Pasang Iklan di Google Ads untuk Bantu Kembangkan Bisnis Anda

Orang kini dihadapkan dengan beragam platform sebagai penunjang kegiatan bisnis. Entah bagi kaum pemula sebagai usaha rintisan atau para pebisnis profesional, dengan berbagai tujuannya masing-masing.

Seperti untuk sarana promosi sehingga brand bisnisnya banyak diminati orang. Tidak sampai di sana, juga untuk meningkatkan penghasilan bisnisnya dan apa pun tujuan yang ingin dicapai dari pemasaran digital tersebut dengan menggunakan mesin pencarian Google. Salah satu caranya dengan pasang iklan di Google Ads.

Kini Google mengembangkan diri melalui Google Ads sebagai program periklanan yang akan memunculkan berbagai informasi dan tautan pada laman hasil pencariannya. Sebagai contoh akan muncul tulisan Google Ads, pada iklan di bagian atas hasil dari pencarian. Jadi Google Ads itu sendiri merupakan layanan iklan untuk mempromosikan bisnis apa pun mulai dari produk berupa barang hingga pelayanan jasa.

Dengan menggunakan Google Ads akan mendapat berbagai keuntungan, terutama dalam penyebar luasan promosi bisnis Anda. Iklan dapat muncul di Google pencarian, Google Play, Map, bahkan di Platform Google lainnya.

Sehingga iklan Anda berpeluang lebih besar untuk ditonton banyak orang dan bisa menentukan target audiens yang lebih tepat. Misalnya Iklan Anda bisa terlihat di saat pelanggan menonton video di YouTube.

Beberapa Jenis Iklan Google Ads

pasang iklan google ads gratis
Pasang Iklan Google Ads IndoBo.com

Setiap orang memiliki berbagai macam tujuan dalam mempromosikan bisnisnya dan iklan merupakan ujung tombak keberhasilan suatu promosi hingga dapat diterima oleh audiens.

Salah satunya jenis iklan yang tepat dengan tujuan bisnis tertentu. Untuk mengoptimalkan hasil promo tersebut, terdapat beberapa jenis iklan yang dapat Anda pilih untuk dipasang iklan di Google Ads, di antaranya:

Search Ads

Jenis iklan ini sangat cocok sebagai pilihan untuk meningkatkan penjualan, Leads atau untuk meningkatkan Website Traffic. Iklan ini akan muncul ketika seseorang melakukan pencarian dengan menggunakan keyword (kata Kunci) tertentu pada mesin pencarian. Misalnya ketik “jas hujan” maka akan muncul beberapa produsen, penjual atau toko jas hujan yang menggunakan iklan Google Ads.

Video Ads

Video Ads adalah jenis iklan dengan menggunakan format video yang akan muncul ketika orang membuka YouTube. Dan jenis iklan video ads ini memiliki beberapa tipe iklan yaitu: Discovery Ads yang muncul di halaman pencarian. Non-video Ads berupa format teks atau gambar dan Skippable in-Stream Ads yang iklanya dapat di-skip.

Display Ads

Iklan ini akan muncul jika seseorang membuka Website tertentu yang biasanya dalam format gambar. Peluang iklan visual ini lebih efektif dibandingkan dengan tampilan iklan secara teks.

Shopping Ads

Jenis iklan Shopping Ads ini, dapat meningkatkan Website Traffic bisnis. Selain dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen juga dapat membantu transaksi penjualan menjadi lebih mudah. Karena terdapat berbagai informasi mengenai produk, berupa gambar produk, nama toko/penjual dan berikut harga produk yang dijual. 

Google AdMob

Google AdMob, merupakan jenis iklan yang mempromosikan produknya melalui aplikasi seluler. Dan iklan berupa benner ini akan muncul ketika seseorang menggunakan aplikasi seluler. Jenis iklan ini sangat efektif digunakan bagi penyedia aplikasi seluler bagi para klien dan bersifat multiplatform yang support dengan berbagai sistem, seperti iOS, WebOS, dan Windows Phone.

Google Ads sendiri merupakan fitur iklan berbayar, namun memiliki prospek yang bagus bagi promosi bisnis dengan berbagai kelebihan yang didapat pada pelayan iklan online ini, baik untuk usaha berskala kecil. Terutama bagi pengusaha pemula supaya produk atau jasa banyak dikenal orang dengan target dapat meraup keuntungan.

Baca Juga:
Bisnis Dropship, Bisnis Online dengan Modal Kecil
Strategi Marketing Lewat Media Sosial yang Bisa Dicoba
Pakai Aplikasi Email Marketing agar Penjualan Meningkat

Kelebihan Pasang Iklan di Google Ads

Dapat menyesuaikan trend usaha adalah struggling yang harus dimiliki seorang pengusaha. Terlebih di zaman serba digital seperti sekarang ini. Contohnya dengan mempromosikan produk barang atau jasa dengan memanfaatkan iklan online. Salah satunya melalui Google Ads.

Adapun beberapa kelebihan yang didapat dengan memasang iklan di Google Ads, yaitu:

  • Iklan dapat menjangkau banyak orang. Potensi ini sangat besar mengingat Google merupakan mesin pencarian yang banyak dipakai orang. Hanya dengan menuliskan keyword maka iklan akan muncul.
  • Sasaran iklan kita target audiens. Kelebihan Google Ads terintegrasi secara multiplatform kemungkinan untuk mendapatkan target yang spesifik 
  • Dapat menyesuaikan dengan budget, yakni dengan menentukan model seperti pay-per-clik (PPC) artinya Anda membayar sesuai dengan harga per klik. Misalnya tarif per klik Rp 1.000. Jika memiliki budget 100 ribu/hari maka akan mendapatkan 100 klik. 
  • Memudahkan menjaring konsumen potensial yang pernah berinteraksi secara berkesinambungan.

Adapun cara untuk membuat iklan online di Google Ads, yaitu dengan mempersiapakan beberapa hal penting yang harus di isi di saat melakukan registrasi pendaftaran. Sehingga memudahkan promosi bisnis Anda kepada publik dan dapat menjangkau pelanggan yang menelusuri suatu produk seperti yang Anda tawarkan. Selanjutnya buka halaman Google Ads, lalu klik tombol Get Started, kemudian ikuti langkah berikutnya, yaitu:

  • Tentukan tujuan iklan, untuk memudahkan iklan Anda mendapat panggilan telepon ke bisnis, juga untuk meningkatkan kunjungan ke situs dan toko. 
  • Tentukan lokasi penayangan iklan, dengan jangkauan pasar global memungkinkan Anda untuk memutuskan tempat untuk menampilkan iklan pada orang yang tepat.
  • Buat pesan, dengan 3 kalimat singkat namun dapat menarik antusias calon pelanggan.
  • Tentukan budget, sesuaikan dengan batas bulanan pembayar iklan yang Anda anggarkan.
  • Tayangan iklan, akan muncul di saat orang menelusuri di situs penelusuran dan produk atau layanan seperti yang Anda miliki. Berikut Map dan seluruh jaringan situs partner.

Bagaimana, tertarik untuk pasang iklan di Google Ads untuk bisnis Anda?

Share jika bermanfaat
Nawi Van
Nawi Van

Hanya Seorang Blogger, Internet Marketer, Trader Forex, Online Lovers dan saya senang berbagai informasi melalui media internet sebagai penghubung antar sesama.

Articles: 96

Berlangganan !!!

Masukkan alamat email Anda di bawah ini untuk berlangganan informasi update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *