Pakai Aplikasi Email Marketing agar Penjualan Meningkat

Di era teknologi sekarang ini hampir semua orang memiliki email. Selain digunakan sebagai sarana untuk mengirim dan menerima pesan. Kini banyak dimanfaatkan sebagai sarana pemasaran. Seperti aplikasi email marketing yang merupakan metode pemasaran produk atau layanan melalui email.

Dengan cara mengirimkan email pada pelanggan dan calon pelanggan. Cara ini sebenarnya bukan hal baru di dunia marketing. Bahkan bagi pelaku pemasaran (marketer), bahwa sebanyak 82% marketer di dunia mengatakan email merupakan cara utama mereka untuk menaikkan lead dan jumlah konversi.

Keunggulan Aplikasi Email Marketing

Tentu bukan tanpa alasan jika metode ini banyak digunakan sebagai strategi pemasaran oleh para marketer. Karena dengan mempromosikan produk atau layanan melalui email Marketing memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

Lebih Bersifat Personal

Dengan menggunakan email marketing, pesan yang dikirim lebih bersifat pribadi dan akan lebih mendapat perhatian dari penerima.

Promosi Lebih Cepat dan Praktis

Dibandingkan dengan sarana promosi lainnya, menggunakan aplikasi email marketing lebih cepat dan praktis bisa dikirim kapan dan di mana. Tanpa harus menunggu waktu lebih lama.

Dapat Membangun Komunikasi dengan Pelanggan

Dengan memberikan informasi produk secara langsung. Di saat konsumen berminat pada promo yang ditawarkan. Maka akan terjadi interaksi, sebagai awal untuk membangun hubungan baik dengan konsumen misalnya saling memberi saran baik untuk pengembangan bisnis yang kita jalankan.

Lebih Hemat Biaya

Dibandingkan dengan bentuk pemasaran lain tentu metode email marketing akan lebih hemat biaya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk iklan lebih besar.

Cukup Mudah Dibagikan

Promosi yang dikirim via email marketing dengan mudah dapat dibagikan kembali oleh konsumen pada teman lainnya. Ini suatu seiring waktu konsumen pun akan bertambah.

Mengoptimalkan Aplikasi Email Marketing

Aplikasi Email Marketing Penjualan Meningkat
Aplikasi Email Marketing Untuk Bisnis

Selain beberapa keunggulan yang disebutkan di atas. Email marketing sangat mudah digunakan. Agar dapat dimanfaatkan secara optimal, ada beberapa langkah yang dapat anda coba.

Untuk langkah pertama, harus memilih Email Market Tools dengan cara berlangganan. Namun pastikan anda tidak lagi perlu mengirim satu persatu email. Bisa juga memanfaatkan fitur lain yang ditawarkan seperti, Template, tracking email, manajemen kontak. 

Buatlah email bisnis Anda dengan mencantumkan nama perusahaan. Selain akan terlihat profesional untuk mempromosikan brand perusahaan anda seluas-luasnya. Juga untuk mencegah pesan masuk spam. Sedangkan cara untuk membuat email bisnis, bisa dengan cara gratis atau berbayar dengan biaya yang cukup murah.

Melakukan import list kontak dan group kontak. Kirim email masal, pilih template, masukan isi pesan dan subjek, lakukan pengiriman bisa secara langsung atau terjadwal. Hal yang tidak kalah pentingnya, setelah mengirim pesan ialah monitoring bisa dilihat melalui grafik dan tabel email bisnis anda. 

Baca Juga:
Bisnis Dropship, Bisnis Online dengan Modal Kecil
Strategi Marketing Lewat Media Sosial yang Bisa Dicoba
Pasang Iklan di Google Ads untuk Bantu Kembangkan Bisnis Anda
Ide Usaha Yang Belum Banyak Pesaing Namun Menguntungkan

4 Aplikasi Email Marketing

Banyak aplikasi email marketing yang digunakan untuk mendongkrak penjualan. Email marketing diakui mempunyai banyak keunggulan serta efisiensi yang baik bagi perkembangan penjualan. Berikut aplikasi email marketing yang bisa Anda ketahui.

