Sebuah produk online akan terkenal dan digunakan banyak orang salah satunya ditunjang oleh pemasaran. Pemasaran bisa dilakukan salah satunya dengan memanfaatkan media sosial atau disebut juga dengan sosial media marketing. Namun tidak jarang pebisnis online melakukan kesalahan menjalankan sosial media marketing yang membuat bisnis mereka kurang atau tidak berkembang.

Apa kiranya kesalahan yang sering dilakukan? Berikut sedikit ulasannya!

1. Menjalankan sosial media marketing tanpa rencana
Jumlah pengguna internet yang mengalami peningkatan membuat seseorang mencoba untuk terjun dalam dunia bisnis online. Yang disayangkan adalah mayoritas dari mereka tidak mau menyesuaikan diri dengan rules marketing yang terdapat di dunia digital sehingga teknik pemasarannya masih sangat konvensional.

Teknik sosial media marketing yang sekedar ikut-ikutan ini wajib dihindari terutama oleh pebisnis pemula. Dalam memasarkan produk dengan media sosial membutuhkan rencana, eksekusi dan pemahaman teknik sosial media marketing yang sesungguhnya.

Anda harus bisa menganalisa sosial media marketing, rules dan perilaku customer yang menjadi target pasar produk anda. Sehingga kedepannya bisnis yang anda geluti bisa mendatangkan manfaat tidak sekedar ikut trend yang nantinya menimbulkan kesia-siaan.

2. Mengelola akun media sosial dengan tidak konsisten
Konsistensi merupakan satu dari beberapa faktor penentu antara berhasil dan tidaknya anda dalam mencapai target penjualan atau tujuan tertentu.

Kesalahan menjalankan sosial media marketing paling sering dilakukan apalagi bagi mereka yang beranggapan bisnis online hanya sebagai usaha sampingan yang menghasilkan tujuan yang tidak maksimal. Untuk itu ketika memutuskan untuk terjun dalam bisnis online sebaiknya senantiasa konsisten dan maksimal dalam menjalankan stepnya.

Baca Juga Artikel: Trik Memulai Bisnis Toko Online Melalui Facebook

3. Tujuan dan target pemasaran yang tidak jelas
Elemen utama dalam sebuah bisnis adalah pemasaran sebuah produk, tujuan dan target. Dan target merupakan pencapaian tertentu yang nyata dalam sebuah sosial media marketing.

Dalam memilih produk anda harus menghindari kesalahan menjalankan sosial media marketing yakni tanpa tujuan dan target yang jelas.

Yang harus anda target adalah berapa orang yang menyukai produk diantara banyaknya follower. Untuk tujuan pemasaran juga wajib anda miliki untuk mencapai target tertentu salah satunya dengan memahami karakteristik dan teknik sosial media marketing.

4. Tidak mempunyai tim untuk mengelola sosial media
Supaya dalam menjalankan bisnis online supaya lebih powerfull maka sebaiknya anda membentuk tim untuk mengelola akun media sosial anda. Kesalahan menjalankan sosial media marketing harus anda hindari karena pebisnis online tidak sedikit yang tidak mempunyai tim untuk mengelola akun media sosial yang memasarkan produknya.

Hal ini membuat perkembangan bisnisnya tertinggal jauh dan lambat berkembang dari Competitor lain.

Pebisnis yang tidak memiliki tim untuk mengelola media sosial membuat sosial media marketing tidak bisa berjalan dengan efektif akibat keterbatasan komunikasi, passion dan pengetahuan yang dimiliki.

5. Minimnya materi edukasi
Kesalahan menjalankan sosial media marketing ini sering dilakukan oleh pelaku bisnis online dengan mendoktrin para follower dengan materi produk yang minim informasi yang minim edukasi. Hal ini kerap kali membuat mereka memutuskan untuk unlike dan unfollow karena pebisnis yang kurang menguasai rules sosial media marketing.

Untuk memperbaikinya anda bisa membuat konten yang mengandung informasi dan edukasi untuk follower yang anda miliki. Anda menghadiahkan kontribusi positif dengan membuat jadwal posting materi produk dengan lebih efektif dan tidak cenderung menjejali informasi seputar produk yang membuat mereka semakin bosan.

Baca Juga Artikel: Peluang Usaha Sampingan Yang Menguntungkan di Tahun 2016

6. Respon melalui media sosial yang lambat
Seseorang yang menggunakan medial sosial dalam berkomunikasi berharap bisa memulai interaksi atau bertanya dan mendapat respon yang cepat. Untuk itu sebagai pelaku bisnis anda harus senantiasa update atau memantau perkembangan media sosial.

Hal ini karena dalam menjalankan bisnis online kita dituntut harus bisa dengan cepat merespon interaksi. Kesalahan menjalankan sosial media marketing berupa lambat merespon ini harus dihindari karena ketika respon anda lambat sedikit saja maka respon anda akan diabaikan oleh calon customer.

7. Komunikasi hanya satu arah
Sebenarnya media sosial merupakan media untuk berkomunikasi dan berinteraksi antar manusia sehingga anda harus memahami fungsi dari media sosial. Anda bisa membuat materi yang bisa menjalin interaksi dan komunikasi.

Teknik sosial media marketing dengan hanya mengandalkan komunikasi satu arah ini wajib anda hindari. Sebenarnya untuk menjalin komunikasi 2 arah untuk membuat bisnis online yang anda jalankan berkembang untuk mendekatkan anda pada calon customer. Misalnya membuat konten edukasi pada twitter yang edukasi bisa juga ditambah sedikit humor untuk membangun komunikasi dengan follower.

Baca Juga Artikel: 5 Ide Kreatif Untuk Memulai Bisnis Online Anda

Dengan menghindari kesalahan menjalankan sosial media marketing bisa membuat bisnis online anda berkembang dan mampu menghasilkan laba yang maksimal. Jadi, masih stagnant pada teknik anda yang biasanya? Segera evaluasi dan pastikan teknik sosial media marketing anda sudah maksimal.