Siapa yang tak kenal dengan yang namanya bisnis online saat ini? Sebuah bisnis yang tengah hangat-hangatnya disekitar kita. Bahkan kini hampir semua bisnis baik produk maupun jasa kesemuanya memiliki unsur bisnis online. Oleh sebab itu, peran bisnis online sangatlah mendukung perkembangan bisnis dari aneka latar belakang dan baik produsen maupun konsumen telah akrab dengan ungkapan bisnis online ini.

Hal yang paling mendasar yang perlu dilakukan untuk menemukan ide kreatif untuk memulai bisnis online adalah membaca kondisi lingkungan tempat dimana bisnis tersebut akan anda jalankan. Secara prinsip munculnya sebuah bisnis adalah sebagai solusi dari masalah yang terjadi. Contohnya, bisnis kuliner yang banyak ditemui dilingkungan mahasiswa karena sebagian besar dari mereka tidak sempat memasak sendiri.

Dengan membaca lingkungan maka akan semakin mudah mengidentifikasi bisnis yang tepat untuk dijalankan. Anda perlu menjawab dengan baik pertanyaan dari apa hal yang menjadi permasalahan atau yang paling sering dibutuhkan oleh lingkungan sekitar kemudian bagaimana solusinya? Bila anda dapat menjawab kedua pertanyaan tersebut dengan baik maka percayalah bahwa ide tersebut akan menjadi sebuah awal dari bisnis anda. Inilah beberapa hal yang bisa anda lakukan sebagai ide kreatif untuk memulai bisnis online anda:

1. Riset produk dan bisnis
Riset adalah hal yang perlu dilakukan guna memastikan sebuah produk dan bisnis yang akan diluncurkan nantinya mendapatkan tempat dipasaran. Anda bisa memanfaatkan internet sebagai media dengan browsing untuk menemukan sebuah ide bisnis inovatif.

2. Belajar dari kesuksesan pada bisnis lain
Bisnis yang telah menuai kesuksesan adalah sebuah bisnis yang mempunyai nilai unggul. Lihatlah apa yang menjadi keunggulan dari bisnis tersebut lalu bergegaslah untuk memulai bisnis serupa namun bernilai lebih daripada bisnis yang aslinya. Jadi, konsepnya yang sederhana adalah amati, ikuti lalu modifikasi. Dengan begitu, ide untuk memiliki bisnis yang kreatif akan segera anda dapatkan.
Baca Juga Artikel: Peluang Bisnis Yang Menjanjikan 2016

3. Berfikir diluar otak
Ide-ide yang kreatif dan inovatif cenderung keluar dari pola pikir diluar otak. Sebagian orang tidak setuju akan hal ini, namun berdasarkan wacana dapat dibuktikan bahwa berpikir diluar bataslah yang cendrung membuat seseorang menjadi lebih kreatif. Berfikir diluar kotak bisa juga berprinsip untuk memikirkan tentang hal yang belum pernah dipikirkan oleh orang lain. Jika seseorang mampu melakukan hal tersebut, setiap tahapannya akan menjadi sebuah sumber inspirasi dari bisnisnya dan dapat dengan mudah menemukan ide untuk sebuah bisnis kreatif yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga Artikel:
Trik Memulai Bisnis Toko Online Melalui Facebook
Tips Mudah Berbisnis Online Tanpa Investasi

4. Belajar melalui masalah orang lain
Menemukan sebuah ide dalam bisnis juga dapat dilakukan dengan menganalisa masalah yang menjadi keluhan orang lain tentang sebuah produk atau bisnis yang telah berjalan. Dalam hal ini, kekuatan data dengan isi masukan oleh setiap konsumen menjadi salah satu syaratnya. Jika saran customer melalui komplin ataupun testimoni dan semacamnya bisa dianalisa secara tepat maka bukanlah sebuah hal yang mustahil untuk memunculkan sebuah ide bisnis yang terbaru dan lebih laku dilingkup pasaran.

5. Amati perkembangan trend
Selanjutnya adalah dengan memperhatikan trend yang sedang booming dan berkembang. Kenapa? Karena trend adalah sesuatu yang sedang hangat dibicarakan dan diminati oleh kebanyakan orang berdasarkan fakta. Baik trend dalam lingkungan, sosial, politik, bahkan fashion akan menjadikan sebuah inspirasi dalam memulai bisnis yang inovatif serta kreatif terutama dalam bisnis online.

Baca Juga Artikel: Tips Branding Melalui Fasilitas Fans Page Facebook

Dengan mengaplikasikan hal-hal diatas, anda akan memiliki sebuah gambaran terkait dengan mencari inspirasi ide kreatif untuk memulai bisnis online. Jika ide yang anda munculkan dalam bisnis online benar-benar sebuah ide yang kreatif dan inovatif maka anda akan memberikan nilai yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan. Disamping itu, kegiatan marketingnya juga tidak terlalu banyak membutuhkan biaya.

Ingat pula bahwa bisnis terutama bisnis online memiliki tiga fungsi yakni fungsi inovasi, fungsi kreatif dan fungsi marketing. Apabila inovasi, kreatif dan marketing plan yang anda miliki bagus terlebih tepat guna maka penjualan yang dilakukanpun akan dengan mudah dilakukan. Jadi, sudah siap untuk memunculkan ide bisnis anda saat ini? Segera yakini, aplikasikan dan usahakan agar bisnis anda terus berkebang dengan hal-hal kreatif dan inovatif.