MailChimp

Aplikasi ini banyak digunakan jutaan pebisnis yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Yang lebih menggiurkan aplikasi ini bisa didapat juga secara gratis. Jadi bagi Anda yang baru memulai marketing menggunakan aplikasi email, ini salah satu aplikasi yang bisa dicoba.

MailChimp mempunyai beragam fitur yang bisa Anda gunakan, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pengaturan secara otomatis yang menghubungkan secara langsung koneksi Anda dengan audiens.

Ketika Anda menghubungkan MailChimp dengan toko online, maka Anda akan mendapatkan fitur otomatis sehingga dapat meningkatkan penjualan. Informasi yang dibagikan misalnya saja berupa informasi produk terbaru, dll.

Dengan aplikasi MailChimp, Anda juga bisa melakukan evaluasi setiap saat. Karena aplikasi ini memberikan report atau laporan berdasar data pelanggan/pengunjung online, sehingga Anda dapat memperbarui kampanye dari produk Anda jika hasilnya kurang maksimal.

Drip

Dengan aplikasi email marketing Drip, membuat Anda mengenal lebih jauh pelanggan untuk mengampanyekan produk yang dibuat. Karena Drip menghubungkan jutaan pelanggan serta menampilkannya di semua channel dalam mengampanyekan produk di email.

Adanya sistem scoring lead dalam aplikasi ini menyebabkan Anda dapat mengidentifikasi pula pelanggan menjadi lead yang terbaik. Sehingga dengan sistem ini dapat membantu Anda dalam mengumpulkan data berdasarkan level tertentu.

Ketika mengalami kendala saat menggunakan aplikasi Drip, Anda bisa mengunjungi knowledge base dengan beragam informasi yang bisa Anda baca.

Aweber

Aplikasi dengan beragam fitur yang menarik tentunya, sehingga Anda dapat dengan mudah mengampanyekan produk yang Anda jual di aplikasi ini. Sebagai langkah awal, kumpulkan data kontak dengan menggunakan tool buat formulir (form generator).

Saat menggunakan Aweber ini Anda dapat memilih template yang ada, pilihlah desain yang unik dan cantik serta sesuai dengan selara dan misi visi penjualan, agar pelanggan tertarik nantinya dengan kampanye yang dibuat. Tambahkan pula custom field untuk memberi lebih banyak informasi kepada pelanggan.

Aweber ini dilengkapi pula dengan fitur tracking atau pelacakan, yang sangat berguna untuk menganalisis setiap tindakan yang dilakukan kontak. Sehingga Anda dapat melihat laporan tentang siapa saja yang menerima email, membuka email, mengklik atau berapa yang menjadi pengikut. Lakukan evaluasi terhadap laporan yang diterima, untuk melakukan kebijakan yang akan dilakukan nantinya agar penjualan bisa naik dan menguntungkan.

Active Campaign

Merupakan tool marketing all in one otomatis dengan beragam fitur yang canggih. Untuk mendapatkan fitur-fitur yang dimaksud, Anda bisa melakukan pemilihan paket yang ada. Bila memilih paket lite, maka Anda bisa menggunakan formulir pendaftaran in line untuk mengumpulkan kontak email.

Konten email Active Campaign bisa diatur dan dikelola sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Pemilihan template harus dipikirkan dari awal agar tidak menyesal nantinya. Jangan sampai ketika sudah berjalan lama, tiba-tiba diganti karena sesuatu hal. Bila perlu gunakan editor email yang akan membantu Anda mengelola tampilan konten yang ada.

Baca Juga: Tren Marketing Yang Bisa Meroketkan Bisnis Anda

Ketika ada pelanggan baru, sambutlah dengan mengirimkan email berseri melalui automation map, buat pesan yang menggambarkan informasi sedetail mungkin yang menggambarkan produk Anda. Buat semenarik mungkin agar pelanggan tertarik dan terus menjadi pelanggan setia.

Bagaimana, sudah siap untuk mencoba aplikasi email marketing untuk menunjang bisnis anda?

Share jika bermanfaat
Nawi Van
Nawi Van

Hanya Seorang Blogger, Internet Marketer, Trader Forex, Online Lovers dan saya senang berbagai informasi melalui media internet sebagai penghubung antar sesama.

Articles: 96

Berlangganan !!!

Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan informasi update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *