. Bitcoin wallet sendiri tidak memakan ongkos pembuatan alias 100% gratis. Kadang yang dikenakan fee (potongan) biasanya jika transfer antar beda penyedia wallet bitcoin. So daripada panjang lebar langsung simak aja tutorial membuat wallet bitcoin.

Baca Juga Artikel Terkait Bitcoin:
Apa Itu Bitcoin Dan Bagaimana Cara Kerja Bitcoin?
Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis Dan Terbukti Membayar

Cara Membuat Bitcoin Wallet Gratis

Silahkan menuju ke website penyedia wallet bitcoin gratis, salah satu yang paling popular adalah blokchain.org atau langsung klik saja disini Blokchain.org. Setelah anda telah diarahkan ke website penyedia bitcoin wallet, klik “Start A New Wallet” atau “Create My Free Wallet“.

Buka Gambar

Lengkapi form registrasi seperti, Email (alamat email anda), Password (kata sandi anda), Captcha dan klik Continue untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Buka Gambar
Maka akan tampil kode mnemonic, silahkan print atau copy kode tersebut karena berfungsi sebagai kode reset akun blockchain jika suatu saat anda lupa alamat Identifiernya (ID login), terakhir klik “continue” untuk mulai mencoba login ke akun anda.
Buka Gambar

Sekarang coba login dengan alamat Identifier (ID blokchain) yang baru anda dapatkan dan password sesuai yang dimasukkan saat awal mendaftar. Anda juga bisa copy atau menyimpan alamat Identifier (ID login) demi keperluan login ke bitcoin wallet nantinya.

Buka Gambar

Jika berhasil login maka anda akan melihat alamat bitcoin anda (lihat pada frame merah), alamat bitcoin (bitcoin address) tersebut berguna untuk menerima pembayaran bitcoin dari orang lain ataupun hasil menambang bitcoin.

Buka Gambar

Berikut contoh alamat bitcoin (bitcoin address) saya, baik berupa Bar Code maupun Text. Bitcoin address saya: 16tgiU4YBhhLMzK1AUQePpJAWcDvxn1oHF

Buka Gambar
Note: Jangan sampai anda lupa dengan password blockchain, karena tidak akan pernah bisa melakukan forgot password (lupa kata sandi) atau reset password akun anda. Blokchain tidak menyimpan data password akun wallet bitcoin anda.

Baca Juga Artikel Menarik:
Cara Daftar Paypal dan Membuat Akun Paypal 2015
Cara Daftar Perfect Money dan Verifikasi Perfect Money

Nah itulah panduan singkat cara membuat wallet bitcoin dengan mudah dan gratis, sekali lagi memiliki bitcoin wallet adalah hal penting karena sebagai tempat penampungan bitcoin yang anda dapatkan dari penyedia bitcoin gratis. Sebenarnya ada beberapa bitcoin wallet lainnya seperti coinbase, bitcoin.org dan lain-lain. Demikian artikel singkat mengenai dompet bitcoin yang sempat kami jelaskan, Terima Kasih dan semoga bermanfaat.

Baca juga artikel terkait Bitcoin: Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis Dan Terbukti Membayar